Aerofood ACS Garuda Indonesia Grup – Rekomendasi Catering untuk Perusahaan

Garuda Indonesia Grup

Apa kabar, teman-teman?

Saya pingin melanjutkan cerita, sewaktu Blogger Visit & Kitchen Tour ke Aerofood ACS di Bandara Soekarno Hatta ya. Kalau teman-teman belum baca cerita sebelumnya, jangan lupa sekalian mampir yaaa...



Pas dengar nama “Garuda Indonesia Grup”, kalau buat saya, Aerofood ACS ini memang identik dengan catering service untuk pesawat. Tapi ternyata sejak tahun 2002, Aerofood ACS juga udah melayani catering untuk banyak perusahaan.

Memasak untuk maspakai dan memasak untuk perusahaan, pastinya ada cara pengolahan yang berbeda pula. Kalau di maskapai kan setelah menunya matang, dibekukan dulu dalam suhu kurang dari 5 derajat. Namanya juga mau dibawa ke atas pesawat, yes.

Nah kalau untuk perusahaan, setelah menunya matang bisa langsung disajikan. Makanya dalam perusahaan yang bekerja-sama, memang disediakan dapur untuk tim Aerofood ACS memasak.

Rumah Sakit Pondok Indah, Mayapada Hospital, Pertamina, Castrol, Mitsubishi Chemical, Sari Roti, serta SDIT Nurul Fikri, merupakan beberapa perusahaan yang udah bekerja-sama dengan catering-nya Aerofood ACS. Beragam ya perusahaannya.


Catering untuk Rumah Sakit

Catering service untuk perusahaan itu ternyata kebutuhannya berbeda-beda. Ada beberapa rumah-sakit yang catering untuk pasiennya itu dari Aerofood ACS. Pengaturan menunya juga nggak boleh sembarangan. Kan nggak mungkin kalau pasien darah tinggi dikasih menu gulai tunjang, haha...

Jadi ada tim ahli gizi dan recipe development yang mengatur menu, sesuai dengan kondisi pasien. Kalau catering untuk rumah-sakit ini nggak cuma untuk pasien aja, tapi juga untuk dokter dan kru medis lainnya.


Catering untuk Sekolah

Adanya catering yang udah disediakan oleh pihak sekolah, merupakan salah-satu yang menyenangkan bagi kedua belah pihak, yaitu ibu dan anak. Begitu kalau curhat murid saya dan juga mamanya.

Bagi si ibu tentu jelas, nggak perlu rempong pagi-pagi menyiapkan bekal untuk makan siang si bocah. Sedangkan bagi anak, nggak bosan juga mereka dengan menu yang itu-itu melulu dari mamanya, haha...

Beberapa sekolah juga ada yang menggunakan catering Aerofood ACS, seperti Sekolah Nurul Fikri di Kelapa Dua Depok misalnya. Nah kalau ini menunya merupakan perpaduan gizi seimbang yang disukai anak-anak juga. Biar anak-anak senang menyantap makan siangnya, plus orang-tua pun nggak khawatir karena makanan minumannya udah terjaga kesehatannya.


Catering untuk Pabrik dan Kantor

Jaman saya masih ngajar di lembaga pendidikan dulu, menjelang jam makan siang adalah waktu bagi saya untuk menyimak ocehan supervisor, “What we have for lunch?”

Kalau saya sebagai manusia hemat tenaga, cukuplah tiap hari makan nasi padang yang ada di seberang. Bosan? Udah pasti, haha... Tapi ketimbang saya jalan jauh-jauh ngabisin tenaga di jam istirahat, mending makan yang itu-itu terus.

Adanya catering untuk pabrik dan kantor, bagi orang-orang mager macam saya pastinya bikin girang. Apalagi kalau pabrik atau kantornya ini jauh dari dunia perkulineran atau kuliner terdekat itu pada mahal-mahal.

Nggak cuma untuk anak-anak dan orang sakit aja, untuk orang dewasa yang kerja di pabrik maupun kantor, ini pengaturan menunya juga nggak sembarangan. Pernah ngalamin kan, abis makan siang trus ngantuk? Haha... menu yang disantap mungkin kebanyakan karbo nih.

Ini makanya, pengaturan menu yang enak plus takaran gizi yang pas, juga tetap diperhatikan oleh tim Aerofood ACS.


Catering untuk Pertambangan

Bekerja di pedalaman yang jauh dari apa-apa, termasuk dunia kuliner, salah satu hiburan yang ada bagi para pekerja di pertambangan adalah... makan enak. Ini juga yang menjadi perhatian bagi tim Aerofood ACS, menu yang enak dengan kualitas gizi yang terjaga.

Jadi nggak cuma di kota-kota besar aja ya. Pada perusahaan pertambangan pun, Aerofood ACS juga membuka catering service-nya.

Review Menu Catering Aerofood ACS for Industrial Service

Garuda Indonesia Grup
Aerofood ACS - Garuda Indonesia Grup

Setelah dari kitchen tour, kami kembali ke ruang meeting. Di sini menu makan udah disiapkan, horeyyy... Hasil racikan dari para chef Aerofood ACS yang biasa disajikan untuk perusahaan.
Ini dia, deretan kuliner lokal yang enak-enak semuanyaaa... Ada apa ajaaa...


Sate Lilit Ayam

Garuda Indonesia Grup
Sate Lilit Ayam - Aerofood ACS

Kuliner Bali yang dimasak dari adukan daging ayam, parutan kelapa, santan, dan bumbu rempah. Batang serai untuk melilit, ini yang menjadi ciri khas dari Sate Lilit. Rasa rempah bumbu kuningnya berasa banget.


Ayam Bumbu Kuning

Garuda Indonesia Grup
Ayam Bumbu Kuning - Aerofood ACS

Ayamnya fillet yang dimasak dengan bumbu kuning. Daging ayamnya empuk dan bumbu kuning macam kuah gulai ayam,  juga berasa dengan gurih yang pas.


Rendang

Garuda Indonesia
Rendang - Aerofood ACS

Ini tadinya pikir saya gudeg lho, hehe... Pas dimakan eh ternyata rendang ya. Rendangnya ini memang kayak disuwir, makanya selintas mirip gudeg. Pas disantap pastinya empuk banget dan nggak begitu pedas. Bumbu rendangnya? Uwww pastinya juara ini.


Capcay

Garuda Indonesia Grup
Capcay - Aerofood ACS

Tumisan dari beberapa sayur dan ada jamurnya juga. Tampilannya fresh banget dengan bumbu putih yang manis dan gurihnya pas.


Soto Ayam

Garuda Indonesia Grup
Soto Ayam - Aerofood ACS

Garuda Indonesia Grup
Soto Ayam - Aerofood ACS

Dari semua menu yang enak-enak, buat saya ini lho yang paling juara. Soto ayam yang disantap dengan kuah kuning. Kuahnya ini berasa rempah banget dan pastinya segar. Dilengkapi dengan sambal dan jeruk nipis

Dessert

Garuda Indonesia Grup
Pudding Matcha - Aerofood ACS

Garuda Indonesia Grup
Aneka Buah - Aerofood ACS

Sebenernya ada Gado Gado juga, tapi saya nggak sempat foto, hehe... Lalu ini dia... ada Jus Terong Belanda dan juga Jus Kacang Hijau. Langsung saya penasaran pas dibilang kalau Jus Kacang Hijau ini merupakan minuman favoritnya RI 1.

Garuda Indonesia Grup
Jus Kacang Hijau dan Jus Terong Belanda - Aerofood ACS

Pas dicobain, Jus Kacang Hijaunya berasa gurih macam pakai krim. Iya sih enak banget, haha... Satu selera deh dengan RI 1. Kalau Jus Terong Belanda ini rasanya asem seger.

4 Sehat dan 5 Sempurna (kerupuklah yang bikin makan jadi sempurna :P )

Di sesi makan siang, kami juga sembari ngobrol-ngobrol dengan Chef Osawa dan Chef Eddy. Kalau Chef Shuichi Osawa ini merupakan Executive Sous Chef Japanese Cuisine. Sedangkan Chef Eddy Santoso merupakan Sous Chef Hot Kitchen.

Garuda Indonesia Grup
Chef Osawa dan Chef Eddy

Pertanyaan kami seputar, lebih susah mana sih jadi chef di resto dengan chef untuk pesawat. Jawaban mereka sih kurang lebih sama, ada tantangan yang berbeda dari keduanya. Kalau di resto kan masak by order, sedangkan untuk pesawat ini masak dalam jumlah yang banyak.

Pada sesi ini juga kami kembali diperlihatkan menu-menu untuk di pesawat. Kali ini untuk yang Business Class. Wow, makanannya nggak kalah lezatnya nih. Mungkin ada yang menjadi favorit teman-teman juga pas lagi liburan dengan Business Class Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia Grup
Nasi Ayam Bumbu Kecap dan Capcay - Aerofood ACS

Garuda Indonesia Grup
Udang Balado - Aerofood ACS

Aerofood ACS
Sayuran - Aerofood ACS


Garuda Indonesia Grup
Dessert - Aerofood ACS

Garuda Indonesia Grup
Dessert - Aerofood ACS

Acara pun ditutup dengan menerima hadiah sekotak cokelat praline yang dibuat oleh Chef dari Perancis. Waaa... hadiah yang luar biasa manis ini, karena cokelatnya memang premium banget dengan isian green tea dan tiramisu bubuk. Saya nggak sempet foto karena begitu sampe rumah langsung habis, haha...

Saatnya bersiap pulang dan nggak lupa cekrek-cekrek dulu dengan tim Aerofood ACS.

Here we areee... yang udah diajak jalan-jalan keliling dapur dan makan enak dengan menunya Aerofood ACS 

Makasih banyak ya seluruh tim Aerofood ACS yang udah ngajak saya jalan-jalan, melihat bagaimana makanan dan minuman di pesawat Garuda Indonesia itu dibuat. Plus diajak nyobain juga menu-menu untuk catering perusahaan. Dan pastinya, saya mengucapkan:

Selamat Ulang Tahun Aerofood ACS yang ke-44

Moga makin sukses untuk perusahaan beserta seluruh timnya.

Ini rekaman keseruan kami selama di sana ya...


Moga bisa menjadi rekomendasi bagi teman-teman yang punya perusahaan, sekolah, maupun yang perusahaan tempat bekerjanya lagi hunting catering enak dan sehat. Makasih banyak ya udah mampir...


Untuk info lengkapnya, cuss aja ya ke:

www.aerowisatafood.com
www.linkedin.com/company/aerofoodacsindo
www.instagram.com/aerofoodacsindo
www.facebook.com/aerofoodacsindo


nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

16 comments:

  1. Yeeey.. selamat ulang tahun ACS. Semoga makin tua makin matang dan berwibawa dengan profesionalismenya ya.

    Emang kalau mau sukses sampe 44 tahun itu bikin innovasi produknya ya bukan catering pesawat aja tapi juga masuk ke catering sekolah, RS, dll macam ACS ini.

    ReplyDelete
  2. Wiiiih, seru banget sih mba bisa main ke dapurnya Garuda. Aku baru tau kalau ternyata banyak yg bekerjasama dengan cateringnya. SDIT Nurul Fikri aja mempercayakan makanan siswanya ke ACS, ya.

    ReplyDelete
  3. ya ampuun Aerofood ACS sudah matang juga umurnya ya, beda setahun saja sama aku :D
    Dan, aku nyesel baca ini pas jam laper begini...itu enaaak semua . Mantap jiwa memang hasil racikan chef ACS ini.
    Dan ternyata usaha cateringnya sudah merambah kemana-mana> keren banget!
    Karena sudah sering ngerasain kualitas ACS yang memang juwara! Semoga makin sukses ke depannya...

    ReplyDelete
  4. Bikin lapar mata lihat tampilan foto makanannya. Lalu lapar perut karena pengen cicip. Sate lilit mah belum pernah coba. Dan sotonya duh, jadi pengen makan yang itu. Udara dingin enaknya makan soto, ha ha.
    Saya salut pada Aerofood, perusahaan itu bisa komit banget dalam hal layanan jasa hingga berkembang pesat sampai sekarang dan dipercaya banyak perusahaan serta sekolah. Menyajikan makanan sehat memang tak boleh sembarangan. Hem, bisanya saya makan sembarangan.
    Dunia food blogger ternyata asyik, ya, Mbak. Bisa beroleh banyak ilmu baru juga sekalian icip masakan lezat yang sehat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak ini sate lilitnya. Sekalian makan2, iya jadi banyak dapat ilmu gizi juga terkadang, hehe...

      Delete
  5. Baru tau dah, kl melayani katering buat tambang juga. Naik garuda cuma mmpu ekonomi, br kali ini liat porsi hidangan kelas bisnis. Sama aja porsinya ternyata, cuma porsi proteinnya keknya lebih banyak. Udang baladonya bikin laper. Ih, tiap mampir blog miss nita bikin laper deh. sebel...aku kan lagi diet tauuuuuu

    ReplyDelete
  6. Wah, udah 44 tahun usia ACS ini :) Pengalaman masak memasak dna dunia catering pasti udah mumpuni ga perlu diragukan lagi ya, Miss Nita :) Oooh ada juga khusus buat orang2 pertambangan ya? Kirain cuma orang kantoran, rumah sakit dan sekolah aja. Lihat sate lilitnya dll kelihatan masakakan profesional chef2nya nih. Mamah2 yang anak2nya di sekolah yg maksinya pakai catering ACS ini pasti ga pusing ya, happy gituh hahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, mereka masak2 di pedalaman gitu, hehe... Tantangannya memang distribusi pangannya ya.

      Delete
  7. Aku suka loh masakan2 Garuda, lezat bngt rasa masakan hotel gtu, tapi nggak nyangka juga ya ternyata mereka masakin AA dan maskapai lain, walaupun bgtu kok yg kurasakan rasa masakannya beda2 ya wkwk..

    ReplyDelete
  8. Dengan Aerogood ACS, makanan sehat dan sangat diperhatikan kandungan gizi nya ini bikin kita makin nyaman saat mau bepergian dengan Garuda Airlines. Jadi ngiler banget dengan semua makanannya, apalagi sate lilit sama jus terong belanda

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P