Resep Sayur Campur Kuah Teriyaki

Resep Sayur Campur Kuah Teriyaki

Apa kabar, teman-teman?

Adakalanya, bahan-bahan masakan yang kita beli itu ternyata masih lebih setelah digunakan. Mulai dari 1 bahan, lalu ternyata ada juga beberapa bahan masakan lain yang tersisa. Kalau mau dimasak satu-satu, tentunya jumlahnya kurang, sedangkan didiamkan sampai membusuk lantas dibuang, ini malah jauh lebih enggak baik ya.


Karena masih ada stok Saori saus teriyaki yang sachet bungkus kecil, jadinya beberapa bahan masakan yang bersisa ini saya masak aja semuanya, dengan kuah yang menggunakan saus teriyaki. 

Ada apa aja isi kulkas saya? Haha... ini dia...

Oh ya, sebelumnya saya juga pernah masak-masak menggunakan saus teriyaki ya, untuk bikin martabak. Mampir juga ya di ...



Bahan-bahannya:

5 potong tahu ukuran kecil, iris
2 buah wortel, iris
1 buah ketimun, iris
1 buah labu siam, iris

Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris

1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah 4. Iris
5 buah cabe merah, iris

1 bungkus kecil Saori saus teriyaki, atau kurang lebih 3 sdm
½ - 1 gelas air (gelas belimbing)
1 sdt gula
Sedikit garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak, lalu goreng tahu dengan api sedang hingga matang, tiriskan.

Panaskan minyak (sisa goreng tahu nggak apa-apa), lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan daun bawang, tomat, cabe, lalu tumis hingga harum.

Masukkan saus teriyaki, lalu aduk sebentar.

Masukkan air, lalu didihkan.

Masukkan wortel, ketimun, labu, dan tahu goreng. Masak hingga wortel dan labunya empuk. Gunakan api pelan menuju sedang aja.

Menjelang matang, masukkan gula, lalu aduk hingga merata.

Dicobain dulu ya rasanya, baru ditambahkan garam, karena saus teriyaki ini rasanya udah gurih berasa garamnya.

Resep Sayur Campur Kuah Teriyaki
Sayur Campur Kuah Teriyaki
Kalau yang saya masak ini menggunakan 1 gelas air. Jadi sayurnya ini berkuah ya. Untuk cabenya, saya pakai cabe rawit merah, cuma rasanya sih nggak pedas kok. Pastinya ada rasa khas saus teriyaki yang gurih manis.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

16 comments:

  1. Aku suka sering pakai Saori saus teriyaki kalau bikin tumisan kayak gini, Miss Nita :D Toss, emang deh salah satu rahasia memasak itu adalah menggunakan sedikit gula (bisa gula pasir atau merah) supaya ada kenikmatan tersendiri entah apa itu ya tapi yang jelas jadi makin enak. Lucu juga masakannya pakai ketimun hehehe, kapan2 daku coba ah mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau selain masakan Padang biasanya saya pakein gula biar gurih ya :D

      Delete
  2. Aku juga nit..klo ada sisa sayuran di kulkas, aku campur2 juga..soalnya kadang tak amati para jago masak itu juga kuncinya main warna sayuran..trus kelihatan bagus..trus nanti tinggal matchingin rasa.

    Tapi aku ga jago masak

    Simpel2 gini, kayaknya masih bisa. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masak mah ya yang gampil2 aja, haha...

      Delete
  3. Mba, biasanya pakai saos teriyaki merk apa? Inisial aja nggak papa deh. Hehhe. Soalnya aku belum nemu saos teriyaki yang pas deh. Aku sebetulnya masak jarang pakai gula, mba. Kalaupun pakai ya dikit banget tapi perpaduan gula dan garam nih yang bikin enak ya

    ReplyDelete
  4. Oia bener, dicobain dulu baru tambah garam. Jangan sampai keasinan ya. Karena di saus teriyaki ini sudah ada bumbunya kan ya. Btw bawang merah bawang putih ini couple an yang ga bisa dipisahkan ya. Biasanya selalu dipasangkan dalam setiap makanan wkwk

    ReplyDelete
  5. Mbak, kalau aku biasanya Saori teriyaki jadi nasi goreng hahaha. Enak tau rasanya... Kalau buat tumis belom cobain hehehe.

    ReplyDelete
  6. Masih ada sisa saus teriyaki juga,,, nuhun udah kasih ide,, tambah udang miss tumisannya request ini buat akuuhh

    ReplyDelete
  7. Resepnya mudah, bahannya sederhana, cocok buat yang baru baru berumah tangga kayak saya hihi.. makasih sharingnya mba

    ReplyDelete
  8. Pas lagi cari resep sayur mba, musim hujan gini masak sayur suka nggak kemakan kalau nggak inovasi

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P