Resep Nugget Saus Barbeque

Resep Nugget Saus Barbeque

Apa kabar, teman-teman

Pas lagi ke rumah murid, si mbak asisten lagi lihat-lihat majalah Sedap. Begitu selesai ngajar, saya jadi ikutan lihat-lihat juga, haha... Resep masakan yang ada di halaman pertama adalah Chicken Steak dengan Saus Barbeque.


Walau udah beberapa kali bikin olahan dengan saus barbeque, tapi kalau ada resep yang tentunya udah diuji coba, apalagi masuk majalah cetak ya, pastinya saya tertarik untuk nyobain. Lalu karena di freezer ada stok nugget, jadi untuk steak ayamnya saya bikin dari nugget aja.

Dari yang saya baca di blog tau-sejarah.blogspot.co.id, nggak ada info sejarah yang pasti tentang siapa yang pertama kalinya membuat resep saus barbeque ini. Beberapa sumber menyebutkan kalau saus barbeque pertama kalinya diperkenalkan pada abad ke 15, oleh Christoper Columbus dari Hispaniola. Tapi ada pula yang menyebut pada abad ke 17, oleh koloni Amerika atau mungkin Indian.

Pada 200 tahun kemudian, resep saus barbeque ini beredar di Inggris dan juga Perancis. Saus mustard Carolina Selatan, merupakan salah satu dari tipe saus barbeque, yang berasal dari perkampungan Jerman, sekitar abad ke18.

Lalu saus barbeque yang pertama kalinya dijual ke pasaran, diproduksi oleh pabrik saus Georgia Barbecue di Atlanta, Georgia. Makin ke sini, tentunya saus barbeque diproduksi oleh banyak pabrik makanan di berbagai negara. Di Indonesia pun cukup banyak juga brand makanan yang memproduksi saus barbeque.

Yes, ini sedikit info yang saya baca tentang saus barbeque dari blog tau-sejarah.blogspot.co.id. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahan masaknya. Oh ya, untuk nugget-nya saya menggunakan nugget instant ya.


Bahan-bahannya:

250 gram nugget instant
Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin untuk menggoreng nugget

2 sdm margarin untuk menumis saus
½ siung bawang bombay, iris
½ sdt lada hitam bubuk

2 sdm terigu
500 ml air kaldu
5 sdm saus barbeque

Secukupnya garam
1 sdt gula


Resep air kaldu, pernah saya tulis di sini ya -> Resep Selada Padang


Lalu ini cara masaknya ya...

Panaskan minyak dan 1 sdm margarin, lalu goreng nugget hingga kuning keemasan dengan api pelan.

Panaskan minyak (sisa goreng nugget nggak apa-apa), lalu tumis bawang bombay hingga layu.

Masukkan lada dan terigu, aduk hingga kelihatan kayak berbutir

Masukan air sedikit demi sedikit, sembari diaduk hingga mengental.

Masukkan saus barbeque dan garam, lalu aduk hingga merata.

Menjelang matang, masukkan gula, lalu aduk hingga merata.

Resep Nugget Saus Barbeque
Nugget Saus Barbeque
Masak saus barbeque-nya dengan api sedang aja, hingga sausnya kelihatan mengental. Yang paling penting, pas dituang air, sembari diaduk terus, biar terigunya nggak menggumpal.

Kalau nggak punya stok air kaldu, bisa gunakan air biasa aja. Ini pun saya masak pakai air biasa. Kalau rasanya kurang gurih, bisa ditambahkan 1 sdt margarin aja. Karena kalau kata Chef Ari Galih, margarin ini ibarat penyedap atau bumbu gurih terutama untuk western food.

Lada hitamnya kalau nggak ada stok juga, bisa diganti dengan lada putih. Saus yang difoto ini juga pakai lada putih, makanya warna sausnya kurang gelap ya.

Ini rasanya enggak pedas. Kalau mau yang lebih pedas, teman-teman bisa tambahkan ½ sdt lada hitam bubuk atau dimakan dengan saus sambal terpisah aja. Lada hitamnya segini aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

14 comments:

  1. Langs aku save mbaakm..
    Nt langs cao belanja belanji beli bahan2nya. Cucok buat ngegosip ama mas bojo. Hihihi.

    ReplyDelete
  2. Gurih ni pasti.. anak2 yang bakalan suka! Makasih resepnya Nit..

    ReplyDelete
  3. Belum pernah bikin dan beli saos barbeque Mbak. Paling dari beli pizza kan biasanya ada tuh. Rasanya emang enak banget, ada sger-segernya gitu. Kapan kapan kucoba dech, ada stock lada hitam nich di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di pizza lada hitamnya berasa banget ya, mantap :D

      Delete
  4. Mba pakai saos barbeque merk apa mba? Aku biasanya pakai saos barbeque tapi biasanya ada dagingnya. Ini tanpa daging ya? Asikkk

    ReplyDelete
  5. Selalu lapar klo mampir kesini. Makasih banget sharingnya mbk. Aku izin bookmark ya biar bisa nyobain resepnya. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  6. Makasih juga sudah berbagi info. Widiwh si mbak asisten aja smpai baca Sedap ya, duhg kalah gw. Berrti kan dia pengen update tuh ilmu masaknya ya wkwk. Gula emang walaupun seiprit, tetep ga boleh ketinggalan ya buat masak apapun. Termasuk buat nugget pun xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena dia sama mamanya murid dibebasin mau masak apa aja, jadi harus tau yg bikin anak2 jadi seneng makan :D

      Delete
  7. Mba Nita ini emang jagonya dalam resep masakan deh. Ternyata bikin nugget pun bisa dari dapur rumah sendiri. Thanks for sharing, Mbak

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P