Resep Cumi Asin Daun Melinjo Kuah Petis

Resep Cumi Asin Daun Melinjo Kuah Petis

Apa kabar, teman-teman?

Sama kayak cumi biasa yang suka digulai, cumi asin pun juga nggak kalah enaknya kalau buat saya. Biasanya cumi asin sih dimasak tumis atau digoreng balado. Karena masih punya sisa petis botol kecil, jadinya saya tumis aja pakai kuah petis, plus campuran daun melinjo.


Mampir juga ya di resep masakan saya yang pakai bumbu petis, di -> Nasi Goreng Bumbu Petis

Cumi asin merupakan salah satu masakan yang cukup populer di negeri ini. Saya pun baru tau kalau ternyata cumi asin nggak cuma jadi masakan orang Indonesia aja, tapi juga di Malaysia, Thailand, Vietnam, Hong Kong, China Selatan, Korea Selatan, dan juga Jepang. Lebih ke masyarakat Asia ya.

Dari yang saya baca di Wikipedia, cumi asin merupakan cumi atau sotong yang asinkan untuk diawetkan. Ya, semacam ikan asin juga ya.

Pada proses pembuatannya, daging cumi dicuci dulu dengan air garam atau air laut. Pas udah bersih, barulah dilakukan pengasinan. Proses pengasinannya ini ada 2 cara, yaitu dengan meendam cumi dengan larutan air garam. Bisa juga dengan melakukan pengasinan kering, yaitu dengan menaburi garam pada cumi. Tahap terakhir adalah melakukan pengeringan di bawah sinar matahari.

Kalau di Jepang dan China, cumi asin diratakan atau digepengin dulu sebelum dijual atau dimasak. Kalau Indonesia tetap dalam bentuk cumi utuh.

Itu sedikit info yang baca tentang cumi asin. Lalu, untuk memasak cumi asin ini, apa aja yang perlu disiapkan?


Bahan-bahannya adalah:

1 hingga 2 genggam cumi asin, iris – iris lalu rendam sebentar dengan ½ - 1 gelas air hangat dan 1 sdm garam. Lalu cuci kembali dengan air biasa. Ini biar rasa asinnya nggak berlebihan.

1 genggam daun melinjo, iris – iris
Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah, iris

1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah 4, iris
5 cabe merah, iris

5 cabe rawit ijo, iris
1 sdm petis
½ gelas air (gelas belimbing)
1 sdt gula


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Sedikit garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah hingga kuning keemasan.

Masukkan daun bawang, tomat, cabe merah, cabe rawit ijo, cabe rawit merah, dan bumbu giling. Tumis hingga harum.

Masukkan petis, aduk sebentar hingga merata.

Masukkan air, didihkan. Ini cuma sebentar kok karena airnya sedikit.

Masukkan cumi dan daun melinjo. Masak dengan api pelan hingga cumi dan daun melinjonya empuk.

Menjelang matang, masukkan gula. Aduk hingga merata.

Resep Cumi Asin Daun Melinjo Kuah Petis
Cumi Asin Daun Melinjo Kuah Petis 
Ini rasanya perpaduan dari gurih manis khas petis serta pahit khas daun melinjo, plus rasa asin dari cumi, haha... campur-campur ya. Rasanya nggak begitu pedas karena cabenya cuma irisan. Kalau mau lebih pedas, cabenya digiling juga aja. Pakai garamnya sedikit dulu ya, karena cumi asin dan petis ini udah ada rasa garamnya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...


16 comments:

  1. Aku masak cumi asin hanya dekat tumis bawang merah, abe dan tomat. Itu aja udah enak. Penasaran mau mencoba resepnya mba Nita deh :)

    ReplyDelete
  2. Wah, ga kebayang ya proses pengeringan dan mengasinkan cumi di Cina dan jepang pake digepengin hihihi gimana bentuknya tuh ntar? Padahl kita kalo makan kan sambil mandangin penampakan masakannya ya Nit? hihihi... Papanya anak2 demen banget cumi nih, ntar aku mau coba resep Miss Nita yang satu ini deh, pake bumbu petis. Aku mau tambahin ah cabe orensnya yang banyak biar huh..hah...huh :D Oh ya Nita pakai ketumbar juga ya? Hhhhmm jadi makin harum, makin nambah nafsu makan keluarga deh. Asyiiik nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba Nurul masakan yang cuminya jadi rata gitu, haha... Kita tetep enak lihat yang utuh aja ya. He'eh kudu pedes banget yak :D

      Delete
  3. yah miss baru aja tadi malam cumi asin dieksekusi cuman digoreng biasa doang hahaha uda ga tau mau diapain lagi :p

    info proses pengeringannya cumi berguna banget nih Neyna lagi banyak nanya yang suka bikin aku speechless jadi tahu deh tahapannya ternyata dicuci dulu sama air laut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru juga ternyata baca2 kayak gini ya, haha...

      Delete
  4. Aku klo masak cumi mentok ditepungi Nit.. ternyata bisa ya dicampur sayuran.

    Sekarang di kulkas ada daun melinjo, tapi nggak ada cumi..😀😀
    Cariin partner apa ya nit, tu daun enaknya..?

    Biasanya cuma tak masukin ke telur, aduk..jadi telur dadar daun melinjo.

    ReplyDelete
  5. Kalo aku masak cumi biasanya tintanya tetap aku ikut kan jadinya warnanya hitam. Kalo dg resep ini tintanya diikutkan kira2 gimana ya?

    ReplyDelete
  6. Pas direndam dikasih garam lagi y mba, aku kura karna udh asin tinggal di rendem air aja.. Hhee
    Duuh aku suka banget cumi ini, tp sayang skrg krna lagi penyembuhan gatel2 dikulit, jdi lagi menghindari seafood, pdhal ini makanan enak bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya air plus garam biar berkurang rasa asinnya, tapi abis itu dicuci air biasa lagi :D

      Delete
  7. Kalau aku biasa ditumis sama duo bawang, cabai, tomat. Kalau suami sukanya digoreng kering trus cocolin sambal, sedap katanya. Nah, nemu resep ini artinya ada kreasi baru. Kayaknya mantab juga nih

    ReplyDelete
  8. Di Medan surganya ikan asin. Salah satunya cumi ini. Banyak dibeli orang buat oleh-oleh

    Tapi ngenesnya sampe sekarang aku belum pernah masak cumi asin ini. Belum dapat panggilan jiwa kayaknya ... Hihihi. Cerita orang sih katanya enak. Mudah-mudahan abis baca tulisan Mbak Nita ini, si cumi asin bisa menggoda hatiku :D

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P