#iLotteHangout : Belajar Motret Makanan Bareng iLotte Online Mall, Grom Gelato, dan Sigma Photo

Lotte Avenue Kuningan

Apa kabar, teman-teman?

Kalau pada #iLotteHangout sebelumnya, saya udah ikutan cooking class. Rabu pagi menjelang siang, 8 Agustus 2018, kembali saya dan teman-teman bloggers ikutan #iLotteHangout, yang kali ini temanya adalah food photography class bersama Mas Antonius Adisubroto, dengan akun IG-nya @coolineran.


Uwww... pastinya saya seneng banget ada kesempatan untuk belajar motret makanan dari sang mastah.

Delicioushoot with Grom, Supported by Sigma. Ini merupakan tema acaranya, yang diadakan oleh iLotte Online Mall, bersama Grom Gelato dan juga Sigma Photo. Yuk mari kita kenalan dengan ketiganya...


iLotte Online Mall

Pic: www.ilotte.com
Bagi kita-kita yang suka belanja online, kualitas suatu produk yang benar-benar sama seperti yang ada di katalog, proses pengiriman serta pembayaran yang mudah, dan tentunya bertabur diskon, haha... Ini kan ya biasanya yang kita cari. Di www.ilotte.com kita-kita bisa dapetin semuanya nih.

Adanya poin-poin juga makin melengkapi serunya belanja di iLotte online mall ini. Untuk sharing lengkapnya, udah saya tulis ya di -> iLotte Online Mall


Grom Gelato

Lotte Avenue Kuningan
Grom Gelato - #iLotteHangout
Lanjut kami pun berkenalan dengan Grom Gelato, sebuah gerai gelato yang ada di Lotte Shopping Avenue, Kuningan.

Gelato, atau dalam bahasa Italia disebutnya Congelati yang artinya beku, bisa juga diartikan es krim. Tapi pada prosesnya, gelato dan juga sorbet ini berbeda dengan es krim.

Karena pada proses pembuatannya menggunakan cara mengaduk yang lambat, jadi gelato memang terlihat lebih kental. Selain itu yang penting neh... gelato lebih rendah lemak ya, haha... Untuk yang lagi program diet, cuss dah... Apalagi yang sorbetnya.

Grom merupakan gerai gelato milik Federico Grom dan Guido Martinetti, yang keduanya merupakan orang Italia. Sejak tahun 2003 sampai sekarang, Grom Gelato udah ada di beberapa negara, dan salah satunya ada di Indonesia juga, yaitu di Pasific Place, Lotte Shopping Avenue, dan juga Plaza Senayan. Moga nanti Grom juga buka di berbagai daerah ya...

Selain ada gelato dan juga sorbetto, di Grom juga ada pilihan lainnya, yaitu affogato, hot chocolate, shake, dan juga Granita Siciliana.

Il Gelato Come Una Volta, ini merupakan tagline dari Grom yang artinya merupakan gelato yang sesungguhnya. Jadi gelato di Grom ini memang menggunakan raw materials dari organic farm.

Apa gelato menggunakan gelatin? Pastinya enggak, karena bahan bakunya hanya dari tumbuhan.

Nggak cuma bahan gelato dan juga sorbetnya aja yang dijaga kualitasnya. Untuk cup dan juga sendoknya pun, kalau di Grom memang menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai. Uwww cakep deh, tetap peduli lingkungan ya.

Organik, natural, dan tanpa bahan pengawet. Tentu bisa menjadi alasan untuk kongkow seru-seruan di Grom. Etapi kalau pingin menikmati gelato dan juga sorbetnya Grom cukup dari rumah atau tempat kerja, di Grom juga ada paket berlangganannya nih.

Jadi cukup dengan mengisi form di outlet Grom, nanti akan dikirim deh gelatonya ke alamat tujuan. Biayanya udah termasuk service dan juga transport nih. Untuk info lengkapnya, bisa tanya-tanya di akun Instagramnya Grom aja ya...




Sigma Photo


Pic : www.ilotte.com
Bagi penyuka dunia fotografi yang suka shopping lensa dan sebagainya, bisa intip-intip nih di www.ilotte.com. Karena di sini, ada beberapa produk yang lagi diskon juga. Langsung aja ya ceki-ceki di web-nya iLotte.


Food Photography Bersama Mas Anton @coolineran

Mas Anton @coolineran - #iLotteHangout
Setelah berkenalan dengan 3 brands kece, saatnya kami nyimak cara memotret makanan dari Mas Anton. Selain menjadi food photographer, Mas Anton juga founder dari @kencanrasa, sebuah komunitas memotret.

Kami pun dijelaskan, kalau dalam dunia food photography itu ada yang namanya food still dan juga food lifestyle. Bedanya adalah... kalau food still itu sebuah foto makanan (aja). Sedangkan kalau food lifestyle itu misalnya dalam foto itu ada tangan yang lagi memegang sendok, atau lagi menggenggam cangkir kopi. Jadi ada orang yang terlibat di dalam foto.


Lalu apa aja sih yang biasanya diperhatikan sebelum memotret?

Shape: Jadi fotonya itu mau dalam bentuk square, landscape, atau portrait.

Colour: Pengaturan warna yang digunakan.

Texture: Misalnya mau motret kopi atau makanan hot plate yang pas masih berasap, ini propertinya disiapkan dulu. Kalau udah beres, baru deh ditarok.

Light: Pakai cahaya matahari atau lampu tambahan. Lalu bisa pakai 1 atau 2 sumber. Cahaya dari depan / belakang / samping / atas. Cahaya langsung atau pantulan. Serta cahaya lembut atau keras.

Soil or Liquid: Makanan yang dalam bentuk padat atau cair, tekhnik motretnya juga beda. Misalnya kayak motret es krim, ini nggak bisa kelamaan juga, keburu leleh. Jadi setelah properti siap, barulah es krim ditarok.


Lanjut, kami pun dijelaskan tentang angle foto. Ada 3 angle yang biasanya digunakan, yaitu:

Top angle: Memotret dari atas. Ini biasanya digunakan ketika makanan yang mau difoto itu banyak dan mesti tampil semua.

45 degree and Eye Level: Keduanya ini digunakan ketika pingin memotret fokus di 1 makanan aja.


Lalu tentang kompisisi. Ini juga bagian dari styling. Jadi mana object yang 100% masuk dalam foto, mana yang sebagian, dll.

Dan pastinya... enjoy the process. Mereka yang hasil motretnya bagus-bagus tentu dari hasil belajar yang terus menerus juga.


Selesai menyimak penjelasan dari Mas Anton, saatnya kami praktek, yeayyy... Grom gelato dan juga sorbet pun siap dibagikan. Kami kan duduk berhadapan, jadi masing-masing bisa motret 2 gelato yang disajikan. Plus jadi bisa saling icip juga deh, haha...


Lotte Avenue Kuningan
Grom gelato - #iLotteHangout
Ini dia gelato yang dapat, rasa cokelat dan juga vanilla choco chips. Ini rasa cokelatnya  premium banget. Lalu untuk choco chips di vanilla-nya juga cukup banyak. Rasa cokelat premium juga ini.

Lotte Avenue Kuningan
Grom gelato - #iLotteHangout
Nah kalau ini gelato-nya Bena. Rasa strawberry dan juga vanilla choco chips. Strawberry-nya nggak kelewat asam sih dan fresh banget.

Selesai cekrek-cekrek dan juga mamam gelato, saatnya pengumuman 3 best IG. Acara pun ditutup dengan foto bareng. Lalu kami makan siang bareng di lantai atas.

Makasih banyak ya iLotte Online Mall, Grom Gelato, Sigma Photo, dan pastinya Mas Anton @coolineran yang udah ngadain #iLotteHangout. Moga makin sukses untuk hang out berikutnya dengan tema yang pastinya bakalan lebih seru nih.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga banyak rekomendasi yang didapat ya...


Thanks a lot for the day:
@ilotte_id
@sigmaind
@manfrotto.id
@peakdesignind

#iLotteHangout
#iLottexSigmaxGrom
#Grom_Gelato
#SigmaIndonesia
#iLotteHangoutGathering

8 comments:

  1. Serunya bisa belajar foto sekaligus menikmati gelato, tips fotonya mantep nih jadi pengen ikutan :D

    ReplyDelete
  2. Icip-icip gelato hanyalah bonus plus ini.
    Ilmu pepotoannya juara banget ituh.

    ReplyDelete
  3. Wooow Grom Gelato diciptakan alami ga pake gelatin, dari tumbuhan ya termasuk materialnya. Jadi bener2 detil dan eksklusif nih es lembut yg tentu berbeda dg es krim biasa. Gelato aku suka karena cocok buat diet wkwkwkwk. Rasanya macem2 ya. Btw seru banget belajar motret sama MAs Anton. Ternyata bemacam2 jenis pengambilan gambar ya. Kudu dilatih terus biar makin keren hsl fotonya nih, Miss Nita. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto diriku nggak maksimal di sini karena kejar2an dengan gelatonya yang udah mau meleleh, haha...

      Delete
  4. Asyik banget ya mba, saya juga pengen belajar memotret produk dengan baik.
    Blogger memang kudu pandai memotret juga :)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)