Resep Gulai Nangka Ayam

Gulai Cubadak Masakan Padang

Apa kabar, teman-teman?

Adakah teman-teman yang senang menyantap ketupat masakan Padang? Biasanya selain gulai pakis, gulai nangka juga menjadi salah satu menu sayurannya. Selain untuk disantap dengan ketupat, gulai nangka juga enak untuk sebagai teman penyantap nasi.


Mampir juga ya di -> Resep Ayam Bumbu Age 


Karena untuk makan nasi, jadi kuah gulainya dibuat secukupnya, yaitu menggunakan 1,5 liter santan aja. Kalau untuk takaran ketupat, nanti saya tulis di bagian bawah ya...

Oh ya, resep dasar gulai nangka ini saya ambil dari web saribundo.biz, tapi ada yang ubah sedikit ya tanpa mengurangi resep dasarnya.

Cara membuat Gulai Cubadak alias Gulai Nangka Ayam Masakan Padang:

1 ekor ayam
250 gram nangka muda
1 buah kelapa parut

1,5 liter air (takaran air 200 gram +_ 1 gelas sedang)
2,5 sdm cabe giling (kurang lebih 20 buah cabe merah)
10 buah cabe rawit hijau, belah dua

2 batang serai, geprek
3 lembar daun salam
5 - 8 lembar daun jeruk

1,5 lembar daun kunyit, iris tipis
1 ruas lengkuas, geprek
1 buah asam kandis
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

15 siung bawang merah
4 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasak Gulai Nangka Ayam ya...

Rebus nangka hingga ½ empuk.

Siapkan santan. Letakkan kelapa parut pada sebuah wadah. Tuang air sebanyak 500 ml. Peras santan lalu saring. Ulangi 2x lagi. Jadi total santan ada 1,5 liter.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling beserta cabe giling, rawit, serai, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, dan lengkuas. Tumis hingga harum.

Masukkan santan, didihkan sembari sering-sering diaduk biar santannya nggak menggumpal. Gunakan api sedang aja.

Kurang lebih 10 menit setelah mendidih, masukan ayam, masak dengan sesekali kuah gulai diaduk. Gunakan api sedang.

Setelah ayamnya udah setengah empuk, masukkan nangka. Masak hingga nangkanya empuk. Gunakan api sedang aja dan sesekali diaduk.

Menjelang matang, masukkan asam kandis.

Gulai Cubadak Masakan Padang
Gulai Nangka Ayam 
 Memasak gulai dengan santan yang didihkan dulu hingga benar-benar mendidih, ini yang bikin kuah gulai jadi terlihat kental. Gulai Nangka Ayam yang saya masak ini rasanya nggak begitu pedas. Teman-teman bisa atur aja ya penggunaan cabenya.

Gulai Cubadak Masakan Padang
Ketupat Gulai Nangka Ayam
Kalau untuk sayur ketupat, biasanya untuk makan 10 ketupat, saya menggunakan 1,5 – 2 kelapa parut dengan air sebanyak 3 liter. Perasnya dibagi menjadi 3x aja airnya.

Bumbu gilingnya nggak perlu saya tambah lagi. Tapi kalau yang teman-teman coba rasanya kurang gurih, bumbu gilingnya bisa ditambah setengah porsi lagi lalu ditumis terpisah, setelah harum lantas dicampurkan ke kuah gulai.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

1 comment:

  1. Xixixi kalau ingat kata cubadak, jadi inget dulu pertama kali mama mertua ajak makan di resto padang. Trus nanya, "ade mau makan pakai cubadak?" Dulu pas belum tau mikirnya.. apa tuh? Masakan daging badak? Pas tau cubadak itu apa jadi ngakak sendiri.

    Btw, ayamnya ga digoreng lagi ya? Ade diajarinnya sebelum dicemplungin ke sayur, di goreng setengah matang dulu, biar pas direbus ayamnya ga mudah hancur.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P