Resep Sambal Rawit Terasi Petai Cina

Resep Sambal Rawit Petai Cina

Apa kabar, teman-teman?

Petai cina biasanya saya makan sebagai campuran dari pepes tahu. Pas kebetulan lagi ke warung sayur dekat rumah, ada sekantong kecil petai cina. Karena lagi kepingin bikin sambal rawit merah yang puedesss, jadinya saya campurin aja sambal rawit merahnya dengan petai cina yang digoreng.


Mampir juga ya di resep sambal rawit saya sebelumnya : 2 ResepSambal Rawit

So far kalau buat saya, petai cina itu enak banget, kriukk dengan rasa khasnya yang agak pahit. Ternyata pas baca di Wikipedia, petai cina yang kalau di Jawa itu disebut juga dengan lamtoro, banyak mengandung kesehatannya juga.

Petai cina yang berasal dari polong-polongan ini banyak mengandung vitamin C, A, dan B1. Selain itu, petai cina juga mengandung karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, kalsium, dan protein.

Lalu yang bikin saya seneng juga, petai cina ini juga bisa untuk mengurangi insomnia dan juga meningkatkan mood. Hayooo... yang malas-malas hari ini, makan petai cina aja, haha...


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya:

1 genggam petai cina, cuci
Sedikit minyak goreng
20 cabe rawit merah

1 siung bawang putih
½ sachet terasi
Sedikit garam


Cara memasaknya:

Giling cabe rawit merah, bawang putih, terasi, dan garam. Bisa giling kasar ataupun halus, sesuka teman-teman aja.

Panaskan minyak goreng, lalu goreng petai cina dengan api pelan hingga layu.

Campurkan petai cina dengan gilingan sambal rawit.

Campurkan 1 atau 2 sdm minyak panas sisa menggoreng petai cina ke dalam adukan sambal, lalu aduk hingga merata.

Resep Sambal Rawit Petai Cina
Resep Sambal Rawit Petai Cina 
Menggoreng petai cina ini dengan api pelan aja ya karena bisa cepat hangus. Untuk ketahuan matangnya, dicobain aja 1. Kalau rasanya udah empuk, angkat aja.

Sambal rawit terasi petai cina ini rasanya pedas banget, karena semuanya pakai cabe rawit merah. Kalau kadar pedasnya mau dikurangi, bisa dicampur dengan cabe rawit hijau aja atau jumlah cabenya dikurangi.

Ini video cara memasaknya yaaa...



Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat makan pedasss...   

26 comments:

  1. Aduh aku ngiler liatnya Miss. Sayang ya di Palopo nggak ada yang jual petai Cina, hiks. Petai biasa pun jarang, apalagi jengkol, tak ada lah itu. Padahal favorit semua T_T

    ReplyDelete
  2. wahhh, petai cini ini lamtoro bhs Jawanya kl di tempatku, mbak 😁 Itu sambelnya 20 ga pedes bgt kah, apa spy banyak aja? hehe

    ReplyDelete
  3. Tempatku jarang ada mba,,,, kalau.d rumah mamer d kbn jeruk ada pohonnya. Cuma seringnya dibuat botok,,, noted nih blm pernah coba

    ReplyDelete
  4. Petai cina ternyata cocok dibuat duet sama sambel juga yaa.. Biasanya cuma jadi campuran bothok, kalo di rumah, hihi

    ReplyDelete
  5. Kalau ke Pasar jarang2 liat yang jual pete cina kek gini adanya pete biasa banyaknya kalau dulu pas di Bekasi almh ibu suka bikin botok miss pake pete cina.

    Sambel kek gini pake nasi panas aja uda makyos y miss tapi kalau 20 rawit juga keknya ga sanggup perutku pedes amatttt ;p

    ReplyDelete
  6. Halo Mbak, gimana kabarmu? hehehe, wah iini kesukaan bapakku. Btw di tempatku harga petai lagi mihil bingit Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik :D Wah ini untung murah. 3 ribu kurang lebih 2 genggam, haha...

      Delete
  7. He eh, ditempatku ini namanya lamtoro Nit..

    Aku punya pohonnya di sawahnya ortu

    Cuma sekarang udah jarang yang manfaatin buahnya mba. Kayunya aja, jd kayu bakar.itu juga semakin jarang yang make tungku kayu..

    Dulu lamtoro sering dimasak bothok. Dicampur kelapa muda, teri..bungkus daun pisang. Enak bnget😀

    Besok klo punya lamtoro..mau bikin sambel ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pakai kelapa muda juga ya bothoknya :D

      Delete
  8. Iya, benar, di daerahku ini disebutnya Lamtoro. Dibuat sambal memang rasanya jadi mantap banget. Tapi sayang, Mbak Nita, di daerahku sudah jarang ada petai cina, adanya petai yang biasa, hiks hikss

    ReplyDelete
  9. Wow makan sambil rawit terasi petai cina ini rasanya nikmat banget, pasti bikin nambah2 nasi terus nih, apalagi tambah tempe atau ikan goreng. Nikmaaat!
    DUlu mama sering bikin masakan trancam pakai petai cina atau biasa kusebut lamtoro, buat bothok juga.

    ReplyDelete
  10. Saya penggemar petai cina. biasanya sih dimakan mentah sama pecel. Tapi paling mantap kalau dibikin botok sama tempe semangi. Duh, suedep. Kapan2 Miss Nita harus coba nih. Hehehehe

    ReplyDelete
  11. Iiih petai cina bisa dijadikan sambal toh. Gampang buatnya ya. Itu cabe dan petainya dicampur di ulegan ya? Ade pikir ulegan sambelnya yg dicemplungin ke wajan utk ditumis sama petai cinanya. Ternyata kebalikannya. Jadi mau coba aah besok.

    ReplyDelete
  12. Aduh lamtoro dimasak pedas gini bikin menggoda. Dipadukan dengan nasi hangat, tempe, kerupuk akan makin komplit dan lahap makan kalo aku mbak. Hahahah

    ReplyDelete
  13. Bener banget si wikipedia. Kalo di Jawa namanya Lamtoro dan wajib ada untuk bikin bothok. Cuma kalo disana nyarinya gampang ga sesulit disini yg jarang ada. Btw ternyata bisa juga ya disambal. Ahh miss Nita emang kreatif 😍😍 cucok lah membangkitkan selera makan

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P