Resep Sayur Rebus Kembang Kol Kuah Tomat

Cara memasak sayur rebus kembang kol kuah tomat

Apa kabar, teman-teman?

Adakah teman-teman yang juga penyuka kembang kol? Selain enak, entah untuk di capcay, digoreng tepung, maupun dimasak sayur rebus macam yang saya buat, kembang kol ternyata juga banyak manfaatnya ya. Salah satunya, low carbo pada kembang kol bisa menjadikan sayuran ini sebagai pilihan menu diet.


Kembang kol bisa membantu untuk menurunkan berat badan? Iyess, kalau yang saya baca di www.alodokter.com, kembang kol memang punya unsur serat yang tinggi. Ini yang bisa membantu tubuh jadi tetap kenyang dan nggak kekurangan nutrisi.

Selain itu, pada kembang kol juga ada unsur pelawan kanker, folat, serta vitamin C yang juga bisa membantu penurunan berat badan.

Dalam 100 gram kembang kol, ini terdapat 15% kandungan vitamin K. Jadi bagus juga untuk menjaga kesehatan tulang ya.

Kembang kol juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan. Untuk yang susah BAB, nah bisa dicoba nih. Dan ternyata, kembang kol juga bisa untuk membantu meningkatkan daya ingat, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan sensivitas insulin, serta mencegah dari risiko penyakit jantung dan juga diabetes.

Uwww, banyak juga ya manfaatnya. Begitu yang saya baca di web-nya. Bagi yang benar-benar lagi program diet atau lagi mengurangi asupan minyak dan juga santan, sayur rebus kembang kol yang dimasak dengan kuah tomat, mungkin bisa jadi pilihan teman-teman ya. Untuk menu anak pun juga mungkin akan disukai anak-anak.

Oh iya, kalau kuah tomat yang saya buat ini memang dicampurkan 1 buah wortel juga. Jadi teman-teman tinggal sesuaikan aja ya.

Cara membuat Sayur Rebus Kembang Kol Kuah Tomat, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 bonggol sedang kembang kol, potong-potong
2 buah tomat, potong-potong
1 buah wortel, kerik, potong-potong

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 batang daun bawang, iris

1 batang daun seledri, iris
5 buah cabe merah, iris
2 gelas air

Secukupnya garam
1 sdt gula

Lalu ini ya cara memasak Sayur Rebus Kembang Kol Kuah Tomat:

Rendam kembang kol dengan air dan juga garam selama beberapa menit. Ini kalau misalnya ada ulat, jadi bisa keluar. Kalau saya merendamnya dengan air hangat.

Blender tomat dan wortel hingga halus banget. Kulit tomatnya nggak perlu dikupas dan memang kedua sayuran ini nggak perlu direbus dulu.

Masukkan pada wadah: blenderan tomat dan wortel, bawang merah, bawang putih, daun bawang, seledri, cabe merah, air, dan garam. Didihkan.

Masukkan kembang kol, masak hingga empuk. Gunakan api sedang.

Menjelang matang, masukkan gula.

Menu diet
Sayur Rebus Kembang Kol Kuah Tomat
Karena pakai kuah tomat, jadi rasanya ya asam segar. Dicampur wortel, kuahnya jadi ada perpaduan rasa wortelnya. Tomat juga salah satu sayuran yang bisa bikin tubuh tetap kenyang.

Sebelum ini pernah saya masak sup tomat juga, cuma dengan bawang dll yang ditumis dulu alias menggunakan minyak ya. Ada yang berkomen, “Kok masakannya nggak kayak yang di google, dengan warna yang cukup merah.”

Yang pertama, karena ini masakan saya, bukan masakan google, haha... Lalu yang kedua, karena ini memang nggak pakai tambahan saus tomat, jadi warnanya memang asli tomat dan wortel aja.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya...

nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.