Resep Ayam Kuah Soto Betawi

Resep Soto Betawi

Apa kabar, teman-teman?

Kuah Soto Betawi yang warnanya putih dengan rasanya yang gurih karena campuran santan maupun susu, memang identik untuk olahan daging sapi. Tapi ketika di kulkas lagi ada stok ayam, dimasak dengan kuah Soto Betawi pun juga sama enaknya.


Kalau dibandingkan dengan menggunakan daging sapi yang yang lebih dulu direbus terpisah, ketika menggunakan ayam cukup langsung dimasukkan aja setelah santannya mendidih. Waktu memasaknya pun juga jadi lebih cepat.

Saya memang cuma menggunakan ½ ekor ayam. Kalau teman-teman mau menggunakan ayam 1 ekor pun, kuahnya juga masih akan cukup. Jadi kayaknya nggak perlu ditambahkan lagi santannya.

Oh ya, sebelumnya saya juga pernah nulis tentang Resep Soto Betawi Kuah Santan. Mampir juga ya di resep sebelumnya, karena bahan-bahan yang digunakan agak sedikit berbeda. Untuk olahan ayam ini, saya juga masih menggunakan santan ya.



Cara membuat Ayam Kuah Soto Betawi, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

½ - 1 ekor ayam, buang kulitnya
Santan: Kelapa parut dari 1 buah kelapa + 2 liter air (1 gelas sedang: +_ 200 ml)
2 batang daun bawang, iris

3 lembar daun salam
10 lembar daun jeruk
2 sereh, keprek

1 ruas ibu jari lengkuas, keprek
5 cm kayu manis
1 sdm gula

2 buah tomat, iris
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk soto:

10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada

2 sdt ketumbar
½ ruas ibu jari jahe
3 butir cengkeh

½ pala
3 ruas jeruk nipis
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak Ayam Kuah Soto Betawi:

Masukkan 500 ml air ke dalam kelapa parut, lalu peras. Ulangi lagi sampai 4x. Jadi total santannya ada 2 liter ya.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis semua bumbu kecuali tomat dan gula. Tumis hingga harum.

Masukkan santan, didihkan sembari sering diaduk. Masak dengan api sedang ya.

Kurang lebih 5 – 10 menit setelah santan mendidih, masukkan ayam. Masak dengan api sedang sembari sesekali diaduk.

Masak hingga ayam empuk dan kuah terlihat agak kental. Makin lama dimasaknya, aroma rempahnya jadi makin menguar.

Menjelang matang, masukkan tomat dan gula.

Resep Soto Betawi
Ayam Kuah Soto Betawi
 Sajikan dengan emping maupun acar sebagai pelengkapnya. Kalau saya masak soto begini memang lebih senang tomatnya dimasukkan sekalian, biar rasa kuahnya jadi makin gurih segar.

Ayam Kuah Soto Betawi ini rasanya nggak pedas, jadi mungkin cocok juga untuk anak-anak dan teman-teman yang nggak suka makanan pedas.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

9 comments:

  1. Soto enaknya memang menggunakan kuah santan. Apalagi dimasak sama agak kental.. Yummy banget, seperti Soto Betawi ini, melihatnya saja langsung lapar..

    ReplyDelete
  2. Kalo melihat penampakannya aku jd inget opor putih bikinan mama :). Makanan fav ku banget. Kapan2 coba resepmu deh mba. Tp mungkin santannya aku ganti ama fiber creme. Hihihihi udh terbiasa segala santan2an aku ganti kesitu. Hidup sehat ceritanya wkwkwkw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya saya belum nyobain masak pakai fiber gitu. Iya bisa jadi lebih sehat ya mba.

      Delete
  3. Oooooohhh masaknya pakai kayu manis nih. Ini pasti rahasianya ya resepm ayam kuah soto betawi ini makin yummy rasanya. Masukin 1 ekor ayam aja potong 12. Kalau separuh ga cukup wwkwkwkkwkwk anak2ku makannya banyak. Santannya bisa ditambah lagi ga apa2 kan? Mungkin jadi tambah gurih rasa kuahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyalah langsung 1 ekor ayam aja ya...

      Delete
    2. Sejak menjelang akhir tahun, aku masak ayam udh ga bisa cuma seekor 😂 Anak2 n papanya banyak makan. So, 1,5 sampai 2 ekor ayam kudu diungkeb atau masak kayak gini baru hati tenang wkwkwkwk 😘😘😅

      Delete
  4. Wah pake kayu manis? Saya ga pernah pake kayu manis tuh kalau buat soto betawi. Ketauan betawi boongnya ya. Hahaha.. Seringnya saya pakai susu drpd santan. Mulai besok coba ah pake kayu manis. Mgkn rasanya lebih enak lagi.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P