Resep Nasi Goreng Bumbu Petis dan Nasi Goreng Terasi Jagung

Resep Nasi Goreng Bumbu Petis

Apa kabar, teman-teman?

Walau sama-sama menggunakan olahan udang, tapi masakan yang dibuat dari olahan petis dan terasi udang tentunya punya rasa yang berbeda ya. Kalau masakan dari olahan petis akan memiliki rasa yang agak manis, karena memang dari yang saya baca di wikipedia, proses pembuatan petis ini menggunakan gula batok juga.


Kalau terasi, walau sebagian orang nggak suka dengan baunya pas lagi dimasak, haha... Tapi buat saya, baik sambal maupun masakan lainnya yang menggunakan terasi itu enak banget.

Kali ini, petis dan juga terasi udang, saya masak untuk campuran nasi goreng. Tinggal teman-teman pilih aja ya, mana yang mau dicobain duluan, hehe...



Kita masak yang Nasi Goreng Bumbu Petis dulu ya...


Yuk kita siapkan bahan-bahannya:

+- 2 piring nasi putih
2 butir telur
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah 4 lalu iris

+- 1 sdm petis udang
+- 2 sdm kecap manis
Pelengkapnya: irisan ketimun dan kerupuk


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
3 buah cabe merah
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan daun bawang, tomat, petis, bumbu giling, lalu tumis hingga harum.

Masukkan telur, lalu orak arik.

Masukkan nasi, lalu aduk hingga merata.

Masukkan kecap, lalu aduk hingga merata.

Sajikan dengan irisan ketimun dan kerupuk.

Resep Nasi Goreng Bumbu Petis
Nasi Goreng Bumbu Petis
Masaknya menggunakan api sedang aja ya. Ini rasa petisnya nggak terlalu pekat, dan rasa nasi gorengnya jadi gurih dan agak manis dari rasa khas petis. Teman-teman bisa atur aja kadar pedasnya.

Lalu ini resep yang kedua yang menggunakan olahan terasi udang, yaitu Nasi Goreng Terasi Jagung.


Mampir juga di -> Resep Nasi Goreng Kulit Melinjo yang juga menggunakan olahan terasi.

Resep Nasi Goreng Terasi Jagung
Nasi Goreng Terasi Jagung
Ini dia bahan-bahannya:

+_ 2 piring nasi putih
2 butir telur
Jagung manis yang diserut setengahnya aja, tapi kalau menggunakan jagung yang kecil ya gunakan semuanya aja.

Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat, belah 4, iris
+_ 2 sdm kecap manis


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
1 sachet terasi
3 buah cabe merah

½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya:

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan jagung, daun bawang, tomat, dan bumbu giling. Tumis hingga harum.

Masukkan telur, lalu orak-arik.

Masukkan nasi, lalu aduk hingga merata.

Masukkan kecap, lalu aduk hingga merata.


Masaknya juga menggunakan api sedang aja ya. Jagungnya pilih yang jagung muda aja, biar cepat matang dan pas dikunyahnya pun juga garing, haha... Ini rasanya juga nggak pedas, jadi teman-teman juga atur aja ya kadar pedasnya.

Terima kasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

6 comments:

  1. Duh enaknyaaaaaaaaa.. Dan aku baru tau bumbu petis bisa dijadiin bumbu nasi goreng loh.. hihihii

    ReplyDelete
  2. waaah...aku belum pernah bikin nasi goreng bumbu petis ...dan keliatannya enaaak :)

    ReplyDelete
  3. Nice idea, selama ini kalau petis selalu dibuat sambel atau cocolan gorengan sementara nasi goreng sering di mix sama terasi doang buat bumbunya. Jadi pengen nyoba ngemix petis sampai jadi nasi goreng.

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P