Resep Ketan Sangkaya

Cara memasak ketan yang disantap dengan sangkaya – saus pandan khas Thailand.

Resep Sangkaya saus pandan Thailand
Ketan Sangkaya
Apa kabar, teman-teman?

Sewaktu main ke Boat Noodle Indonesia di Mall KotaKasablanka, salah satu kuliner yang kami pesan adalah Sangkaya – berupa potongan roti kukus yang disantap dengan Sangkaya, yaitu saus pandan khas Thailand.

Buat saya ini makanan yang enak banget, haha... Roti kukus yang lembut, disantap dengan saus pandan yang wangi banget. Sampe di rumah, saya pun nyari resepnya dan terdamparlah saya di channel youtube-nya Hot Thai Kitchen.

Tadinya pikir saya bahan-bahannya akan ribet, tapi ternyata cukup simple kok dan bisa dibeli di warung atau minimarket dekat rumah. Tepung jagungnya bisa diganti dengan tepung maizena, lalu evaporated milk-nya bisa ditukar juga dengan Bear Brand. Jadilah Roti Kukus Sangkaya homemade ala saya, haha...

Saat itu pas menyantap, kami pun terpikir untuk bikin ketan pake saus pandan ini aja. Biasanya kan kami menyantap ketan dengan srikaya pandan, jadi untuk variasi pake saus pandan ala Sangkaya aja.
Kalau di Bangkok, ketan itu disantap dengan mangga, sementara Sangkaya disantap dengan roti kukus. Jadi kali ini kita tuker aja ya, ketannya disantap dengan Sangkaya. Lalu biar adil, apa roti kukusnya disantap dengan mangga ya? Haha...

Dibanding beras biasa, beras ketan memang kelihatan lebih putih. Butirannya biasanya lebih panjang-panjang. Beras ketan bisa dimasak cukup dengan air, tapi rasanya ya nggak gurih macam pakai santan.

Biar praktis karena cuma butuh dikit, untuk santannya saya pakai Kara cair aja, lalu ditambah air. Bandingannya beras ketan dan air + santan itu 2:1 ya. Misal beras ketannya 2 gelas, air santannya 1 gelas. Ditambah sedikit garam pas lagi diaron, biar rasanya jadi nggak hambar.

Cara membuat Ketan Sangkaya, ini ya bahan-bahan yang diperlukan:

2 gelas beras ketan putih
1 gelas santan + air

2 lembar daun pandan yang besar. Kalau kecil bisa 4 atau 5 lembar
300 ml santan: Saya menggunakan 65 ml Kara cair + sisanya air
3 sdm kental manis putih. Saya pakai 2 sachet karena kurang lebih 3 sdm

+_ 10 sdm gula pasir
1 sdm maizena
3 butir kuning telur

Sedikit pasta pandan
2 – 4 evaporated milk. Saya menggunakan susu tawar Bear Brand aja. Bisa juga Ultra yang bungkus biru

Lalu ini ya cara memasak Ketan Sangkaya:

Siapkan panci untuk mengaron ketan. Masukkan beras ketan, santan, dan sedikit garam. Masak dengan api sedang sembari diaduk.

Kalau airnya udah tinggal dikit, matikan aja apinya. Diamkan sebentar, nanti akan kering airnya. Kalau bisa gunakan panci yang anti lengket ya. Saya menggunakan panci biasa, tapi harus terus diaduk biar nggak lengket.

Kukus ketan selama kurang lebih 30 – 45 menit. Kalau udah 30 menit, dilihat aja ya.


Sementara ketannya dikukus, kita siapkan saus pandannya ya:

Potong-potong daun pandang lalu blender dengan santan. Saring.

Siapkan panci, lalu masukkan air santan pandan, kental manis putih, gula pasir, maizena, kuning telur, dan sedikit pasta pandan. Aduk hingga merata. Masukkan gula mulai dari 8 sdm dulu ya.

Nyalakan kompor lalu didihkan dengan api pelan sembari diaduk. Kalau udah meletup, nanti akan mengental. Matikan aja apinya. 

Letakkan pada mangkok, lalu tuang sedikit Bear Brand dan aduk. Hasilnya akan kayak gini:

Resep Sangkaya saus pandan Thailand
Roti Kukus Sangkaya

Resep Sangkaya saus pandan Thailand
Ketan Sangkaya
Walau pake kuning telur, tapi Sangkaya ini nggak berasa amis kok. Disantap pake roti kukus maupun ketan, akan sama enaknya. Cuma kalau ketan ya akan lebih kenyang, haha...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan atau sarapan teman-teman ya...

1 comment:

  1. aku jd kebayang lg enaknya sangkaya boat noodle hahahaha...udh lama ga ksana... kalo lg rajin deh, aku coba bikin sendiri :D. walo ga yakin ntr bisa seenak yg di boat noodle, secara kemampuan masakku bisa dibilang minus hihihihi...

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P