Mengenal Bahaya Kekurangan Zat Besi Pada Bayi

Tumbuh kembang bayi yang berjalan baik, tentu menjadi harapan kedua orang tua. Kekurangan zat besi pada bayi, tentu akan menghambat tumbuh kembang dan kecerdasannya. Apa saja bahaya yang akan timbul, jika bayi kekurangan zat besi. Serta bagaimana ciri bayi kekurangan zat besi. Mari simak ulasan lengkapnya.

 


Apa kabar, teman-teman?

Dalam tubuh kita, zat besi memiliki peran yang besar dalam menyebarkan oksigen yang dibutuhkan seleruh jaringan tubuh dan berkembang.

Karena begitu pentingnya zat besi yang cukup bagi seseorang, maka sejak bayi pun, para orang tua juga mesti aware akan kecukupan zat besi pada anak.

 

Berapa zat besi yang diperlukan bagi para bayi:

Bayi usia 0 – 5 bulan: 0,3 MG perhari

Bayi usia 6 – 11 bulan: 11 MG perhari

Bayi usia 1 -2 tahun : 7 MG perhari

 

 

Apa Saja Ciri-Ciri Bayi Kekurangan Zat Besi?

Bayi yang berkekurangan zat besi akan dapat mengganggu tumbuh kembang, kecerdasan, perilaku, maupun kemampuan otot. Serta lebih rentan terkena infeksi dan keracunan timbal.

 

Kulit Pucat

Karena kadar hemoglobin dalam sel darah merah akan menurun, akan berpengaruh pada kulit yang akan kehilangan rona merahnya. Jadi kulit pun akan terlihat pucat.

 

Terlihat Lelah

Karena kadar hemoglobin yang menurun, sehingga pasokan oksigen ke dalam jaringan tubuh jadi terhambat. Akibatnya tubuh jadi kekurangan tenaga.

 

Berat Badan Jadi Sulit Naik

Kalau tubuh kekurangan zat besi, tubuh akan lebih bekerja lebih keras lagi untuk oksigen. Pada bayi yang kelelahan, jadi akan lebih sulit lagi untuk menyusu. Akibatnya berat badan bayi pun akan sulit naik.

 

Rewel

Kekurangan zat besi ini juga bisa menyebabkan sakit kepala dan infeksi yang berulang. Tentu hal ini menimbulkan rasa nggak nyaman pada bayi.

 

 

Gaya Hidup Seperti Apa yang Perlu Diperhatikan oleh Seorang Ibu, Agar Bayi Tidak Kekurangan Zat Besi

Karena bayi pada rentang usia 0 – 6 bulan hanya bergantung pada ASI, tentu para ibu harus memperhatikan gaya hidup, tentunya pola makan, istirahat, serta manajemen stres yang terkendali.

 

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu dalam menjaga kadar zat besi bayi:

 

Berikan ASI Maupun Susu Formula dengan rutin

Berikanlah ASI pada bayi secara rutin, namun tentu saja harus diperhatikan juga asupan yang bergini dari ibunya. Biasanya bidan maupun dokter anak akan selalu memandu, tentang meal plan untuk ibu menyusui.

Bila bayi juga dibantu susu formula, pilihlah susu formula yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

 

Berikan Asupan yang Banyak Mengandung Zat Besi

Bila bayi sudah dalam usia MPASI, dapat diberikan menu-menu MPASI homemade dari bahan-bahan yang kaya akan zat besi, misalnya ikan, ayam, bayam, kacang merah, dan sejenisnya.

 

Berikan Juga Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C

Selain itu, kebutuhan zat besi pada bayi juga dapat dilengkapi dengan memberikan makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, papaya, pisang, dan sejenisnya.

 

 

Banyak-Banyak Juga Mencari Informasi Tentang Kesehatan dan Tumbuh Kembang Bayi

Sejak kapan baiknya orang tua mulai mempelajari tentang kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Tentu alangkah baiknya sejak memutuskan program kehamilan. Para dokter dan bidan tentu akan memberikan banyak sekali saran-saran yang diperlukan oleh calon orang tua.

Kemudian alangkah baiknya jika wawasan tersebut makin ditambah, agar calon ayah bunda makin siap dalam menghadapi masa kehamilan, persalinan, hingga masa menyusui.

Maltofer.combiphar.com dapat menjadi rekomendasi bagi calon ayah bunda, yang ingin mencari info lebih lanjut tentang kesehatan dan tumbuh kembang bayi, termasuk tentang masalah zat besi pada bayi juga.

 

 

 

1 comment:

  1. Makanya anak2' ttp aku KSH multivitamin mba, utk JD suplemen. Krn kuatir dari makanan aja ga cukup. Apalagi anakku picky Eater semua :(.

    Bahaya juga ternyata kalo kurang zat besi ini yaa

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P