Resep Telur Kriukk Sambal Rawit

Cara memasak telur dan terong kriukk sambal rawit.

Resep telur goreng tepung
Telur Kriukk Sambal Rawit
Apa kabar, teman-teman?

Kalau sebelumnya saya udah nulis cara memasak ayam goreng tepung dan ayam geprek – emang beda ya, Nit? Ya beda dong, hehe... Pada postingan kali ini, saya pingin berbagi cara memasak telur kriukk alias telur yang digoreng dengan lapisan tepung juga. Pastinya ini jauh lebih simple dibanding masak ayam goreng tepung dan juga ayam geprek.

Memasak ayam goreng tepung, pastinya kita harus menyiapkan tepungnya ya. So far kalau masak yang lapis tepung, saya memang lebih suka pakai pake tepung bumbu instant aja. Ada berbagai tepung bumbu instant dengan rasa bumbu dan gurih yang pas.

Memang ada tepung bumbu yang rasa asinnya agak over. Kalau ini biasanya untuk tepung keringnya saya menggunakan tepung beras aja. Jadi rasa bumbu dan gurihnya udah dari tepung basah aja. Atau kalau takut hambar, bisa juga tepung keringnya dicampurkan dengan tepung beras dengan perbandingan 1:1 sdm.

Karena telur rebus itu teksturnya licin, jadi memang biar tepungnya nempel, mesti 2x bolak-balik nyemplungin ke tepung basah dan tepung keringnya, hehe... Lalu dicemplungin ke wajan pas minyaknya memang udah panas. Kalau tepungnya udah merekah, apinya boleh dipelankan biar nggak cepat hangus.

Selanjutnya mau disantap dengan sambal maupun mayones atau saus, tentu sama enaknya. Kali ini saya menyantapnya dengan sambal rawit yang cukup pedasss... Yuk kita siapkan bahan-bahannya...

Resep telur goreng tepung
Telur Kriukk Goreng Tepung
Cara membuat telur kriukk sambal rawit, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

4 butir telur
3 sdm tepung basah
3 sdm tepung kering

Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin 


Bahan untuk sambal rawit:

20 cabe rawit merah
1 siung bawang putih
1 ruas jeruk nipis
Sedikit garam

Lalu ini ya cara memasak telur kriukk sambal rawit:

1. Rebus telur dengan api sedang kurang lebih 15 menit. Kupas dan belah dua.

2. Celupkan telur ke dalam tepung basah, lalu pindahkan ke tepung kering. Ulangi sekali lagi.

3. Panaskan minyak goreng dan margarin, lalu masukkan telur. Masak dengan api sedang, abis itu pelankan ya apinya biar tepungnya matang dengan pas.

4. Selanjutnya kita bikin sambalnya ya. Ulek semua bahan, bisa setengah halus atau sampai halus. Abis itu panaskan minyak goreng dan tuang kurang lebih 3 sdm, lalu aduk merata. Minyaknya bener-bener panas ya, biar wangi bawang putihnya menguar.

Resep telur goreng tepung
Telur Kriukk Goreng Tepung
Kalau telurnya dibelah dua gini, hasil lapis tepungnya jadi lebih bagus dan lebih gampang juga sih. Selain telur, biasanya sekalian saya beli terong juga. Ini bisa untuk cemal-cemil gorengan pake mayones, kayak yang di foto ini.

Resep Terong Goreng Tepung
Terong Kriukk Goreng Tepung 
Kadang beli 1 terong yang cukup besar aja, bisa jadi beberapa potong. Untuk potongnya jangan tebal-tebal, nanti pas dimakan jadi kurang kriukk. Cara buatnya sih sama ya, pakai 2x ngulang aja tepung basah dan tepung keringnya, biar lebih meresap aja bumbu tepungnya.

Resep Terong Goreng Tepung
Terong Kriukk Goreng Tepung
Well, ini dia masakan simple nan kriukk dari saya. Makasih banyak ya udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan simple teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep olahan telur saya yang lainnya...  

8 comments:

  1. Ooo ade pikir yang lelehan itu, lelehan telurnya pas dibelah. Ga taunya mayonaise.. xixixi.. jadi rahasianya biar kriuk pakai tepung beras ya. Siip nanti dicoba ah, secara Adek Fi penggemar telor

    ReplyDelete
  2. Akutu sbnrnya ga terlalu suka telur bulat, ato yg ada kuningnya hahahaha. Makanya kalo telur aku selalu minta di dadar biasanya, jd kunignnya sudah nyampur. Tp baca resepmu, kok jd bisa byangin rasanya bakal gurih yaa :D. Soalnya segala yg di kriukin gini aku doyan mbaa :D. Bayangin nya lapeeer :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kuning telurnya jadi gak berasa ini, haha... Saya pun kurang doyan kuning telur :D

      Delete
  3. Nah, bener Miss Nita. Telur rebus kan permukaannnya liciiin banget, jadi susah deh nempelin apapun. Untung dibelah dua dulu ya hahaha jd lebih mudah nemnepl. Kudu 2 kali diulang ya celupin ke tepungnya. Mantap pisan ada sambel pedasnya juga. Masakan gampang ini mah. Tapi bagi yang malas masak pasti bilangnya syuliiidd wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  4. Kunjungan perdana ke blog ini. Menarik resep makanan nya, serba kriuk, ayam, terung, jamur krispi, menggugah selera

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P