Resep Sayur Rebus Okra Merah Jamur Enoki Saus Tiram

Cara memasak sayur rebus okra merah jamur enoki saus tiram

Apa kabar, teman-teman?

Masakan yang direbus maupun dikukus, biasanya menjadi pilihan bagi orang-orang yang lagi menghindari menu olahan santan ataupun minyak. Menu rebus dan kukus juga biasanya menjadi pilihan menu diet bagi orang-orang yang lagi program diet, maupun untuk menjaga pola hidup yang lebih sehat.


Kali ini menu rebus yang saya masak adalah sayur rebus gabungan dari okra merah dan juga jamur enoki, yang dicampurkan dengan saus tiram.

Kalau dari tampilannya, okra merah memang sama aja dengan okra hijau. Cuma beda di warnanya aja. Selain enak, pas saya baca di web www.alodokter.com, okra merah ini ternyata banyak juga ya manfaatnya.

Okra merah ini dikenal sebagai sayuran yang banyak mengandung protein, vitamin, dan juga mineral. Vitamin C dan juga K nya ternyata cukup tinggi.

Selain itu, okra merah juga mengandung kadar serat yang juga tinggi. Serat yang ada pada okra merah ini merupakan serat larut. Ini sama kayak serat yang ada pada kandungan oatmeal. Serat ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Okra merah juga baik dikonsumsi oleh mereka yang kena diabetes. Udah gitu, vitamin B, folat, zinc, dan juga zat besinya bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ intim.

Okra merah juga dilengkapi dengan vitamin C yang tentunya baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Nah kalau manfaat dari jamur enoki, serta resep masakan saya yang menggunakan olahan jamur enoki lainnya, bisa langsung mampir aja ya ke -> Resep Jamur Enoki Jagung Saus Tiram

Iyess, ini kurang lebih info tentang sayuran okra merah dan juga jamur enoki, yang udah ada pada sebelumnya ya. Yuk sekarang kita mulai masak-masaknya...

Cara membuat sayur rebus okra merah jamur enoki saus tiram, bahan-bahannya adalah:

+_ 10 – 15 buah okra merah, buang ujungnya, iris
+_ 1 genggam jamur enoki, buang ujungnya.
4 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris
5 buah cabe merah, iris

1 buah tomat, belah, 4, iris
3 sdm saus tiram
2 gelas air (gelas sedang)

½ sdt gula
Sedikit garam

Lalu ini ya cara memasak sayur rebus okra merah jamur enoki saus tiram:

Jamur enokinya dipisahkan jadi kurang lebih 4 bagian aja, biar nggak gumpal banget pas dimasak.

Masukkan bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabe merah, tomat, saus tiram, dan air. Didihkan.

Masukkan okra merah dan jamur enoki. Masak hingga okra merah empuk.

Menjelang matang, masukkan gula.

Cobain dulu ya rasanya, kalau memang masih perlu ditambahkan garam.

Cara memasak sayur rebus okra merah jamur enoki saus tiram
Sayur Rebus Okra Merah Jamur Enoki Saus Tiram
Dengan menggunakan saus tiram, sayurnya jadi lebih gurih walau bawang dan lain-lainnya nggak ditumis dulu. Memasak sayuran okra memang kuah sayurnya jadi terlihat berlendir, jadi masaknya juga jangan terlalu lama.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...


22 comments:

  1. Kak, okra itu sayuran apa ya ?.
    Penasaran sama bentuk okra itu kayak apa.
    Maklum, aku baru tau okra ini 😁

    Atau, mungkin pernah lihat dan dikotaku dinamakan bukan okra, ya ?

    Masakan rebus seperti okra ini bagus sekali untuk program diet.

    ReplyDelete
  2. okra itu sayurannya lengeket gitu kan ya mba, ko sya kurang menikmati ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lihat sisi sehatnya sih mba, haha... Dan memang doyan juga sih :D

      Delete
  3. Aku pernah beli okra terus bingung mau diapain.. Hihi.. Ternyata ada jug yang warna merah ya mba Nit.. Noted banget buat variasi masakan, ditumis sama enoki dan saus tiram jadi keliatan enak, nih.. Apalagi aku sama keluarga penggemar berat segala jenis jamur.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang ijo dan merah, kadang di minimarketnya tuker2 :D Keduanya sama enaknya ya...

      Delete
  4. baru tahu Okra hahhaa, btw jamur enoki disini susah ga ada miss kalau beli online kutakut busuk dijalan makanya ga pernah masak yang beginian :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai okranya aja, di spuermarket ada :D

      Delete
  5. Aku pernah makan okra mentah pake sambel. Enak sih tp agak kurang suka krn memang sedikit lendir yaaa.. Makanya aku lbh doyan kalo digulai mba.. Di malaysia pasti gulainya rata2 pake okra. Di warung2 india biasanya :). Ato sering juga dijadiin lalapan. Kapan2 aku coba resepmu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kemarin nyoba campurin pakai kuah gulai nangka, eh kurang doyan, haha... Belum terbiasa kali ya :D

      Delete
  6. Baru tahu kalau Okra bisa di sayur, Aku taunya buat obat gitu...dimasukin di botol didiamkan beberapa hari di kulkas kalau sudah ada lendirnya baru diminum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun baru tau kalau ini bisa untuk minuman obat juga, haha... Makasih infonya ya mas :D

      Delete
  7. Okra belum pernah nyoba. Kayaknya enak ditumis pedas yaa miss.. tapi anak2 pasti nggak bisa makan klo pedes. Kandungannya bagus.. noted deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ntar saya mau masak yang ditumis pedes dah, haha... Makasih Mba Uci :D

      Delete
  8. Ooh ada ya okra merah, aku taunya yang hijau. Mama beberapa kali minum okra hijau, buat nurunin kolesterol katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya sih sama aja kayak okra hijau, Ci. Iya banyak manfaatnya juga ya sayuran ini :D

      Delete
  9. Hiihhihi...masa aku baru denger 'okra merah' :) Sueeeerrr aku blm ngeh sejenis apakah itu hehehe. Buat papahku kayaknya cocok nih biar penyakit diabetesnya ga sering timbul. Masaknya ditambahin guka juga ya? Hhhmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini rasanya beli di Alfa deh. Kalau untuk masakin orang diabetes mungkin ga usah pakai gula ya. Gula cuma untuk biar berasa gurih aja, hehe...

      Delete
  10. Ade jarang banget nih nemuin okra di pasar. Padahal manfaatnya banyak banget ya. Tertarik sama manfaat buat penderita diabetes nih. Nanti bisa jadi masukkan buat mama mertua.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)