Resep Sambal Terasi Kacang Panjang

Resep Sambal Terasi Kacang Panjang

Apa kabar, teman-teman?

Kembali dari edisi dunia persambelan, haha... Rekomendasi resep masakan olahan sambal terasi yang saya buat kali ini adalah, sambal terasi yang dicampurkan dengan irisan kacang panjang goreng. Sebelum masak-masaknya dimulai, saya mau bahas sedikit dulu ya tentang si kacang panjang ini...


Mampir juga ya di -> 5 Resep Olahan Sambal Terasi

Bagian dari kacang panjang yang biasa kita santap sebagai sayuran atau lalapan, kalau yang saya baca di Wikipedia, merupakan bagian buah yang masih muda, serta seratnya masih lunak.

Kacang panjang ini biasa tumbuh di daerah panas di Asia. Selain enak, ternyata kacang panjang juga punya banyak manfaat untuk membantu pengobatan, misalnya untuk pengobatan kanker payudara, leukimia dan kurang darah, antivirus serta antibodi, antioksidan, anti mengenang mantan walau foto di IG di-liked tiap posting, gangguan buang air kecil dan air besar, beri-beri, demam berdarah, serta sakit pinggang dan rematik.

Selain itu, kacang panjang juga bisa untuk meningkatkan sel darah merah dan juga nafsu makan. Apalagi dimakannya pakai sambal terasi ya, haha...

Kurang lebih ini ya yang saya baca dari Wikipedia. Moga bisa menambah wawasan teman-teman juga. Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa baca langsung aja ya. Yuk sekarang kita mulai siapkan bahan-bahan yang diperlukan...


Bahan-bahannya:

5 batang kacang panjang (1 ikat), potong-potong, aduk dengan sedikit garam
Secukupnya minyak goreng
10 buah cabe merah

5 buah cabe rawit hijau
5 buah cabe rawit merah
4 siung bawang merah

1 siung bawang putih
1 buah tomat
1 sachet terasi

 2 ruas jeruk nipis
Sedikit garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak goreng, lalu goreng kacang panjang dengan api sedang hingga empuk.

Panaskan minyak (sisa goreng kacang panjang nggak apa-apa) lalu goreng cabe merah, cabe rawit hijau, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan juga tomat hingga layu. Gunakan api sedang aja.

Giling semua bahan sambal beserta terasi, jeruk nipis, dan juga garam. Bisa giling kasar maupun halus, kesukaan teman-teman aja.

Campurkan goreng kacang panjang, lalu aduk hingga merata.

Resep Sambal Terasi Kacang Panjang
Sambal Terasi Kacang Panjang
Sambal terasinya ini rasanya cukup pedas. Cabe rawitnya bisa diganti dengan cabe merah semua aja kalau teman-teman nggak begitu suka pedas. Kalau ikatan kacang panjang yang teman-teman beli melebihi dari ini sedikit, nggak apa-apa gunakan aja semuanya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

30 comments:

  1. Nice info ttg kacang panjangnya. Btw, dulu sy gak doyan kacang lho. Gara2 tes SMA Taruna trus tiap hari lauknya oseng kacang jadi doyan, terpaksa lebih tepatnya. Kalau skrg doyan banget. Btw lagi, Miss Nita ada aja ide sambalnya. Saya mari mati kok ya sambal terasi biasa atau kasih teri. Jiyan gak kreatif BukNaj nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena cuma itu jadi terpaksa doyan ya mba :D

      Delete
  2. Kalau mampir ke blog Mba Nita itu, aku jadi pengen masak. Banyak banget menu-menu masakan yang pengen aku coba, apalagi ini.. aku gak bisa bikin sambel soalnya mba hahahaha. Aduh ngeces nih mba >__<

    ReplyDelete
  3. Aku biasanya makan sambel sama tempe goreng dan lalapan aja. Liat ini kayaknya enak juga dicampur kacang panjang, lebih sehat lagi

    ReplyDelete
  4. Waaa,ini menu andalan ibuku..dinikmati sama nasi anget,kerupuk plus dadar telur...hmmmmm,mantap

    ReplyDelete
  5. Suka banget bagian ini dan asli ngakak, hahaha...

    "anti mengenang mantan..."

    Makan beginian pas hujan, asli, bikin mantan, pupus dari ingatan.

    Dijamin!

    Hahaha...

    Lanjutkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah pokoknya kudu makan yang pedes ya mba :D

      Delete
  6. Nyam nyam, udah gitu hidangkan dengan nasi hangat yang pulen, hmmm bisa nambah berpiring-piring deh.
    Kacang panjang ini memang enak dan kaya manfaat untuk kesehatan. Selain bisa mencegah kanker payudara ada juga yang sebagai tradisional untuk mengencangkan payudara. Wahaahahaha.. tradisi di tempat kami begitu, kacang panjang ditumbuk hingga rata terus dioleskan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi nambah info juga nih mba :D makasih ya sharingnya :D

      Delete
  7. wah sepertinya nikmat juga paduan kacang panjang plus sambal terasi, seperti tumis biasa tapi lebih nendang dengan sambalnya ya kak

    ReplyDelete
  8. 1 sachet terasi, mba pakai terasi merk apa mba kalau boleh tau? Hehehe

    ReplyDelete
  9. Waa..bisa ngabisin nasi sebakul klo pake persambelan gini Nit. Ini juga tinggal nambahin tempe goreng, udah pas! Ada sayuran, ada sambel, ada lauk..

    Tiba2 laper😀

    ReplyDelete
  10. Wuah kebetulan ada kacang panjang di kulkas, tapi cabe merahnya cuma 2 biji hahaha. Nggak apa deh pake seadanya aja. Makasih buat idenya ya :D

    ReplyDelete
  11. Kalau mau tidak pakai terasi sachet di bakar dulu ngak ya mbak terasinya atau digoreng biar agak wangi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya enggak sih mba :D Cuma iya akan lebih wangi kalau dibakar dulu ya :D

      Delete
  12. Kalo berbau sambal gini, biasanya aku pasti doyan :D. Kacang panjang itu dayur favoritku. Tp selama ini lbh suka kalo malan kacang panjang mentah, dijadiin lalapan lalu cocol sambel terasi :D. Kries2nya kalo msh mentah itu yg aku suka banget :D. Menu ini sebenernya sama kan ya, cm bedanya kacang panjangnya digoreng dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena saya kurang doyan kalau dimakan mentahan gitu mba :D

      Delete
  13. O jadi kacang panjangnya digoreng ya? udah lama enggak belanja kacang panjang. Pingin nyoba nich kapan kapan. Keknya pas siang-siang gini enak banget untuk dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang doyan yang mentahan, Mba :D

      Delete
  14. Boleh dicoba nih. Aku biasanya pakek kacang pnjang yg mentah mbk. Teksturnya jd kriuk gt. Hahay. .jd lafeerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak juga itu, Mba. Kriuk lebih berasa ya :D

      Delete
  15. duhhh liatnya bikin laper mbaa...heheh

    pengen ngerasain tuhh sambal terasi kacang panjangnya...

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P