5 Resep Masakan Olahan Sambal Terasi

5 Resep Olahan Sambal Terasi

Apa kabar, teman-teman?

Walau penyuka makanan pedas, tapi saya tetap suka dengan menu yang serba manis berbahan gula merah maupun kecap. Asalkan, tetap ada sambalnya, haha... Sambal terasi merupakan masakan pelengkap yang termasuk paling sering saya masak ketimbang yang lain.

Terasi, yang kalau saya baca dari Wikipedia, merupakan bumbu masakan hasil fermentasi ikan dan juga udang rebon. Saya pun baru tau kalau terasi ternyata juga ada yang dari ikan.

Terasi Cirebon
Terasi Cirebon
Terasi juga bisa dibilang bumbu penting bagi pecinta masak di kawasan Asia Tenggara dan juga Cina Selatan. Terasi umumnya berwarna hitam-coklat, tapi ada juga yang bikinnya pakai pewarna, lalu warna terasinya itu jadi kemerahan.

Kalau di Malaysia, terasi disebutnya belacan. Sedangkan di Thailand disebutnya kapi. Ternyata ada juga ya masakan Thailand yang menggunakan olahan terasi.

Di daerah Bangka, ada beberapa daerah yang khusus menjadi daerah penghasil terasi. Kalau di sana, terasinya dibuat dari udang rebon. Di Indonesia memang terasi yang paling terkenal itu dari Cirebon ya.

Ini sedikit info tentang terasi yang saya baca dari Wikipedia. Selanjutnya ini rekomendasi resep masakan olahan sambal terasi yang pernah saya tulis pada postingan sebelumnya.


Sambal Terasi Belimbing Wuluh

Resep Sambal Terasi Belimbing Wuluh
Sambal Terasi Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh atau belimbing sayur yang asem kecut, memang enak banget untuk dijadikan campuran masakan, termasuk untuk campuran sambal terasi.

Resepnya ada di sini ya -> Resep Sambal Terasi Belimbing Wuluh


Sambal Rawit Tomat Terasi

Resep Sambal Rawit Tomat Terasi
Sambal Rawit Tomat Terasi
Sambal terasi memang identik dengan cabe dan bawang yang digoreng terlebih dahulu. Kalau sambal rawit ini, cabe rawitnya giling mentah aja. Rasanya pun juga sama enaknya.

Resepnya ada di sini ya -> 2 Resep Sambal Rawit


Sambal Terasi Asam Jawa

Resep Sambal Terasi Asam Jawa
Sambal Terasi Asam Jawa
Air asam jawa yang rasanya asam segar, juga sama enaknya untuk dicampurkan dengan olahan sambal terasi. Rasa sambal pun jadi asam pedas segar.

Sambal Bajak

Resep Sambal Bajak
Sambal Bajak
Yang khas dari masak sambal bajak ini adalah hasil gilingan sambal yang digoreng kembali sebentar dan dicampur dengan sedikit kecap manis. Rasa sambal pun jadi pedas dan ada rasa manis dari kecap.

Resep kedua sambal terasi ini ada di sini ya -> Resep Sambal Terasi Asam Jawa dan Sambal Bajak


Sambal Terasi Tempe

Sambal Terasi Tempe
Sambal Terasi Tempe
Kalau teman-teman merupakan penyuka sambal sambal terasi sekaligus tempe, sambal terasi tempe ini merupakan pilihan pelengkap makanan yang pas. Sambal terasi dengan tempe goreng yang dibejek sesuai selera, bisa kasar maupun halus.

Resepnya ada di sini ya -> Resep Sambal Terasi Tempe


Ini dia 5 rekomendasi resep masakan dari olahan sambal terasi yang saya pernah masak. Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...