Resep Daging Sapi Buncis Kecap Lada Hitam

Cara memasak daging sapi kecap lada hitam

Apa kabar, teman-teman?

Memasak lauk dan juga sayur sekaligus dalam satu masakan, merupakan salah satu cara saya untuk menghemat waktu, biar cepat main IG dan like like-in poto orang. Salah satu resep masakan lauk dan sayur yang saya tulis kali ini adalah potongan daging sapi yang dipadukan dengan buncis, lantas dimasak dengan kecap, lada hitam, plus bumbu rempah lainnya.


Sebelumnya saya juga pernah memasak olahan buncis dengan adukan kornet, yang dimasak dengan bumbu petis. Mari mampir juga ya di postingannya:



Cara membuat Daging Sapi Buncis Kecap Lada Hitam, bahan-bahan yang persiapkan adalah:

250 gram daging sapi
300 ml air untuk rebusan pertama
300 ml air untuk rebusan kedua
1 ruas ibu jari jahe, geprek


Bumbu giling, untuk rebusan daging sapi:

4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada putih

1 sdt ketumbar
5 butir cengkeh
½ biji pala
Secukupnya garam


Bahan-bahan lainnya:

+_ 15 batang buncis, potong-potong
½ bawang bombay, iris
5 buah cabe merah, iris

1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah empat, iris
½ gelas air kaldu (dari rebusan daging sapi)

2 -3 sdm kecap manis
1 sdt gula
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk tumisan:

4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt lada hitam

1 sdt ketumbar
Secukupnya garam 

Lalu ini ya cara memasak Daging Sapi Buncis Kecap Lada Hitam:

Siapkan sebuah panci, lalu masukkan daging sapi yang udah dibersihkan dan 300 ml air. Rebus dengan api pelan hingga airnya udah tinggal sedikit.

Saring daging sapi, lalu masukkan 300 ml air lagi untuk kembali merebus. Masukkan bumbu giling untuk rebusan daging sapi dan juga jahe. Rebus dengan api pelan hingga empuk. Sisakan airnya ½ gelas. Kalau belum empuk, tambah aja airnya.

Potong-potong daging sapi.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling beserta bawang bombay, cabe, daun bawang, dan tomat. Tumis hingga harum.

Masukkan air kaldu, lalu didihkan.

Masukkan daging sapi, buncis, dan kecap. Lalu aduk hingga merata dan masak hingga buncisnya empuk.

Menjelang matang masukkan gula.

Cara memasak daging sapi kecap lada hitam
Daging Sapi Buncis Kecap Lada Hitam
Ini rasanya nggak begitu pedas dan ada rasa manis dari kecap, plus gurih dari gula. Kalau mau yang lebih pedas, lada hitamnya bisa ditambahkan atau gunakan kecap pedas.

Kadang saya menggunakan daging sapinya sampai 400 gram, tanpa menambah bumbu lagi. Cuma air rebusannya aja sih yang kadang ditambah sedikit, karena daging sapinya kan lebih banyak.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

10 comments :

  1. Di campur kecap lada gini gimana ya rasanya. Ngiler dah, jadi pengen. Buat makan siang sepertinya bikin semangat nih, Teh..hehe

    ReplyDelete
  2. Kalau udah jago masak, begini nih, buncis bisa dipadukan dengan daging sapi. Kan, enggak ngebayang gitu. Kalau daging sapi pasti saya bayangannya cuma yang bersantan. Dan kalau buncis, saya bayangannya cuma pakai sosis atau bakso aja. Eh, ini ternyata bisa ya, buncis dan daging sapi, bisa ditumis. Itu daging sapinya direbus dulu biar enggak alot ya dagingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, biar empuk mba :D Iya kalau lagi bosan masak santan, jadi ditumis gini aja mba, hehe...

      Delete
  3. Oooh mbak nita pake dua kali rebus ya. Kenapa mbak? Ibuku cuma satu kali aja sih, tapi lama

    Belum pernah juga, menduetkan sayur dengan daging sapi, hehe 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama aja kok mba kalau yang satu kali aja, hehe... Tukar air gini biar lebih bening aja :D

      Delete
  4. Wuah enak nih, makan nggak cukup sepiring hihi. Aku biasanya cuma tumis daging aja, dicampur buncis enak juga yaa.

    ReplyDelete
  5. Aku kdng ganti tumis daging sama brokoli tapi emng rasa krenyes2 nya enkn kalau pakai buncis sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pakai brokoli juga sama enaknya ya kak :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)

Copyright © food @nitalanaf. Made with by OddThemes