Resep Ikan Goreng Kulit Melinjo Bumbu Kuning

Resep Ikan Goreng Kulit Melinjo Bumbu Kuning

Apa kabar, teman-teman?

Selain digulai dan dipanggang, ikan juga seringkali saya masak dengan digoreng. Mungkin begitu juga dengan teman-teman ya. Selain digoreng balado atau bumbu kecap, biasanya ikan suka saya masak dengan bumbu kuning ini juga.


Ikannya saya pilih yang ikan kembung aja. Oh iya sebelumnya saya juga udah pernah nulis resep masakan olahan ikan kembung ya serta manfaatnya dari ikan kembung ini. Yuk mampir juga ya di ...



Ini ya bahan-bahannya yang diperlukan:

5 ekor ikan kembung, bersihkan lalu lumuri dengan gilingan 1 siung bawang putih, ½ sdt ketumbar, dan sedikit garam. Diamkan sebentar biar meresap.

1 – 2 genggam kulit melinjo, 2 gelas air, dan sedikit garam

Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris

5 buah cabe merah, iris
5 buah cabe rawit hijau, iris
5 buah cabe rawit merah, iris

1 buah tomat, belah 4, iris
1 sdt gula pasir
½ gelas air (gelas belimbing)


Bumbu gilingnya:

1 siung bawang putih
½ sdt lada
1 sdt ketumbar

½ ruas ibu jari kunyit
1 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, lalu goreng ikan hingga kuning keemasan. Gunakan api pelan aja dan ditutup ya.

Didihkan air, lalu rebus kulit melinjo hingga empuk. Gunakan api sedang aja.

Panaskan minyak goreng yang baru, lalu tumis bawang merah hingga matang.

Masukkan daun bawang, cabe merah, cabe rawit hijau, cabe rawit merah, tomat, dan bumbu giling. Tumis hingga harum.

Masukkan air, lalu didihkan.

Masukkan kulit melinjo, lalu masak hingga kuah mengental.

Menjelang matang, masukkan gula, lalu aduk hingga merata.

Tata ikan pada sebuah wadah, lalu siram bumbu kuning kulit melinjo ini ke atas ikan.

Resep Ikan Goreng Kulit Melinjo Bumbu Kuning
Ikan Goreng Kulit Melinjo Bumbu Kuning
 Kalau ikannya mau dicampurkan juga ke dalam adukan bumbu juga sama enaknya, bumbunya akan lebih meresap ke dalam ikannya, tapi ikannya akan jadi agak lembek ya. Makanya saya lebih suka disiram gini aja. Didiamkan sebentar, bumbunya juga akan meresap.

Ini rasanya nggak begitu pedas dan bumbunya ini ada rasa khas kulit melinjo yang agak pahit manteppp... Kadar pedasnya silakan teman-teman atur aja ya. Bisa juga cabenya digiling aja biar makin pedas.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya... 

14 comments:

  1. Penting ini, memakai minyak goreng yg baru. Karena biasanya emak jaman now, mentang2 minyaknya masih bersih bekas goreng apa apa langsung main pakai lagi aja (aisshhh jadi curcol) haha. Btw akupun blm pernah makan kulit blinjo tapi jadi kepengn tahu rasanya xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalau bekas goreng tahu sih masih mending ya :D Kulit melinjo merah2 gini enak :D

      Delete
  2. Selama ini cuma taunya kulit melinjo dimasak oseng-oseng, ternyata bisa juga dicampurin sama ikan goreng. Kelihatannya menggoda banget. Ikannya bisa diganti nggak ya? Ikan pindang cue gitu yang gampang ditemuin di tukang sayur.

    ReplyDelete
  3. Cocok sekali ini menu kebetulan mau ada sanak family berkunjung ke rumah daripada beli mending coba buat sendiri ikan goreng kulit melinjo bumbu kuning

    ReplyDelete
  4. Bisa ternyata disuruh duet sama ikan. Aku malah belakangan ini, klo nemu kulit mlinjo yang merah2 gitu..di campurin ma tepung krispi..jadi kulit mlinjonya basah, tak bumbuin bawang-garam, trus di balurin tepung kering...goreng. enak Nit..

    Klo sama ikan, blm pernah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap juga ini mba. Ntar saya cobain ah :D

      Delete
  5. Aku juga kalau bikin tumisan langsung disiram di atas lauknya, baik itu ikan ataupun ayam :) Itu melinjonya ga dipotong tipis2 enak juga yach? Kadang2 aku iris melinjonya ukuran korek api agak gedean dikit hihihii...

    ReplyDelete
  6. Kalau ada kulit melinjo biasanya aku nggak makan sih mba walau di sayur asem. Padahal banyak yang bilang enak juga konsumsi melinjo ya mba. Mau ah cioba ikan kembung disiram bumbu kuning :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang di sayur asem itu saya juga nggak doyan mba, hahah...

      Delete
  7. Yah mba kebetulan sekali bsok saya mau masak ikan kembung. Tapi bingung mu di masak apa? Pengen masak kayak mba sayangnya di rumah ga ada melinjo dan ga ada ketumbar 🙈

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P