Resep Udang Buncis Bumbu Bali

Resep bumbu Bali

Apa kabar, teman-teman?

Mengenal dan mencoba bumbu masakan dari berbagai daerah, kalau buat saya pastinya asyik banget. Salah satu yang senang saya masak adalah bumbu Bali, yang kalau buat saya sih cukup simple menyiapkan bumbu serta proses memasaknya.


Mampir juga ya di : Resep Gulai Udang Krecek

Gilingan bahan sambal merah yang dimasak dengan air, ini yang membedakan bumbu Bali dengan balado merah. Biasanya bumbu Bali memang digunakan untuk memasak telur, tahu, maupun ayam. Pas di kulkas lagi ada udang dan juga buncis, jadi kedua bahan masakan ini saya masak dengan bumbu Bali aja.

Untuk bumbu dasarnya saya melihat di web Sajian Sedap. Kadar pedasnya saya sesuaikan dengan selera penghuni rumah kami, makanya saya nggak menggunakan lada bubuk, tapi lebih banyak cabe merah. Tomatnya pun saya iris, nggak digiling bareng bahan sambal.

Cara membuat udang buncis bumbu Bali, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:

250 gram udang, lumuri dengan sedikit garam halus
+_ 20 batang buncis, potong-potong
3 lembar daun salam
1 buah tomat merah, belah 4, iris-iris

1 sdt gula
½ - 1 gelas air (gelas sedang)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

20 buah cabe merah
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih

1 terasi sachet
Secukupnya garam


Lalu ini ya cara memasak udang buncis bumbu Bali:

Panaskan minyak goreng, lalu goreng udang hingga kuning keemasan.

Panaskan sedikit minyak goreng (sisa goreng udang nggak apa-apa), lalu tumis bumbu giling beserta daun salam dan tomat. Tumis hingga harum.

Masukkan air, lalu didihkan.

Masukkan buncis dan udang. Masak hingga airnya tinggal sedikit. Gunakan api sedang.

Menjelang matang, masukkan gula.

Bumbu bali
Udang Buncis Bumbu Bali
Udang buncis bumbu Bali yang saya buat ini rasanya nggak begitu pedas, karena cuma pakai cabe merah. Kalau teman-teman suka yang lebih pedas, bisa ditambahkan ½ sdt lada bubuk atau cabe rawit merah aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

3 comments:

  1. pas banget punya buncis sisa MPASI Rayi plus Udang, kemarin pengen di goreng bawang putih aja eh nemu resep ini kalau tanpa terasi gapapa kan miss suami ga doyan soalna bau terasi :D

    ReplyDelete
  2. Aku doyan nih udang ditemenin buncis dipotong kecil2. Bumbunya meresap banget kalo diginiin masaknya. Pasti de ya pakai terasi. Kalo ketinggaln bisa beda rasanya hehehe. Paling enak buat santap siang nih. Tambahin kerupuk wiiih mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya wangi karena pakai terasi ya mba nurul :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)