Resep Daging Sapi Acar Kuning

Resep Acar Kuning

Apa kabar, teman-teman?

Karena suka banget makan acar kuning, jadi seringkali masakan acar kuning ini saya padukan dengan olahan bahan masakan yang lain, entah itu dengan telur puyuh, bakso, udang, maupun daging sapi. Apalagi kalau pas lagi bosan masak daging sapi yang digulai atau digoreng.



Daging sapi yang dipadukan dengan acar kuning ini memang berasa lebih segar, karena memasaknya cukup direbus aja sampe empuk, lalu dicampurkan dengan bumbu acar kuning. Daging sapi yang saya gunakan ini memang nggak banyak, cuma seperempat kilo atau 250 gram aja. Jadi cukup untuk kurang lebih 1 piring besar.


Cara membuat daging sapi acar kuning, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:

250 gram daging sapi
300 ml air untuk rebusan pertama
300 ml air untuk rebusan kedua

½ ruas ibu jari jahe
5 buat cabe rawit merah, belah dua


Bumbu untuk rebusan daging sapi:

3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt lada

1 sdt ketumbar
5 butir cengkeh
½ biji pala
Secukupnya garam


Bahan-bahan lainnya:

3 buah wortel, belah 4, iris
3 buah ketimun, pisahkan bijinya, belah 4, iris
1 batang daun bawang, iris

1 buah tomat merah, belah 4, iris
1 – 2 sdt gula
½ - 1 gelas air kaldu (dari rebusan daging sapi)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari kunyit
5 butir kemiri gongseng

5 buah cabe merah
Secukupnya garam
Gabungkan biji ketimun pada gilingan bumbu halus ini ya 

Lalu ini ya cara memasak daging sapi acar kuning:

Rebus daging sapi dengan 300 ml air. Gunakan api pelan hingga air tinggal sedikit. Buang busa yang mengapung.

Saring daging sapi, lalu lanjut rebus dengan air rebusan yang kedua. Masukkan bumbu giling untuk rebusan daging sapi. Rebus hingga empuk, gunakan api pelan.

Sisakan air kaldu kurang lebih ½ - 1 gelas.

Kalau dagingnya udah empuk, tiriskan, lalu potong-potong.

Panaskan minyak, lalu tumis bumbu giling beserta daun bawang dan tomat. Tumis hingga harum.

Masukkan air kaldu, didihkan.

Masukkan daging sapi, ketimun, dan wortel. Masak hingga ketimun dan wortelnya empuk. Gunakan api sedang.

Menjelang matang masukkan gula.

Cara memasak daging sapi acar kuning
Daging Sapi Acar Kuning
Daging sapi acar kuning yang saya masak ini rasanya nggak begitu pedas, karena cabe rawit merahnya cuma diiris aja.

Saya memang terbisa untuk merebus daging sapi dengan menukar airnya, biar lebih bening aja. Kalau teman-teman biasa merebus dengan air yang sama sampai empuk, ini sama aja kok. Misal air kaldunya memang udah abis pas merebus, gunakan air biasa aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya...

10 comments:

  1. Beberapa hari yang lalu masak tumis buncis dengan daging sapi, kini giliran acara kuning dipadukan juga dengan daging sapi. Mba Nita memang top dah kalau soal resep masakan.
    Jadi biji ketimunnya itu dicampurkan bumbu ya, Mbak? Enggak dibuang (bikin mubasir ding).

    ReplyDelete
  2. 1. kok aku merasa tampilan blognya lebih asyik ya mbak, hehe
    2. oh iya ya busanya dibuang dulu, aku pernah masak daging gak tak buang tak terusin sampe mateng jadinya agak ampek dagingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diganti lagi :D

      Gpp sama aja, kalau diganti biar airnya lebih bening aja :D

      Delete
  3. Keren banget blognya, Mba! Bikin laper, padahal mencoba diet. Saya wondering berapa lama mba belajar masak, nih. Saya sampai sekarang belajar masak, tapi masih aja sering gosong kalo goreng-goreng telur :( resepnya keren-keren.

    ReplyDelete
  4. Lucu juga ini biji ketimunnya digabung sama bumbu halus hihii hhmm lagi bayangin :D Aku jarang eh ga pernah bikin acar kuning beini. Istimewa banget kalau pake daging sapi yang super lembut setelah direbus ya. Bisa diganti ayam juga kali ya enak? Beda ga ya rasanya misal ga dipakein kemiri atau kemirinya ga digongseng dibiarin begitu aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kalau nggak dipisah gini kadang timunnya cepet lembek :D

      Delete
  5. Udah lama nggak ke sini, biasanya karena lagi malas masak aja, hehe. Nah ini kebetulan lagi insyaf dan pengin masak daging kurban yang masih seabrek-abrek. Jadinya balik lagi ke blog makanan. Biasanya aku bikin acar kuning tanpa daging, tapi kayaknya enak juga kalau kayak gini, udah sekalian lengkap gitu protein sama sayurnya. Bisa buat anak2 juga kalau dikurangi ladanya. Wis cocok dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau sekalian buat bocah, dibikin nggak pedes aja ya Bu Naj. Makasih udah mampir Mba :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)