Resep Hati Ampela Jagung Bumbu Kuning

Resep Hati Ampela Jagung Bumbu Kuning

Apa kabar, teman-teman?

Selain digoreng garing, hati ampela yang direbus dengan bumbu kuning, alias bumbu yang menggunakan kunyit untuk menghasilkan warna kuning, kalau buat saya sih sama enaknya. Karena minyak yang digunakan sedikit, untuk menumis aja, hati ampela yang saya masak ini rasanya jadi lebih segar. Ditambah dengan jagung, jadi makin mantap pastinya.

Terkadang saya menggunakan hati ayam berikut ampelanya, tapi sering juga cuma hati ayamnya aja. Tergantung yang ada di tukang sayurnya aja sih. Biasanya, hati ampela memang dijual dengan jantung juga ya. Tapi ada juga yang menjual dengan lemak yang udah dibersihkan dan jantungnya terpisah.


Hati ampela yang kualitasnya baik, pastinya ini yang kita pilih ya. Kalau yang saya baca di web-nya food.detik.com, untuk memilih hati ampela yang masih bagus itu, pilihlah yang masih utuh, permukaannya juga halus, dan warnanya pun merata.

Kalau hati ampela yang warnanya udah kehitaman, permukaannya udah nggak lagi rata dan gelap, ini berarti udah nggak baik untuk kita gunakan, karena bisa menandakan kalau hati ampelanya berasal dari ayam yang sakit. Uww... serem juga ya.

Pastikan hati ampela udah dicuci bersih sebelum dimasak. Yeps, kurang lebih segini tips singkat untuk membeli hati ampela yang sehat.

Resep Hati Ampela Jagung Bumbu Kuning
Resep Hati Ampela Jagung Bumbu Kuning


Cara membuat hati ampela jagung bumbu kuning, yuk sekarang kita mulai siapkan bahan-bahannya:


5 pasang hati ampela atau 10 pasang hati ayam
7 buah jagung muda, iris menyerong
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
5 buah cabe merah, iris
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat, belah empat, iris
1 sdt gula
Sedikit minyak goreng

2 lembar daun salam
2 gelas air (gelas sedang)


Bumbu giling untuk merebus hati ampela:

4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini cara memasak hati ampela jagung bumbu kuning ya...


Rebus hati ampela dengan bumbu giling, daun salam, dan 2 gelas air hingga empuk. Gunakan api sedang.

Saring rebusan hati ampela. Potong-potong hati ampela.

Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.

Masukkan daun bawang, tomat, cabe, dan daun salam. Tumis hingga harum.

Masukkan secukupnya bumbu kaldu, lalu aduk hingga merata.

Masukkan jagung, masak hingga empuk sembari ditutup. Gunakan api sedang aja.

Menjelang matang, masukkan potongan hati ampela dan juga gula. Aduk hingga merata.


Cara masaknya juga bisa dilihat di video ini ya...


Kalau ada sisa kuah kaldunya, bisa disimpan di freezer untuk digunakan pada masakan yang lain, yang butuh kuah kaldu.

Hati Ampela Jagung Bumbu Kuning ini rasanya gurih rempah dan enggak pedas, karena cabe yang digunakan cuma cabe merah dan diiris aja. Kalau teman-teman mau yang lebih pedas, bisa ditambahkan irisan rawit hijau atau merah aja ya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...

14 comments:

  1. Jagungnya bisa diganti yg lain? Buncis ato wortel?
    Karena kebetulan jagung bukan favorit saya

    kakve-santi(dot)blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuker aja sama yang doyan, Mas, haha...

      Delete
  2. Ohh, jadi hatinya direbus sama bumbu juga ya, Miss. Jadi bumbunya lebih meresap. Kalau saya biasanya pakai garam sama jahe aja buat ngilangin amisnya. Oke oke, akan saya coba cara dari Miss Nita ini. Ditambahin daun bawang mungkin juga oke ya, Haduhhh dasar penggemar daun bawang, wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih enak direbus bumbu gini Buk Naj :D

      Delete
  3. Ibuku nggak pernah ngolah kayak gini sih. Palingan ya ati ampela dibumbu kecap. Nggak pernah dicampur sama sayur. Nggak kepikiran sih sayur apa yang cocok buat ati ampela kayak gini. Rupanya jagung kecil2 ini cocok juga ya, hahaha

    nanti bikin aaaah
    💕

    ReplyDelete
  4. Favoritku. Apalagi pake irisan abe ijo. Mantap.

    ReplyDelete
  5. Tumben nemu ampela digabung sama jagung. Nanti masak ah biar tau rasanya

    ReplyDelete
  6. Hati ampela biasanya aku masak pakai kentang, mba. Mau nyoba ah ama jagung. Kalau jagung paling sering ya aku masak untuk capcay. Tapi penasaran juga ama resep ini :)

    ReplyDelete
  7. Biasanya masak ampela sama kentang, kalau sama jagung penasaran juga ini..

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)