Resep Gulai Mangga Hati Ampela

Resep gulai

Apa kabar, teman-teman?

Selain dijadikan bahan olahan untuk memasak asem-asem, biasanya mangga muda yang khas banget dengan rasa asam segarnya, sering juga saya masak untuk olahan gulai. Kali ini, gulai mangga yang saya masak, menggunakan bahan olahan hati ampela yang juga dicampurkan dengan terong ungu.


Cara membuat gulai mangga hati ampela, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

5 pasang hati ampela atau 10 potong hati ayam, bersihkan
2 buah terong ungu, iris menyerong
1 buah mangga muda, iris memanjang

½ kelapa parut
3 gelas air (gelas sedang)
1 ruas ibu jari lengkuas

5 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
1 batang serai, geprek
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
20 buah cabe merah atau +_ 2 sdm cabe giling

1 sdt lada
1 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak gulai mangga hati ampela...

Yang pertama, siapkan dulu santannya. Letakkan kelapa parut pada wadah, lalu tuang 1 gelas air dan peras. Ulangi 2 kali lagi. Jadi total santannya ada 3 gelas ya.

Panaskan minyak, lalu tumis bumbu giling, lengkuas, daun jeruk, daun salam, serai, dan juga mangga iris. Tumis hingga harum.

Masukkan santan lalu didihkan. Gunakan api sedang sembari sering diaduk ya.

Kurang lebih 5 – 10 menit santannya mendidih, masukkan hati ampela dan terong. Masak hingga keduanya empuk sembari sesekali diaduk. Gunakan api sedang aja.

Cara memasak gulai mangga hati ampela
Gulai Mangga Hati Ampela
Gulai mangga hati ampela ini rasanya nggak begitu pedas, karena cuma memakai cabe merah aja. Kalau mau yang lebih pedas, teman-teman bisa tambahkan cabe rawit yang dibelah dua aja atau digiling kasar.

Karena pakai mangga muda, jadi rasa kuah gulainya asam segar. Kuah gulainya memang nggak terlalu pekat. Kalau teman-teman lebih suka gulai yang agak pekat, bisa ditambahkan aja ya kelapa parutnya, ¾ atau mungkin 1 kelapa parut.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak teman-teman ya...


6 comments:

  1. Aku belum bisa membayangkan gulai dengan mangga muda. Seger-seger gimana gitu ya... Pemakaian mangga baru sebatas sambal. Trus pagi tadi beli asinan mangga. Aduh, aku kurang kreatif mengolah mangga.

    ReplyDelete
  2. Ini seriyus bikin gulai pake mangga???hahaha...unik banget Mbk. Masakinnnnn

    ReplyDelete
  3. Baru kali ini saya baca ada gulai pakai mangga. Kan jadi penasaran banget rasanya gimana. Ada rasa asam dan juga nikmat dari bumbu gulai. Hmm.. maknyus.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)