Resep Gabus Pucung

Cara memasak Gabus Pucung – masakan tradisional Betawi dari olahan ikan gabus dan juga pucung alias kluwek.

Gabus Pucung Masakan Betawi
Gabus Pucung
Apa kabar, teman-teman?

Dulu di dekat rumah saya ada kedai makanan Betawi, yang salah satu menu jualannya adalah Gabus Pucung. Ikan berkuah yang rasanya gurih agak pedas dan manis, bikin saya suka banget menyantap Gabus Pucung ini. Sayangnya makin ke sini, agak susah juga buat saya untuk beli matengan Gabus Pucung ini.

Cara memasak Gabus Pucung – masakan tradisional Betawi dari olahan ikan gabus dan juga pucung alias kluwek. Gabus Pucung Apa kabar,...

Resep Kalio Ayam Kurma

Cara memasak kalio ayam masakan Padang, yang dipadukan dengan potongan kentang dan juga buah kurma. Resep olahan ayam, kentang, dan juga kurma.

Resep Kalio Ayam masakan Padang
Kalio Ayam Kurma

Apa kabar, teman-teman?

Kala itu nama-nama pemenang lomba resep masakan yang diadakan oleh sebuah brand makanan siap masak, udah diumumkan. Salah satu masakan yang menjadi juaranya adalah Gulai Kurma Pakai Ayam, milik Kak Vania Samperuru. Wowww... tadinya pikir saya kalau ini merupakan Gulai Korma – semacam Opor Minang yang juga berbahan ayam. Eh ternyata ini beneran ada kurma di dalam gulai ayamnya. Waaa... buat saya ini masakan unik banget.

Cara memasak kalio ayam masakan Padang, yang dipadukan dengan potongan kentang dan juga buah kurma. Resep olahan ayam, kentang, dan juga ku...

Resep Pudding Granola Susu

Cara memasak Pudding Granola Susu. Resep olahan granola dengan campuran agar-agar dan susu.

Resep cemilan sehat
Resep Pudding Granola Susu
Apa kabar, teman-teman?

Biasanya granola memang dijadikan menu sarapan untuk disantap bersama smothies yang seger banget. Nah kalau teman-teman yang terkadang harus berangkat kerja pagi banget, mungkin jadi nggak sempat ya untuk bikin-bikin menu granola smothies ini.

Cara memasak Pudding Granola Susu. Resep olahan granola dengan campuran agar-agar dan susu. Resep Pudding Granola Susu Apa kabar, tem...

Resep Gulai Telur Tahu

Cara memasak gulai telur yang dicampur dengan tahu goreng. Resep olahan telur dan tahu goreng yang bisa jadi rekomendasi masakan harian.

Resep gulai telur masakan Padang
Gulai Telur Tahu
Apa kabar, teman-teman?

Dibanding bahan masakan lainnya, telur merupakan salah satu bahan masakan yang cukup gampang didapat. Bahkan bisa dibeli di warung, kalau lagi nggak ke tukang sayur. Begitupun dengan santannya. Pas lagi nggak ada kelapa parut, kadang saya gunakan santan instant yang dijual di warung aja. Yang penting, cabe bawang dan bumbu rempah lainnya udah tersedia di dalam kulkas.

Cara memasak gulai telur yang dicampur dengan tahu goreng. Resep olahan telur dan tahu goreng yang bisa jadi rekomendasi masakan harian. ...

Resep Daging Sapi Sambal Bajak

Cara memasak daging sapi sambal bajak. Resep olahan daging sapi yang dicampurkan dengan tahu dan terong goreng, lalu diaduk dengan sambal bajak.

Resep sambal bajak
Daging Sapi Sambal Bajak
Apa kabar, teman-teman?

Sambal bajak yang rasanya pedas manis, selain untuk dimakan dengan lalapan, juga enak untuk dicampurkan dengan lauk, terutama lauk yang digoreng. Kalau sebelumnya saya pernah bikin resep Ikan Goreng Sambal Bajak, kali ini pedas manis sambal bajak saya campurkan untuk goreng daging sapi

Mampir juga ya di: Resep Ikan Goreng Sambal bajak

Yang saya buat ini bukan dendeng sih, karena potongannya nggak pipih. Kalau teman-teman mau iris pipih ala dendeng dan digoreng garing, ini juga enak sih. Untuk variasi masakan dendeng aja, yang biasa dibalado merah maupun hijau. Oh iya sebelumnya saya juga udah nulis resep Dendeng Terong Balado Hijau.

Ada di sini yaaa...: Resep Dendeng Terong Balado Hijau

Sebelum menggoreng daging sapi, pastinya daging sapinya direbus dulu sampe empuk, biar kalau mau goreng sebentar doang juga bisa. Selain bikin cepat empuk pas lagi digoreng, daging sapi yang direbus terlebih dahulu, rasanya juga akan lebih enak, karena bumbu rempahnya yang menyerap.

Saya cuma menggunakan 250 gram daging sapi, karena mau dicampurkan dengan tahu dan terong hijau goreng juga.

Karena nggak punya panci presto, jadi saya merebusnya pake kompor aja. Ini dia yang perlu dipersiapkan:

Cara merebus daging sapi:

250 gram daging sapi, potong-potong
500 ml air
Sedikit kayu manis


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe
5 butir cengkeh

½ bulatan biji pala
Secukupnya garam


Masukkan potongan daging sapi dan 300 ml air. Rebus dengan api pelan sembari dibuang busanya, sampe airnya tinggal sedikit.

Kalau airnya masih bagus, langsung tambahkan 200 ml air sisanya dan masukkan bumbu giling serta kayu manis. Rebus kembali dengan api pelan sampe airnya tinggal sedikit.

Panaskan minyak, lalu goreng tahu hingga berkulit. Gunakan api sedang. Tahu yang saya gunakan 3 buah aja, ukuran sedang lalu dipotong dadu.

Lanjut goreng terong hingga kuning keemasan. Gunakan api sedang. Terong hijau ini saya gunakan 3 buah dan dibelah 4, lalu diaduk dengan sedikit garam.

Terakhir goreng daging sapi. Gunakan api pelan menuju sedang. Kalau mau sampe digoreng garing macam dendeng, pas udah setengah matang apinya pelan aja.

Sekarang kita siapkan bahan-bahan untuk membuat sambal bajak ya:

Cara membuat sambal bajak
Sambal Bajak
20 buah cabe merah
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih

1 buah tomat merah
1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

1 sdm kecap manis
Sedikit gula
Sedikit minyak goreng


Panaskan minyak goreng (bekas goreng daging sapi), masukkan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Goreng dengan api sedang sampe cabenya layu.

Tiriskan, lalu giling semuanya bareng terasi, jeruk nipis, dan garam. Kalau terasinya belum dipanggang, panggang dikit dulu ya.

Panaskan sedikit minyak goreng baru, masukkan gilingan sambal, tambahkan kecap, dan gula kalau memang kurang gurih. Panaskan sembari diaduk.

Campurkan goreng daging sapi, tahu, dan terong. Aduk hingga merata.

Resep sambal bajak
Daging Sapi Sambal Bajak
Sambal bajak yang saya buat ini nggak begitu pedas. Mungkin teman-teman bisa tambahkan 5 buah cabe rawit lagi kalau mau yang lebih pedas. Ini rasanya jadi gurih pedas manis. Karena pake tomat, jangan lupa untuk dipanaskan kalau udah beberapa jam.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama yang penyuka sambal bajak.  

Mampir juga ya di resep masakan goreng saya lainnya...

Cara memasak daging sapi sambal bajak. Resep olahan daging sapi yang dicampurkan dengan tahu dan terong goreng, lalu diaduk dengan sambal b...

Nyobain Mie Maggi Asam Laksa Halal Malaysia

Mie Maggi Asam Laksa – mie instant yang bisa menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Malaysia.

Mie instant Malaysia
Mie Maggi Asam Laksa
Apa kabar, teman-teman?

Yang namanya kelilingin rak supermarket maupun minimarket, salah satu yang kelihat mata itu ya mie instant. Begitupun pas lagi hunting oleh-oleh makanan di Giant Sungei Wang Plaza, mata saya pun tertuju pada deretan mie instant khas Malaysia. Sebagai penyuka mie instant, pastinya saya harus beli, haha...

Mie Maggi Asam Laksa – mie instant yang bisa menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Malaysia. Mie Maggi Asam Laksa Apa kabar,...