Resep Sayur Rebus Kembang Kol Kuah Tomat

Cara memasak sayur rebus kembang kol kuah tomat

Apa kabar, teman-teman?

Adakah teman-teman yang juga penyuka kembang kol? Selain enak, entah untuk di capcay, digoreng tepung, maupun dimasak sayur rebus macam yang saya buat, kembang kol ternyata juga banyak manfaatnya ya. Salah satunya, low carbo pada kembang kol bisa menjadikan sayuran ini sebagai pilihan menu diet.


Kembang kol bisa membantu untuk menurunkan berat badan? Iyess, kalau yang saya baca di www.alodokter.com, kembang kol memang punya unsur serat yang tinggi. Ini yang bisa membantu tubuh jadi tetap kenyang dan nggak kekurangan nutrisi.

Selain itu, pada kembang kol juga ada unsur pelawan kanker, folat, serta vitamin C yang juga bisa membantu penurunan berat badan.

Dalam 100 gram kembang kol, ini terdapat 15% kandungan vitamin K. Jadi bagus juga untuk menjaga kesehatan tulang ya.

Kembang kol juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan. Untuk yang susah BAB, nah bisa dicoba nih. Dan ternyata, kembang kol juga bisa untuk membantu meningkatkan daya ingat, serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan sensivitas insulin, serta mencegah dari risiko penyakit jantung dan juga diabetes.

Uwww, banyak juga ya manfaatnya. Begitu yang saya baca di web-nya. Bagi yang benar-benar lagi program diet atau lagi mengurangi asupan minyak dan juga santan, sayur rebus kembang kol yang dimasak dengan kuah tomat, mungkin bisa jadi pilihan teman-teman ya. Untuk menu anak pun juga mungkin akan disukai anak-anak.

Oh iya, kalau kuah tomat yang saya buat ini memang dicampurkan 1 buah wortel juga. Jadi teman-teman tinggal sesuaikan aja ya.

Cara membuat Sayur Rebus Kembang Kol Kuah Tomat, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 bonggol sedang kembang kol, potong-potong
2 buah tomat, potong-potong
1 buah wortel, kerik, potong-potong

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 batang daun bawang, iris

1 batang daun seledri, iris
5 buah cabe merah, iris
2 gelas air

Secukupnya garam
1 sdt gula

Lalu ini ya cara memasak Sayur Rebus Kembang Kol Kuah Tomat:

Rendam kembang kol dengan air dan juga garam selama beberapa menit. Ini kalau misalnya ada ulat, jadi bisa keluar. Kalau saya merendamnya dengan air hangat.

Blender tomat dan wortel hingga halus banget. Kulit tomatnya nggak perlu dikupas dan memang kedua sayuran ini nggak perlu direbus dulu.

Masukkan pada wadah: blenderan tomat dan wortel, bawang merah, bawang putih, daun bawang, seledri, cabe merah, air, dan garam. Didihkan.

Masukkan kembang kol, masak hingga empuk. Gunakan api sedang.

Menjelang matang, masukkan gula.

Menu diet
Sayur Rebus Kembang Kol Kuah Tomat
Karena pakai kuah tomat, jadi rasanya ya asam segar. Dicampur wortel, kuahnya jadi ada perpaduan rasa wortelnya. Tomat juga salah satu sayuran yang bisa bikin tubuh tetap kenyang.

Sebelum ini pernah saya masak sup tomat juga, cuma dengan bawang dll yang ditumis dulu alias menggunakan minyak ya. Ada yang berkomen, “Kok masakannya nggak kayak yang di google, dengan warna yang cukup merah.”

Yang pertama, karena ini masakan saya, bukan masakan google, haha... Lalu yang kedua, karena ini memang nggak pakai tambahan saus tomat, jadi warnanya memang asli tomat dan wortel aja.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya...

16 comments:

  1. Boleh jg nih buat variasi menu di rumah kadang bosen itu2 aja

    ReplyDelete
  2. Seger nih kalo kuah tomat.
    Aku pernah nyoba kembang kol yg digoreng tepung, krn liat kakakku dulu bikin. Ternyata enak juga, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembang kol goreng waktu itu saya bikin pas mainan tepung bumbu, haha...

      Delete
  3. mbaaaaa rikwes resep dong yang kembang kol dijadiin pengganti nasi alias cauliflower rice hehehehe
    (gatau diri ya muncul-muncul rikwes)

    btw aku bikin sup tomat juga nggak suka yang sampe merah, cukup orange aja kuahnya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa ntar deh saya baca2 infonya. Waktu itu pernah dengar ttg ini di TV tapi cuma sekilas, haha... Makasih banyak ya, Mba :D

      Delete
  4. ooh... bawang dan cabe merahnya gak ditumis dulu ya, langsung direbus gitu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini untuk menu yang bener2 no minyak mba, hehe... Kalau mau ditumis dulu juga akan lebih enak pastinya :D

      Delete
  5. Naaaah, ini dia yang mestinya rajin2 aku santap ya, Miss Nita! Kembang kol mengandung Vitamin K bagus buat kesehatan tulang. Udah gitu low carbo hhhmm, aku kan lagi usaha nurunin berta badan hiks skrg ndut :( Aku biasanya bikin capcay. Pake bakso, wortel, buncis plus jamur. Ditambahin lada bubuk makin lezaaat deh. Ini resepnya mau aku coba ah buat weekend besok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. It works enough, Mba Nurul. Dengan nasi yg cukup 1 sendok nasi + plus sayur kembang kol ini setengah piring, dan lauk ya yang sebisa mungkin no minyak juga (macam panggang atau tumis dg sedikit minyak kan), kenyang juga sampai menuju jam makan selanjutnya. Kenyang dan nggak begah, haha...

      Delete
    2. Oh noooooo! Masa nasinya cuma 1 sendok? Hahahaha kaboooooorrr daku ga bisa kayaknya hahahha. Yang penting aku kurangin aja porsi nasinya tapi banyakin kembang kolnya deh : Aku tambahin suwiran ayam dan cabe rawit orens pasti enak yah :) Hhhmm... :D

      Delete
    3. Haha diriku kalau makan memang cuma 1 cengtong nasi aja...

      Delete
  6. Kembang kol dan brokoli. . Itu kesukaanku banget. Gara2 pas kecil dulu slalu dibilang kalo 2 sayur itu bisa bikin pinter :D. Resepnya bolehlah utk alternatifku masak kembang kol mba. Biasanya cm di capcay doang :p. Bosen juga

    ReplyDelete
  7. Wooow baru tau kalau kembang kol bisa buat nurunin BB. Kayaknya besok2 mama ayu dipesenin belanja kembang kol nih. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nurunin BB nya karena kaya serat dan bikin kenyang :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)