Berapa Biaya untuk LASIK Mata? Apa Saja yang Mempengaruhinya

Ada kualitas, ada harga. Begitupun dengan biaya LASIK mata yang beragam jumlahnya. Jangan hanya tergiur dengan biaya yang murah aja, begitupun dengan biaya mahal yang belum tentu terjamin akuratnya. Jadi sebelum memutuskan untuk melakukan LASIK mata, alangkah baiknya untuk menyimak beberapa pembahasan di bawah ini, tentang apa aja sih yang mempengaruhi besarnya biaya LASIK.

 


Apa kabar, teman-teman?


Laser Assisted In-Situ Keratomileusis atau yang lebih dikenal dengan LASIK, merupakan sebuah operasi mata, yang tentunya dilakukan oleh dokter spesialis mata. Walau memang berbiaya mahal, tapi bagi sebagian orang tajir memang alangkah menyenangkan, kalau bisa melihat dengan jelas tanpa harus menggunakan kacamata.


Terlebih lagi bagi orang-orang dengan profesi tertentu. Adakalanya disyaratkan untuk tidak boleh menggunakan kacamata maupun lensa kontak. Walhasil, melakukan operasi LASIK pun harus dilakukan.


Kian hari memang banyak rumah sakit maupun klinik yang menyediakan jasa LASIK mata. Harga yang ditawarkan pun kian bersaing. Mengingat ini merupakan sebuah operasi mata, tentu kita harus jauh lebih hati-hati sebelum mengambil keputusan, akan melakukan LASIK mata di mana.


Jangan cuma tergiur dengan promo maupun harga murah yang disediakan, kalau ternyata hasil yang diharapkan tidak sesuai. Naudzubillah kalau sampe terjadi malpraktek pula. Kemudian harga yang fantastis pun, juga bukan berarti kualitas yang ditawarkan akan terjamin. Jadi, alangkah baiknya bagi kita untuk mempelajari lebih dulu, apa aja sih yang mempengaruhi biaya LASIK mata, sampe akhirnya bisa ada nominal biaya yang beragam.

 


Apa Aja yang Turut Mempengaruhi Biaya LASIK?


Ada 3 poin utama yang bisa teman-teman cari tau lebih dulu, sebelumnya memutuskan ingin LASIK mata di mana. Apa ajaaa…

 


Teknologi yang Digunakan


Pada awalnya, LASIK mata dilakukan dengan metode yang masih konvensional. Jadi pembentukan flip mata itu dilakukan dengan menggunakan pisau mikro konvensional. Metode ini memang terbilang lebih cepat dalam pembentukan flap, tapi sayangnya nih… tingkat akuratnya pun juga lebih rendah. Karena metode yang masih konvensional ini pula, maka biayanya pun terbilang lebih murah.


Nah kalau saat ini, LASIK mata itu menggunakan metode femtosecond, dimana flap kornea itu dibentuk menggunakan laser femtosecond. Nantinya akan menghasilkan flap dengan tepi yang lebih presisi.


Karena teknologi yang lebih canggih ini pula, biayanya pun tentu lebih mahal. Udah gitu, proses pemulihannya pun bisa lebih cepat, serta minim efek terjadinya mata kering setelah operasi. 

 


Kualitas Pelayanan


Ketika teman-teman ingin memutuskan untuk melakukan LASIK mata di sebuah rumah sakit besar, maupun di klinik spesialis mata kayak di KMN EyeCare, tentu akan berpengaruh juga dengan biayanya.


Biaya ini ditentukan nggak cuma tentang metode yang digunakannya aja, tapi juga kualitas dokter spesialis yang bekerja, serta fasilitas lainnya yang akan membuat pasien senyaman mungkin. Baik sebelum, saat, maupun setelah melakukan operasi.

 


Tingkat Kompetensi Dokter Mata atau Ahli Bedah LASIK


Biasanya kalau di rumah sakit maupun klinik spesialis mata, akan dijabarkan siapa aja doker yang bekerja pada tempat tersebut. Termasuk siapa nanti yang akan menangani operasi mata kita. Bisa kita tanyakan juga untuk lebih jelasnya, pada tim front office.

 


Jenis Layanan yang Dipilih


Apakah teman-teman ingin melakukan LASIK untuk sebuah bola mata, atau keduanya. Tentu biasanya akan berbeda. Sebelumnya tentu akan dilakukan pemeriksaan lebih dulu, yang tentunya akan terhitung juga biayanya.

 


Oke, itu dia sedikit ulasan saya tentang operasi LASIK mata, beserta biayanya. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir. 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P