Resep Spaghetti Sosis Saus Barbeque

Cara memasak spaghetti dengan irisan sosis, lalu dicampurkan dengan saus barbeque dan lada hitam.

Resep masakan pasta
Spaghetti Sosis Saus Barbeque
Apa kabar, teman-teman?

Spaghetti atau sejenis pasta lainnya, biasanya memang identik dengan saus barbeque ya. Kalau mau yang lebih pedas, saus barbeque-nya bisa ditambahkan dengan saus sambal atau lada hitam. Penggunaan daging cincang juga yang bikin saus barbeque jadi tambah maknyuss.

Karena kalau mau beli daging cincang mesti ke pasar atau supermarket dulu, jadi biasanya sih spaghetti lebih sering saya campurkan dengan sosis aja, karena dijual juga di ibu warung sayur dekat rumah. Ini juga merupakan salah satu cara memasak spaghetti yang simple dan irit, haha...

Biasanya kalau masak saus barbeque, saya lebih suka menambahkan saus sambal aja. Tapi pas nyobain saus barbeque-nya Pizza Hut, yang warnanya kehitaman dan berasa banget lada hitamnya, saya lebih senang juga menambahkan lada hitam pada saus barbeque. Plus saus sambalnya juga, karena rasa pedas dari saus sambal dan lada hitam kan beda juga.

Untuk saus barbeque, saya nggak punya rekomendasi 1 brand khusus, tapi karena di minimarket dekat rumah adanya yang merk Delmonte, jadi saya lebih sering pakai ini aja. Kalau untuk 1 resep ini sih saya belinya yang plastikan warna hijau aja, harganya hampir setengah dari yang botolan. Memang kalau yang botolan isinya lebih banyak.

Lalu untuk spaghetti-nya, karena kemasan kecil itu sering lihatnya yang La Fonte, jadi saya suka pakai yang merk ini aja. San Remo juga bisa jadi pilihan, karena rasanya ini halal juga.

Oh iya sebelumnya saya juga pernah berbagi cara memasak Spaghetti Sosis Bumbu Sate. Mungkin teman-teman ada yang mau mampir juga... 

Cara membuat Spaghetti Sosis Saus Barbeque, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

225 gram spaghetti (1 bungkus La Fonte)
Secukupnya air untuk merebus
2 sdm minyak goreng

½ siung bawang bombay
1 siung bawang putih
250 gram saus barbeque (1 bungkus Delmonte)

1 buah tomat, belah 4, iris
2 sdm saus sambal
½ sdt lada hitam

1 sdt oregano
 1 sdt gula
Sedikit garam

1 sdm margarin
Sedikit minyak goreng 

Lalu ini ya cara memasak Spaghetti Sosis Saus Barbeque:

Didihkan air dan rebus spaghetti hingga lunak. Masukkan 2 sdm minyak goreng biar spaghetti-nya nggak lengket. Gunakan api sedang. Tiriskan.

Panaskan sedikit minyak goreng dan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu. Gunakan api sedang.

Masukkan saus barbeque, tomat, saus sambal, lada hitam, oregano, gula, dan garam. Aduk hingga merata dan wanginya menguar.

Letakkan pada wadah makan dan saus barbeque-nya siap untuk dicampurkan dengan spaghetti.

Resep masakan pasta
Spaghetti Sosis Saus Barbeque
Kalau nggak pingin dimakan langsung, terkadang spaghetti ini jadi menggumpal dan bikin susah untuk diambil. Biasanya ketika narok di mangkok, memang saya tambahkan sedikit air rebusannya. Jadi pas mau dimakan, tinggal diangkat pakai garpu aja, biar airnya turun.

Pasta memang nggak sama kayak mie, jadi nggak melar walau ditambahkan air gini. Tampilannya juga jadi tetap segar. Air rebusannya kan tetap bening, jadi nggak perlu khawatir juga makainya, hehe...

Saus barbeque yang saya buat ini berasa pedasnya, tapi nggak pedas banget sih. Bisa ditambahkan saus sambal masing-masing aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi teman-teman yang lagi pingin makan pasta ya...


Mampir juga ya di resep masakan pasta saya lainnya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

2 comments:

  1. dari wktu itu pgn masak spagheti pake saos barbeque, boleh nih dicoba

    ReplyDelete
  2. Nah ini aku suka masak pake saus delmonte, emang andalan sih saosnya enak bingit

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P