Resep Kentang Hati Asam Manis

Resep Kentang Hati Asam Manis

Apa kabar, teman-teman

Masih dari edisi aneka bumbu oleh-oleh Dapur Umami, kali ini bumbu dari keluarga besar Ajinomoto yang saya masak adalah yang Saori Saus Asam Manis. Oh ya, sebelumnya saya juga udah masak Martabak Kembang Kol Saus Teriyaki yang menggunakan Saori Saus Teriyaki.



Sebelum dimasak asam manis, hati sapinya memang saya rebus dulu, biar lebih empuk dan pas digorengnya juga udah berasa bumbunya.


Yuk kita siapkan aja bahan-bahannya:

250 gram hati sapi. Bersihkan, potong dadu
1,5 -  2 gelas air (gelas belimbing)


Bumbu giling untuk merebus hati sapi:

3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 ruas ibu jari jahe

½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Bahan lainnya:

250 gram kentang. Kupas, potong dadu, aduk dengan sedikit garam
Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
½ siung bawang bombay, iris
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat merah, belah empat, iris
5 buah cabe merah, iris
5 buah cabe ijo atau cabe rawit, iris
+_ 3 sdm Saori Saus Asam Manis


Lalu ini cara memasaknya ya...

Rebus hati sapi dengan bumbu giling dan air. Rebus hingga airnya habis. Takaran airnya teman-teman bisa gunakan mulai dari 1,5 gelas. Kalau memang rasanya kurang, tambahkan aja setengah gelas lagi.

Panaskan minyak, lalu goreng kentang hingga matang. Gunakan api sedang.

Panaskan minyak, lalu goreng hati hingga matang. Gunakan api sedang aja dan jangan lupa ditutup ya, sebelum kena tembakan minyak panas, haha...

Panaskan minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan bawang bombay, daun bawang, tomat, cabe merah, dan cabe hijau / cabe rawit. Tumis hingga layu dan harum.

Masukkan Saori Saus Asam Manis, lalu aduk hingga merata.

Masukkan hati dan kentang, lalu aduk hingga merata.

Cobain dulu ya kalau mungkin teman-teman masih perlu tambahkan garam.

Saori Saus Asam Manis
Saori Saus Asam Manis
Saori Saus Asam Manis ini rasa asamnya kayak dari nanas. Asam segar, ibarat kayak menghaluskan nanas deh. Lalu ada agak manis dan gurihnya juga, serta udah ada rasa garamnya.

Makanya untuk tumisan asam manisnya nggak perlu saya tambahkan garam lagi. Nanti teman-teman tinggal sesuaikan dengan selera aja ya.

Kentang Hati Asam Manis
Kentang Hati Asam Manis 
Kentang Hati Asam Manis ini rasanya ya perpaduan asam, ada rasa agak manis, dan juga gurih. Enggak pedas, karena cabenya cuma irisan. Kalau mau pedas, teman-teman bisa tambahkan lada bubuk aja ya. Ini jadinya kurang lebih 1 mangkok sedang.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya... 

19 comments:

  1. Ini hati sapi kan mba.. Di atas kyknya ada typo, kamu tulis ada ati ayam. Eh tp kalo diganti ati ayam bisa kan yaa... Soalnya ati sapi ga gitu doyan papinya anak2 hahahaha.. Cm aku doang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hati sapi. Haha iya ada typo. Sesama hati sih yee... Makasih Mba Fanny :D

      Delete
  2. Aku blm pernah bikin pakai bawang bombay. Kayaknya lebih enak. Ada rasa2 Itali gitu ya miss 😁 paling ku bikin puyunghay deh si saoriii πŸ˜‹

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bisa nggaya aje, ditambahin bawang bombay :D

      Delete
  3. Halo mba. Aku jarang sih makan ati sapi, mba. Biasanya olahan hati dan ampela ayam, aku beli di pasar atau supermarket trus ditambahinkentang pakai bumbu balado, mba. Tapi kalau resep ini leih diutamakan ati sapi ya mba dibandingkan kentang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mba, pakai hati ayam aja. Bawang putih di rebusannya kurangin 1 :D

      Delete
  4. Saori saus asam manis memang punya rasa yang khas, saya suka. Ini jadi ga perlu nunggu lebaran ya bisa makan Kentang Hati πŸ˜€. Kalau pas punya stok mau coba resep ini ah, mudah cara memasaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kentang hati saya cukup sering juga sih masaknya :D

      Delete
  5. Ibuku jarang nih beli hati sapi, padahal kan enak

    Ooh pake saori ya. Enak ya lebih praktis. Ibuku masih belum beralih ke saori nih, masih pake resep2 lama

    ReplyDelete
  6. Wuih.. baru tahu aku saori ada varian baru.. patut di coba ini.. penasaran dengan rasa asamnya yang kayak nanas. Soalnya bikin asam manis tanpa nanas tu gimana getu.. kurang greget.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau kata saya kayak berasa nanas gitu :D

      Delete
  7. Favorit saya nih hati. Saya belum pernah nyoba pakai saori asam manis, jadi pengin nyoba. Pernah pakai saori teriyaki dan sukaaa banget. Mbak, pernah nemu saori saos mentega? Kata teman enak tapi saya ga nemu di mana-mana. Heuheu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada ya saus mentega. Nanti kalau ketemu saya mau cobain juga. Makasih mba :D

      Delete
  8. Aku juga suka pakai Saori Saus Tiram kalau masak2 di rumah, Nit. Rasanya jadi makin lezat di setiap masakan :) Enak ini, tapi aku ga suka hati sapi maupun hati binatang lainnya wkwkwkkwkw jadi kentangnya suka ditemenin udang aja :D Aku suka pakai cabe ijo gede2 juga sih.

    ReplyDelete
  9. Enyakk...nyoba ah..bumbuku msh komplit nih blm diolah😁

    ReplyDelete
  10. Iya rasa saori asam manis kayak saos nanas ya. Asamnya bukan asam jeruk melainkan asam nanas.

    Ade biasanya masak hati sapi dengan gurih santan. Pengen nyoba juga ah kalau dibuat asam manis.

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P