Resep Hati Ampela Tempe Saus Mentega

Resep Hati Ampela Tempe Saori Saus Mentega

Apa kabar, teman-teman?

Saori saus mentega merupakan rangkaian dari bumbu masak instant produk Ajinomoto yang selanjutnya saya coba, setelah sebelumnya udah nyobain Saori saus teriyaki dan juga Saori saus asam manis.

Mampir ya di resep sebelumnya -> Resep Kentang Hati Asam Manis

Untuk Saori saus mentega ini juga saya masak untuk olahan hati, tapi kali ini hati ayam dengan ampela, yang dipadukan dengan tempe juga.

Saori Saus Mentega
Saori Saus Mentega
Yuk kita siapkan bahan-bahannya:

10 potong hati ayam, atau 5 pasang hati ampela
1,5 gelas air (gelas belimbing)


Bumbu giling untuk merebus hati ayam:

2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas ibu jari jahe

½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Bahan lainnya:

1 papan tempe, potong dadu (Ini hasilnya kurang lebih 2 genggam ya), lumuri dengan gilingan 1 bawang putih, sedikit garam, dan sedikit air.
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat merah, belah empat, iris
5 buah cabe merah, iris

5 buah cabe ijo atau cabe rawit, iris
+_ 3 sdm Saori Saus Mentega


Lalu ini cara memasaknya ya...

Rebus hati ampela dengan bumbu giling dan air. Rebus hingga airnya habis.

Panaskan minyak, lalu goreng tempe hingga kuning keemasan. Gunakan api sedang. Bisa sampai kering atau setengah kering aja. Kalau mau sampai kering banget, menjelang matang, apinya dipelankan aja.

Lanjut goreng hati ampela hingga matang. Gunakan api sedang aja dan jangan lupa ditutup ya.

Panaskan minyak yang baru, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan daun bawang, tomat, cabe merah, dan cabe hijau atau cabe rawit. Tumis hingga layu dan harum.

Masukkan Saori saus mentega, lalu aduk hingga merata.

Masukkan hati ampela dan tempe, lalu aduk hingga merata.

Cobain dulu ya kalau mungkin teman-teman masih perlu tambahkan garam.

Hati Ampela Tempe Saus Mentega
Saori saus mentega ini saya beli di Alfamart dengan harga 3 ribuan. Cukup praktis dan murah juga sih beli yang bungkusan kayak gini, kalau memang masaknya nggak tiap hari menggunakan saus mentega.

Menggunakan Saori saus mentega ini, rasa goreng hati ampela tempenya jadi gurih dan sedikit ada rasa manis khas margarin atau mentega. Diimbangi dengan irisan cabe, jadi agak pedas manis. 

Karena rasa saus ini udah gurih, dan goreng hati ampela serta tempenya udah pakai garam, jadi saya nggak perlu tambahkan garam lagi.

Ini rasanya nggak pedas karena cabenya cuma irisan aja. Kalau mau yang lebih pedas mungkin teman-teman bisa tambahkan lada bubuk atau saus sambal.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba.

24 comments:

  1. Ih aku baru tahu ada Saori Saos Mentega. Aku pernah bikin resep ayam goreng saos mentega tapi ya hanya mentega yang dilelehkan sih. Baca pas jam makan siang, jadi lapar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mba Al. Gurihnya juga nggak berlebihan kok :D

      Delete
  2. Simple dan cepet nih bikinnya. Pas banget buat bekel anak-anak,karena masaknya ngga lama. Udah bisa bayangin rasanya atinya yang gurih, ditambah saori saos mentega. Makannya pakai nasi anget, yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau masak pagi mesti cepet2 ya, Mba Uci :D

      Delete
  3. Wah belum nyobain nih yg saus mentega. Baru 3 yg dicobain saus teriyaki, saus tiram dan saus asam manis.

    Ooo rasanya guruh manis ya. Boleh lah dicoba. Lumayan nambah2 menu ati ampela.

    ReplyDelete
  4. Saori memang enak di mix sama bumbu lainnya untuk masakan apapun ya mbak. Rasanya jadi khas dan lebih berasa. Kayaknya buat ayam saus mentega juga enak ya mba. Lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak2 pula variant bumbunya ini Saori :D

      Delete
  5. Hoooo saori punya saus rasa mentega? Catat untuk masuk list grocery shopping...

    ReplyDelete
  6. Saori yang ini aku belum coba, tapi yang saus asam manis aku udah coba. Misal diskip tempenya tetap asik aja kali ya, cuma ati ample sama kentang gitu? Bisa dicoba ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ditukar aja Mba, karena waktu itu di kulkas yang ada tempe, ehehe...

      Delete
  7. kalau sore sore hari gitu ibuku suka banget masak ini pake tempet enak banget

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau nih, ada varian baru rasa mentega.
    Kukasi tau mamaku infonya.
    Thanks ya,kak.

    ReplyDelete
  9. Ini masakan miss Nita kayaknya bisa sambil merem melek hihihihi kakanya gampang gitu, praktis, soalnya pakai bumbu saori saos mentega dari Ajinomoto ya. Toss yuk aku juga suka pakai saori kadang yang saus tiramnya, enak yach!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masak mah yang gampil2 aje ya Mba Nurul :D

      Delete
  10. Naaah kalo ati ampelanya dimasak gini aku suka. Biasanya mba art ku cm di goreng. Kalo gt aku kurang doyan, apalagi ati nya suka amis :( . Mungkin memang hrs direbus pake bumbu2 kyk kamu ya mba.. Resepnya mau aku ksh ke mba art ku ntr :). Biar dia masak begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amis karena direbus pakai garam doang mungkin, Mba. Iya mesti pakai bumbu rempah juga :D

      Delete
  11. Aku suka dimasakin sama mbak aku kayak gini. Tempe klo sisa dibikin gini bisa cpt ludes 😀 oia aku blum pernah beli saori sachet di Alfa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pakai yang sachet aja mba, kalau masaknya nggak sering banget :D

      Delete
  12. Thanks for sharing mba, jadi tau ada saori versi saus mentega. Selama ini masih main yang saus tiram sama saus lada hitam :D

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P