Mencukur Rambut Bayi dan Balita, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Menentukan model rambut bayi dan balita, nggak melulu cuma untuk anak perempuan aja. Model rambut untuk anak lelaki pun juga nggak kalah keren. Sebelum memutuskan untuk memilih model rambut yang diinginkan, mari simak beberapa tips di bawah ini. Agar bayi dan balita merasa nyaman saat cukur rambut, maupun sesudahnya.

 


Apa kabar, teman-teman?


Bagi umat Islam, tradisi mencukur rambut bayi, biasa dilakukan saat acara akikah. Beberapa bulan berlalu, tentu rambut bayi udah mulai mengalami pertumbuhan. Terlebih bagi bayi yang sejak lahir udah memiliki rambut yang tebal.


Helai rambut yang makin memanjang, mulai bersentuhan dengan kuping, yang adakalanya bikin gatal. Bayi pun jadi nggak nyaman dan garuk-garuk terus. Orang tua biasanya akan mulai terpikir untuk mencukur rambut sang buah hati.


Banyak yang bilang, memiliki anak lelaki itu simple. Baik dalam menentukan pakaian, alas kaki, maupun model rambut. Hemm… padahal bayi dan balita lelaki pun juga bisa lho, tampil stylish nan menggemaskan. Termasuk juga memiliki model rambut yang keren.


Sebelum menentukan model rambut yang pas untuk ananda tersayang, berikut ini beberapa tips yang bisa ayah bunda perhatikan terlebih dahulu.

 


Tips Mencukur Rambut Bayi dan Balita


 

Mencukur Sendiri vs Barbershop


Mencukur rambut bayi dan balita yang dilakukan sendiri oleh ayah maupun bundanya, atau dibawa ke barbershop, masing-masing tentu ada kelebihan dan kekurangannya.


Kalau dilihat dari segi hemat, tentu akan lebih hemat saat melakukannya sendiri. Tapi tentu aja ayah bunda harus punya peralatan cukur yang lengkap, khusus untuk anak-anak. Sekali beli alat cukur, bisa digunakan secara berulang.


Selain itu, perhatikan pula kondisi ananda. Bayi dan balita umumnya aktif luar biasa. Jadi bisa diperkirakan, apakah mereka akan tenang saat dicukur sampe selesai. Kemudian nilai sendiri kadar sabar ayah bunda, haha… Jangan sampe, di saat ananda nggak bisa tenang, ayah bundanya jadi terbawa kesal.


Kalau di barbershop, terutama yang khusus untuk anak-anak, biasanya sang kapster udah terbiasa meng-handle segala modelan bayi dan balita. Tentunya mereka punya bujuk rayu yang khusus, haha… Biar bocah-bocah bisa selesai cukuran dengan rapi.


Tapi adakalanya juga, bayi dan balita malah takut dicukur sama orang lain. Tipsnya, sebelum cukuran, mereka bisa diajak "menonton" ayahnya cukuran di barbershop, maupun saat bunda potong rambut di salon. Mintalah kapster untuk menyapa, biar mereka nggak canggung saat cukur rambut nantinya.

 


Lihat Usia Anak


Pada bayi berusia 1 tahun, biasanya pertumbuhan rambut masih belum banyak dan kurang merata. Kemudian pada umur segitu, bayi juga lagi aktif-aktifnya. Jadi alangkah baiknya untuk menghindari model rambut yang banyak guntingan.


Setelah menjadi balita usia 2 tahunan, anak-anak mulai bisa diarahkan. Kondisi rambut pun juga udah terbilang stabil. Jadi rasanya udah bisa untuk menentukan model rambut yang diinginkan.

 


Lihat Jenis Rambut Anak


Selainjutnya yang bisa menjadi pertimbangan adalah… lihat jenis rambut anak. Ini kaitannya memang tentang model rambut yang inginkan.


Jenis rambut bisa lurus, lurus kaku, maupun lurus halus. Kemudian juga ikal dan ikal tebal. Serta rambut keriting.


Kalau ingin mencukur sendiri, ayah bunda bisa bayangkan terlebih dahulu, andai model rambut seperti ini, cocok nggak untuk jenis rambut ananda. Lalu kalau ingin mencukur di barbershop, pilihan model rambut tersebut bisa didiskusikan pada kapsternya.

 


Saatnya Memilih Model Rambut


Terakhir tentunya ayah bunda akan memutuskan model rambut yang mana, yang akan terpilih. Bagi ayah bunda yang belum mendapat ide akan model rambut anak lelaki yang cocok, artikel Model Rambut Bayi berikut ini bisa menjadi rekomendasi.

 


Rawat Selalu Rambut Bayi dan Balita


Setelah memiliki model rambut terbaru, selanjutnya tinggal melakukan perawatan biar rambut ananda sehat, rapi, serta wangi selalu.


Lakukan keramas secara rutin, biar rambut nggak keras serta wangi. Sekaligus menjaga kesehatan kulit kepala dan akar rambut.


Kemudian bisa dilanjutkan dengan memberikan Cussons Baby Hair Lotion, untuk merawat rambut serta kulit kepala. Lakukan pijat ringan setelah selesai keramas. Rambut anak pun makin mudah diatur, makin sehat, serta ngasih kesegaran juga.



Oke, itu dia sharing saya tentang tips mencukur rambut bayi dan balita. Moga bermanfaat bagi ayah bunda semua, begitupun kakek nenek maupun om tante, yang juga turut melengkapi segenap cinta untuk si kecil. Makasih banyak ya udah mampir.

2 comments:

  1. Ini produk yg anak2ku pake pas masih bayi sampe usia 3 THN kalo ga salah 😄. Rambut jadi wangi dan cepet tumbuh. Dan tebel gitu mba. Suka siiih. Makanya dulu aku LBH seneng pake Cussons

    ReplyDelete
  2. Duluuu pas akikah, rambut anakku yg cukup nenek dan kakeknya mba. Aku ga berani hahahahaha. Takut kegores kulit kepala. Naah setelah dicukur gundul, agak lama tuh tumbuhnya. Kayaknya mereka baru potong rambut lagi Krn kepanjangan pas udah 2 atau 3 tahun sih. Waktu udh bisa duduk di barber shop khusus anak 🤣. Krn lagi2 aku ga berani cukurin sendiri 😄

    Eh dulu zaman kecil anak2' juga pake produk cussons . aku sukaaa ini . Wanginya juga lembut. Dibanding. Produk 1 lagi yg dr Amerika itu, mendingan Cussons lah.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P