Bedanya Cowok dan Cewek Saat Traveling


Apa kabar, teman-teman?


“Belum tau, sih. Belum ada rencana...”

Biasanya gini jawaban teman-teman cowok kalau pas kita lagi ngebahas tentang traveling. Apalagi pas moment-moment sekarang ini, dimana liburan akhir tahun akan segera tiba, horeyyy...


Belum tau dan belum ada rencana, tapi tau-tau... dua pekan atau sebulan kemudian, mereka udah pamer aja foto-foto lagi traveling di instagram, haha...

“Iya nih liburan dadakan. Mumpung jatah cuti masih ada, trus ngelihat ada tiket promo. Ya udah hajarrr aja...” balas mereka kalau pas saya komen di instagram.


Hemm... harus diakui memang kalau ada perbedaan cara traveling antara cowok dengan cewek. Ya emang sih nggak semua cowok atau cewek bakalan melakukan hal-hal kayak di bawah ini. Tapi sebagian besar, akan melakukan hal-hal kayak gini ketika lagi dalam perjalanan. Emang apaan aja sih bedanya cara traveling cowok dan cewek? Yo mareee disimak...


Perencanaan


foto:@mimithian

Cewek biasanya bakalan lebih rapi dan detail ketika merencanakan liburan. Kalau saya dan genk kelayapan saya, tiap mau traveling, yang pertama kami lakukan adalah hunting tiket pesawat murah sampai ke detail-detailnya. Pokoknya nggak boleh melewatkan kesempatan diskon walau satu rupiah pun, haha...

Biasanya saya dan genk kelayapan memang bagi-bagi tugas. Siapa yang bertugas hunting tiket promo, lalu ada yang tugasnya nyari penginapan murah, tempat wisata, serta tempat kuliner.

Sementara kalau teman-teman cowok, menurut curhat mereka, biasanya mereka cukup hunting tiket pesawat murah seadanya. Apa yang mereka dapatkan di satu momen dan dirasa udah ada diskonnya, udah deh langsung dibayar tanpa pikir panjang.

Haha... pantes aja mereka bisa kelayapan mendadak ya. Nggak kayak saya dan genk kelayapan yang traveling mesti sebulan atau dua bulan kemudian setelah rencana. Tapi mending yeee... ketimbang cuma wacana doang ye, kan... :P


Solo atau Ramai-Ramai


foto:@melissaaskew

Ketika traveling, cewek biasanya lebih suka rame-rame atau setidaknya dengan satu orang teman, daripada sendirian. Ada teman ngobrol bikin cewek jadi lebih nyaman selama perjalanan, plus merasa aman juga.

Walau nggak begitu suka dengan traveling segambreng-gambreng, tapi memang tiap kali traveling, saya pergi dengan dua atau tiga teman. Pokoknya teman sekamar di family room deh.

Adanya genk kelayapan, selain jadi ada yang bisa fotoin, jadi bisa minjem duit juga kalau pas duit cash abis, hahahah... Jadi inget tragedi Mba Pipiet yang ngutang ringgit ke Mba Ninna pas lagi di Melaka, karena Mba Pipiet lebih banyak bawa dollar Sin ketimbang ringgit.

Nah kalau cowok, solo traveling biasanya nggak jadi masalah. Malah justru lebih sering dilakukan ketimbang jalan berombongan. Banyak cowok yang justru malas kalau harus liburan dengan banyak orang, karena katanya sih lebih ribet, haha...

Ini mungkin karena faktor para cowok-cowok males bikin itinerary ya sebelum berangkat. Jadi pas di tempat traveling pada rempong deh karena beda selera.


Packing


foto:@schoelderle

Sebelum berangkat, cewek udah packing dengan rapi barang bawaan kami, dan jumlahnya biasanya cukup banyak, meski traveling-nya cuma sebentar aja. Bahkan katanya ada loh cewek yang bisa packing sejak berminggu-minggu sebelum berangkat, untuk memastikan  nggak ada keperluan yang ketinggalan.

Kalau saya, walau seringkali packing-nya mepet, tapi sebelumnya memang udah bikin list apa aja yang mau dibawa. Jadi walau singkat, packing-nya tetap rapi.

Sementara kalau cowok itu lebih simpel urusan packing. Barang bawaan mereka pun lebih sedikit daripada cewek. Saking ringkasnya, packing barang lima menit sebelum berangkat pun bisa banget.

Iya sih, mereka kan nggak perlu mikirin, kalo pake baju ini trus jilbabnya yang mana yang pantes, hahahah...


Penginapan


foto:@nicn10

Biasanya cowok lebih santai soal penginapan. Nggak jadi masalah mau menginap di mana, asal bisa tidur dengan tenang dan murah. Dorm yang sederhana, atau hostel yang sedikit kotor pun nggak jadi masalah buat sebagian cowok.

Tapi beda dengan cewek. Kalau saya dan genk kelayapan, kami nggak segan untuk mengeluarkan uang lebih banyak, asalkan dapat penginapan yang bersih dan nyaman. Cewek juga lebih memikirkan privasi ketika menginap, jadi nggak sembarangan memilih penginapan.

Kamar mandi dalam, lokasi yang gampang transportasinya, makanan halal di sekelilingnya banyak, plus banyak hal lagi yang biasanya jadi pertimbangan saya dan genk kelayapan.


Makanan

Hampir mirip kayak penginapan, cewek lebih pemilih soal tempat makan. Nggak harus selalu di resto mevvah, tapi cewek biasanya lebih memilih tempat makan yang bersih dan rasanya lezat. Sebagian di antaranya pun pemilih makanan apa yang bisa masuk ke tubuh kami dengan alasan kesehatan.

Sementara cowok kebanyakan berprinsip, makan di mana aja bisa, asal porsinya banyak dan harganya murah. Rasa adalah perkara belakangan, asalkan kenyang maka mereka pun senang.


Spontanitas


foto:@clemono2

Perbedaan nyata yang paling kelihatan antara traveling cowok dengan cewek adalah spontanitas. Biasanya traveller cewek udah merencanakan perjalanan secara detail sejak jauh hari. Kami patuh pada itinerary dan jarang melakukan kegiatan spontan yang nggak ada dalam perencanaan.

Kalau misalnya dalam genk kelayapan kami ada yang nggak patuh itinerary, besok-besoknya nggak kami ajak kelayapan lagi, haha... Ya nggak kaku gitu juga sih, tapi setidaknya... nggak seenaknya ngubah aturan sesuka hati dia sendiri.

Sementara cowok biasanya lebih bebas ketika dalam sebuah perjalanan. Mendadak belok ke kota lain di tengah perjalanan pun bisa mereka lakukan dengan santai.


Well, nggak ada yang salah atau benar, karena kedua sikap ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini makanya dibilang kalau cowok dan cewek itu saling melengkapi, termasuk urusan traveling. Ehewww...

Saling pengertian antar teman atau pasangan akan membuat liburan jadi lebih berwarna. Dan jangan lupa, cowok dan cewek pun sama-sama perlu cari tiket pesawat murah buat liburan nanti.

Soal urusan tiket pesawat murah ini, rasanya mempercayakan perburuan pada cewek akan membuat cowok lebih hemat. Sisa budget-nya, bisa dialokasikan buat yang lain.

Moga rezeki kita semua dimudahkan ya, teman-teman... Biar bisa hunting tiket pesawat murah dan asyik, buat kita traveling lagi dan lagiii... Makasih banyak ya udah mampir.

4 comments:

  1. Itulah kenapa aku ga pernah kasih suamiku susun itin. Bisa kacau itu :p. Segala plan traveling, dari hunting tiket, hotel, budge dll, itu semua aku yg bikin. Suami cukup siapin tenaga dan mata utk baca peta dan cari jalannya hahahahah... Krn aku parah dlm hal nemuin arah :)

    ReplyDelete
  2. Nahhh jadi dapat masukan kan gw baca ini. Kalau kelayapan sama genk rame2 kudhu bagi tugas...bener banget ini ya, ada yg cari tiket, hotel, kulinerrr ahhh bener banget ini. Biar ga pusing kalau dipikir sendirian ya. Btw itu traveloka emang juara aplikasinya...gw udh pakai lama dan belum pernah kecewa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dg bagi2 tugas gini ngambil keputusannya jadi cepet, haha...

      Delete
  3. Duh saya gak bisa masuk genk kelayapan mba nita deh kayaknya :(

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)