Resep Gulai Nangka Ayam

Gulai Cubadak Masakan Padang

Apa kabar, teman-teman?

Adakah teman-teman yang senang menyantap ketupat masakan Padang? Biasanya selain gulai pakis, gulai nangka juga menjadi salah satu menu sayurannya. Selain untuk disantap dengan ketupat, gulai nangka juga enak untuk sebagai teman penyantap nasi.


Mampir juga ya di -> Resep Ayam Bumbu Age 


Karena untuk makan nasi, jadi kuah gulainya dibuat secukupnya, yaitu menggunakan 1,5 liter santan aja. Kalau untuk takaran ketupat, nanti saya tulis di bagian bawah ya...

Oh ya, resep dasar gulai nangka ini saya ambil dari web saribundo.biz, tapi ada yang ubah sedikit ya tanpa mengurangi resep dasarnya.

Cara membuat Gulai Cubadak alias Gulai Nangka Ayam Masakan Padang:

1 ekor ayam
250 gram nangka muda
1 buah kelapa parut

1,5 liter air (takaran air 200 gram +_ 1 gelas sedang)
2,5 sdm cabe giling (kurang lebih 20 buah cabe merah)
10 buah cabe rawit hijau, belah dua

2 batang serai, geprek
3 lembar daun salam
5 - 8 lembar daun jeruk

1,5 lembar daun kunyit, iris tipis
1 ruas lengkuas, geprek
1 buah asam kandis
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

15 siung bawang merah
4 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasak Gulai Nangka Ayam ya...

Rebus nangka hingga ½ empuk.

Siapkan santan. Letakkan kelapa parut pada sebuah wadah. Tuang air sebanyak 500 ml. Peras santan lalu saring. Ulangi 2x lagi. Jadi total santan ada 1,5 liter.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling beserta cabe giling, rawit, serai, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, dan lengkuas. Tumis hingga harum.

Masukkan santan, didihkan sembari sering-sering diaduk biar santannya nggak menggumpal. Gunakan api sedang aja.

Kurang lebih 10 menit setelah mendidih, masukan ayam, masak dengan sesekali kuah gulai diaduk. Gunakan api sedang.

Setelah ayamnya udah setengah empuk, masukkan nangka. Masak hingga nangkanya empuk. Gunakan api sedang aja dan sesekali diaduk.

Menjelang matang, masukkan asam kandis.

Gulai Cubadak Masakan Padang
Gulai Nangka Ayam 
 Memasak gulai dengan santan yang didihkan dulu hingga benar-benar mendidih, ini yang bikin kuah gulai jadi terlihat kental. Gulai Nangka Ayam yang saya masak ini rasanya nggak begitu pedas. Teman-teman bisa atur aja ya penggunaan cabenya.

Gulai Cubadak Masakan Padang
Ketupat Gulai Nangka Ayam
Kalau untuk sayur ketupat, biasanya untuk makan 10 ketupat, saya menggunakan 1,5 – 2 kelapa parut dengan air sebanyak 3 liter. Perasnya dibagi menjadi 3x aja airnya.

Bumbu gilingnya nggak perlu saya tambah lagi. Tapi kalau yang teman-teman coba rasanya kurang gurih, bumbu gilingnya bisa ditambah setengah porsi lagi lalu ditumis terpisah, setelah harum lantas dicampurkan ke kuah gulai.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

12 comments :

  1. Aihh enak banget neh gulai nangka, kalau dipakai buat jantung pisang di potong-potong besar bisa juga kali ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya saya belum pernah nyoba masak gulai jantung pisang, haha... Padahal ini enak banget ya, kak :D

      Delete
  2. Pakai asam kandis rasanya kaya sayur padang. Menu lengkap sayur dan lauk protein. Jadi lebaran deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((kayak sayur padang))) dirimu baca nggak sih Mpo tulisan ini, hahahah...

      Delete
  3. Ini selalu ada tiap lebaran di rumahku pas msh di medan :). Lontong tanpa gulai nangka ayam gini ga lengkap. . Tp sjk nikah ama org solo, lauk ketupatnya beda :p. Ga ada gulai ayam nangka, jd buatku sbnrnya ga terlalu mantep :p. Kgn ihhh :(. Sik yooo, mau aku coba, semoga sukses kalo bikin sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu Sumatera mah mirip2 ya, Mba, haha... Mba Fanny Medannya lebih ke Melayu sih ya, jadi masakan Mama juga banyak yang sama.

      Delete
  4. Oh jadi kalau di sana namanya gulai nangka ya mba nita, alias dari nangka muda. Di tempat saya jawa timur namanya sayur tewel, ya nangka muda itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih enak memang pakai nangka yang agak muda :D

      Delete
  5. Untuk gulai baru daging, daun singkong dan ikan. Kemarin bikin gulai daging. Kalau gulai nangka waktu makan di rumah makan Padang. Gulai ayam yang belum pernah nyoba. Kayaknya enak juga ya.

    ReplyDelete
  6. Gulai nangka ayam masakan Padang ini ternyata namanya Cubadak ya hihihi aku baru ngeh :) Pas banget looh paduan ayam dan nangkanya. Ini pakai santan totalnya 1,5 liter aja cukup ya. Btw ditambah jahe juga biar harum hhmmm... Cocok buat acara2 formal ya tinggal selera mau nasi atau ketupat. Echo maricho! :)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)

Copyright © food @nitalanaf. Made with by OddThemes