Resep Gulai Udang Krecek

Resep Gulai Udang Krecek

Apa kabar, teman-teman?

Pas lagi main ke web-nya Sajian Sedap, saya jadi ngelihat masakan Gulai Udang yang dicampur dengan krecek atau kerupuk kulit. Tapi karena yang di SaSe itu bikinnya gulai pedas, jadi saya ubah sedikit resepnya. Disesuaikan juga dengan bahan-bahan yang ada di kulkas, hehe...

Kalau yang difoto ini, memang saya nggak pakai kerupuk kulit, karena lagi punya stok kerupuk beras, oleh-oleh dari Madura. Jadi teman-teman mungkin juga bisa tukar dengan kerupuk udang atau kerupuk lain yang disuka ya.

Gulai Udang Krecek yang saya buat ini nggak menggunakan santan yang pekat ya, cuma kuah gulainya cukup kental juga kok. Apalagi ditambah dengan penggunaan kemiri yang bikin kuah gulainya kelihatan jadi lebih kental.

Mampir juga ya di -> Resep Gulai Mangga Udang


Yuk mari kita siapkan bahan-bahannya:

250 gram udang, bersihkan
100 gram kerupuk kulit, atau kurang lebih 2 atau 3 genggam
2 lembar daun salam

5 cabe rawit hijau, belah 2
1 sdm air asam jawa (dari 1 sdm asam jawa yang diaduk dengan +_ 3 sdm air)
1 sdm gula merah

1 tomat, belah 8
1 ruas ibu jari lengkuas, keprek
Secukupnya minyak goreng

3 – 4 genggam kelapa parut
3 gelas air (gelas belimbing)


Bumbu gilingnya:

6 bawang merah
2 bawang putih
4 kemiri

5 cabe merah
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Kita buat santannya dulu ya. Kelapa parutnya dicampur dengan 1 gelas air, lalu peras. Ulangi 2 kali lagi. Jadi total santannya ada 3 gelas.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling bersama daun salam, cabe rawit hijau, air asam jawa, gula merah, lengkuas dan tomat. Tumis hingga harum.

Masukkan santan, lalu aduk hingga mendidih.

Masukkan udang, masak sembari sesekali diaduk

Kalau udah menjelang matang, masukkan kerupuk kulit.

Resep Gulai Udang Krecek
Gulai Udang Krecek
 Karena pakai kemiri dan enggak pakai kunyit, jadi warna gulainya ini putih agak kekuningan. Ini rasanya enggak pedas dan gurih agak manis. Kalau teman-teman mau bikinnya yang pedas, tinggal ditambah aja ya cabe merah atau cabe rawitnya di bumbu giling. Masaknya dengan api sedang aja ya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.