Resep Buncis Kornet Bumbu Petis

Resep Buncis Kornet Bumbu Petis

Apa kabar, teman-teman

Bumbu petis yang rasanya gurih dan agak manis, memang enak untuk dicampurkan ke dalam berbagai masakan yang saya buat. Salah satunya adalah untuk olahan buncis dan juga kornet. Oh ya, sebelumnya saya juga udah nulis tentang olahan petis yang saya masak bareng nugget dan juga jagung muda.

Mari mampir juga ya di -> Resep So Good Nugget Jagung Kuah Petis

Sebelum mencatat bahan-bahan dan juga cara memasaknya, saya mau bahas sedikit dulu ya tentang manfaatnya menyantap buncis untuk kesehatan kita. Infonya saya dapat dari Wikipedia. Kalau ada info lainnya, teman-teman juga bisa share aja ya, biar kita sama-sama menambah wawasan.

Saya pun baru kalau kata “buncis” ini berasal dari bahasa Belanda yaitu “boontjes”. Tapi kata boontjes ini sebutan untuk kacang-kacangan secara umum. Pada tanaman buncis, baik buah, biji, dan juga daunnya bisa diolah untuk menjadi sayuran.

Buncis ini merupakan makanan yang banyak mengandung protein dan juga vitamin. Sayuran yang berasal dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan ini, bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, buncis juga bisa mengawal metabolisme gula dalam darah. Makanya buncis baik untuk disantap oleh mereka yang terkena diabetes dan juga hipertensi.

Udah gitu, kandungan serat dan juga enzim pada buncis, bisa juga untuk membantu program diet. Nah ketimbang ngeluh mulu gagal diet tiap abis makan, hahah... mending makannya pakai buncis aja.

Iyess, ini kurang lebih info yang saya baca dari Wikipedia tentang buncis dan juga manfaatnya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahan memasaknya. Kali ini cukup tabur dan iris aja kok, nggak pakai ngulek, haha...

Cara membuat buncis kornet bumbu petis, ini bahan-bahan yang perlu disiapkan:

+_ 15 batang buncis, potong-potong
½ kaleng kecil kornet atau bisa diganti dengan 100 gram daging cincang
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris

5 buah cabe merah, iris
1 buah tomat merah, belah 4, iris

½ sdt lada bubuk
1 sdm petis udang
1 gelas air (gelas sedang)

1 sdt gula
Sedikit garam


Lalu ini cara memasak buncis kornet bumbu petis ya...


Panaskan minyak goreng, lalu goreng bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.

Masukkan daun bawang, cabe merah, dan tomat. Tumis hingga harum.

Masukkan lada bubuk dan juga petis. Aduk hingga merata.

Masukkan air, didihkan sembari diaduk.

Masukkan kornet, aduk hingga merata.

Masukkan buncis, masak hingga empuk dan ditutup. Gunakan api sedang aja.

Menjelang matang, masukkan gula, aduk hingga merata.

Cobain dulu ya rasanya, baru ditambahkan sedikit garam.

Resep Buncis Kornet Bumbu Petis
Buncis Kornet Bumbu Petis

Cara memasaknya juga bisa disimak ya di video masak yang saya buat ini...


Kornet dan juga bumbu petis udah punya rasa garam dan juga gurih. Ini makanya penggunaan garamnya belakangan aja pas udah dicobain dulu. Rasanya nggak pedas dan gurih agak manis khas bumbu petis. Jadinya kurang lebih 1 mangkok.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan semoga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...

5 comments:

  1. Aku jujur ga doyan buncis hehe padahal manfaatnya oke ya miss btw miss itu pas bahan-bahannya kurang gram y?100 gram daging cincang kan?

    ReplyDelete
  2. belum pernah coba masak pake petis, takut salah masaknya karena nyoba petis pun jarang

    ReplyDelete
  3. petis klo yg orang jatim suka pake ya mba? aku nggak kpikiran nyampurnya hihi.. buncis suka klo tumis pedas enaaak. Wah ini aliran baru nih^^ bisa dicobain

    ReplyDelete
  4. Saya blm pernah ngrasain yg namanya petis😂 tapi ini kayaknya enak jadi pingin coba bikin juga.

    ReplyDelete
  5. mbaaaa aku suka banget sama petis huahaha fix mau coba banget nih resepny!

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)