Resep Daging Sapi Sambal Bajak

Cara memasak daging sapi sambal bajak. Resep olahan daging sapi yang dicampurkan dengan tahu dan terong goreng, lalu diaduk dengan sambal bajak.

Resep sambal bajak
Daging Sapi Sambal Bajak
Apa kabar, teman-teman?

Sambal bajak yang rasanya pedas manis, selain untuk dimakan dengan lalapan, juga enak untuk dicampurkan dengan lauk, terutama lauk yang digoreng. Kalau sebelumnya saya pernah bikin resep Ikan Goreng Sambal Bajak, kali ini pedas manis sambal bajak saya campurkan untuk goreng daging sapi

Mampir juga ya di: Resep Ikan Goreng Sambal bajak

Yang saya buat ini bukan dendeng sih, karena potongannya nggak pipih. Kalau teman-teman mau iris pipih ala dendeng dan digoreng garing, ini juga enak sih. Untuk variasi masakan dendeng aja, yang biasa dibalado merah maupun hijau. Oh iya sebelumnya saya juga udah nulis resep Dendeng Terong Balado Hijau.

Ada di sini yaaa...: Resep Dendeng Terong Balado Hijau

Sebelum menggoreng daging sapi, pastinya daging sapinya direbus dulu sampe empuk, biar kalau mau goreng sebentar doang juga bisa. Selain bikin cepat empuk pas lagi digoreng, daging sapi yang direbus terlebih dahulu, rasanya juga akan lebih enak, karena bumbu rempahnya yang menyerap.

Saya cuma menggunakan 250 gram daging sapi, karena mau dicampurkan dengan tahu dan terong hijau goreng juga.

Karena nggak punya panci presto, jadi saya merebusnya pake kompor aja. Ini dia yang perlu dipersiapkan:

Cara merebus daging sapi:

250 gram daging sapi, potong-potong
500 ml air
Sedikit kayu manis


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe
5 butir cengkeh

½ bulatan biji pala
Secukupnya garam


Masukkan potongan daging sapi dan 300 ml air. Rebus dengan api pelan sembari dibuang busanya, sampe airnya tinggal sedikit.

Kalau airnya masih bagus, langsung tambahkan 200 ml air sisanya dan masukkan bumbu giling serta kayu manis. Rebus kembali dengan api pelan sampe airnya tinggal sedikit.

Panaskan minyak, lalu goreng tahu hingga berkulit. Gunakan api sedang. Tahu yang saya gunakan 3 buah aja, ukuran sedang lalu dipotong dadu.

Lanjut goreng terong hingga kuning keemasan. Gunakan api sedang. Terong hijau ini saya gunakan 3 buah dan dibelah 4, lalu diaduk dengan sedikit garam.

Terakhir goreng daging sapi. Gunakan api pelan menuju sedang. Kalau mau sampe digoreng garing macam dendeng, pas udah setengah matang apinya pelan aja.

Sekarang kita siapkan bahan-bahan untuk membuat sambal bajak ya:

Cara membuat sambal bajak
Sambal Bajak
20 buah cabe merah
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih

1 buah tomat merah
1 sachet terasi
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

1 sdm kecap manis
Sedikit gula
Sedikit minyak goreng


Panaskan minyak goreng (bekas goreng daging sapi), masukkan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Goreng dengan api sedang sampe cabenya layu.

Tiriskan, lalu giling semuanya bareng terasi, jeruk nipis, dan garam. Kalau terasinya belum dipanggang, panggang dikit dulu ya.

Panaskan sedikit minyak goreng baru, masukkan gilingan sambal, tambahkan kecap, dan gula kalau memang kurang gurih. Panaskan sembari diaduk.

Campurkan goreng daging sapi, tahu, dan terong. Aduk hingga merata.

Resep sambal bajak
Daging Sapi Sambal Bajak
Sambal bajak yang saya buat ini nggak begitu pedas. Mungkin teman-teman bisa tambahkan 5 buah cabe rawit lagi kalau mau yang lebih pedas. Ini rasanya jadi gurih pedas manis. Karena pake tomat, jangan lupa untuk dipanaskan kalau udah beberapa jam.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama yang penyuka sambal bajak.  

Mampir juga ya di resep masakan goreng saya lainnya...

6 comments:

  1. Nasi mana nasiii.. Masakanmu pasti deh unik unik. Baru kali ini denger sambel bajak dicampur daging, terong, tahu.. Sudah pasti enak, aku pecinta sambel dan terong haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena kalau bosen sambal balado, pakai sambal bajak aja :D

      Delete
  2. Hiks ini sih dedoyanan aku banget, sambal bajak from keluarga persambelan. Apa aja aku colekin sambel, termasuk pisang goreng.

    Aku jarang makan nasi plus sambal, tau diri bakal khilaf nambah. Lebih sering cocolin sambal ke sayuran ato lauk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa pisang goreng pun pake sambel ya mba, haha... Enak juga ya.

      Delete
  3. Sedapnyaaaa :) Misal tomat merah diganti tomat ijo, ngaruh ke rasanya ga ya? hihihi... Bahaya ini sambal bajak aja dimakan sama nasi enak banget apalagi ada dagingnya. Sama aku juga belum punya panci presto. jadi direbus biasa aja ga lama kok cepet matang. Bumbunya harus meresap dan dagingnya jadi empuk, baru diolah dibumbuin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sih gpp pake aja, cuma biasanya memang tomat ijo buat sambel ijo yang di nasi Padang, hehe...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P