Cara Membuat Ais Sirap Bandung Malaysia dan Dalgona Milo

Cara membuat ais sirap bandung Malaysia dan dalgona milo menggunakan whipped cream.

Cara membuat dalgona milo
Ais Sirap Bandung Malaysia dan Dalgona Milo

Apa kabar, teman-teman?

Selain teh tarik, ais sirap bandung merupakan salah satu minuman yang saya suka banget kalau pas liburan ke Malaysia. Minuman berwarna pink ini awalnya saya tau malah pas makan siang di Seah Im Food Court, Singapura. Eh kok ada minuman namanya bandung ya, haha... Udah gitu warnanya pinky seger banget, yang bikin saya semangat untuk nyobain ini minuman, di tengah siang yang cukup terik kala itu.


Lalu pas liburan ke Kuala Lumpur, kembali saya ngelihat ini minuman. Eh ternyata di Malaysia juga ada ya minuman es bandung. Awalnya pikir saya, karena namanya bandung, apa ini minuman memang diadaptasi dari minuman bandung ya, haha... Ternyata bandung itu sendiri bisa dibilang artinya campuran. Jadi ini minuman campuran antara sirup dan susu.

Belakangan pas saya baru tau kalau nama lengkap minuman ini, elalahh macam orang aja dah pake nama lengkap, haha... Iyess, lengkapnya nama minuman ini adalah ais sirap bandung. Karena minuman ini tenar di Malaysia, jadi boleh ya kalau dikasih nama Ais Sirap Bandung Malaysia.

Katanya, minuman ini nggak cuma tenar di Malaysia dan Singapura aja, tapi di Brunei pun juga bisa kita jumpai si pinky ice ini. Nah karena lagi wabah corona yang bikin kita nggak bisa liburan dulu, hehe... Jadi ais sirap bandung-nya kita bikin sendiri dulu aja ya. Btw si Nita lagaknye alesan corona, emang duitnya dia udah abis aje buat liburan ke Malaysia lagi, hahah...

Bahan-bahannya cukup simple sih, yaitu percampuran sirup, kental manis, serta susu cair. Untuk sirup kita bisa gunakan Marjan Rose yang lebih pas sih. Tapi saya nyobain pakai Marjan Cocopandan pun juga enak kok. Pernah juga saya lihat resepnya, ada yang menggunakan pasta merah. Tapi kalau pakai pasta, enaknya dididihkan dulu sih.

Lalu untuk susu cair, biasanya lebih ke evaporated milk. Tapi saya pakai Ultra bungkus biru aja sih. Atau kalau mau pakai Bear Brand juga bisa sih ini. Yang penting susu yang plain aja.

Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahan lengkap dan cara membuatnya ya...

Ais sirap bandung Malaysia
Ais Sirap Bandung Malaysia

Cara membuat ais sirap bandung Malaysia, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

5 – 6 sdm Marjan Cocopandan
1 sachet kental manis putih
3 sdm susu cair

+- segelas air
Secukupnya es batu

Cara membuatnya sangat gampil, yaitu campurkan sirup, kental manis putih, dan susu cair dalam gelas kecil. Tuang air lalu aduk. Pakai air hangat bisa, air biasa pun bisa.

Selanjutnya untuk penyajian, gunakan gelas yang besar. Masukkan 2/3 es batu, lalu tuang ais sirap. Saatnya menyeruput ais sirap bandung Malaysia untuk nyegerin kerongkongan, haha...

Kalau pakai gelas yang ini, jadinya bisa 1,5 gelas. Misal tanpa es batu, pastinya ini akan manis banget, jadi dikurangi aja ya sirup dan kental manisnya.

Adanya susu cair yang bikin rasanya jadi lebih creamy, apalagi kalau susu cairnya full cream. Kental manis untuk ngasih rasa manis sekaligus ada semacam rasa vanilla-nya juga, ini bedanya dengan menggunakan gula.

Dalgona milo
Dalgona Milo
Lanjut pada minuman kedua, yaitu Dalgona Milo. Kalau sebelumnya saya udah nulis tips cara membuat Dalgona Coffee yang populer banget, lanjut dalgonaan lagi yaitu menggunakan milo.

Dalgona milo merupakan solusi buat yang nggak doyan atau nggak bisa minum kopi. Apalagi kalau menggunakan kopi item, nggak semua badan bisa nerima. Selain itu dalgona milo juga direkomendasikan untuk anak-anak ya. Tapi teruntuk kita yang doyan ngopi pun, nggak ada salahnya kan minum dalgona milo, buat tuker-tuker, hehe...

Beda dengan dalgona coffee, kalau bikin dalgona milo memang membutuhkan 1 bahan lagi, yaitu pengembangnya. Saya lebih suka menggunakan whipped cream aja untuk pengembangnya. Lalu untuk minuman di bawahnya, tetap saya menggunakan plain milk untuk ngimbangin rasa manis dari milo-nya. Menggunakan milo-nya juga sama enaknya, tapi yang milo original ya.

Yuk kita siapkan takaran lengkapnya...



Cara membuat dalgona milo, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 sachet / 2 sdm milo original (bukan yang 3 in 1)
1 sdm whipped cream (saya pakai Haan Whippy Cream)
1 sdm gula

2 sdm air hangat
1 kotak kecil Ultra plain bungkus biru, untuk 2 gelas ini
Secukupnya es batu


Aduk rata dengan sendok semua bahan, lalu mixer pelan no 1, kemudian alihkan ke no 3. Ini kurang lebih 5 menit udah ngembang kok.

Untuk penyajiannya, masukkan 2/3 gelas es batu, lalu tuang susu cair, kemudian letakkan dalgona milo di atasnya. Dalgona milo pas diaduk, rasanya lebih padat ketimbang dalgona coffee ya, haha...

Oke, ini 2 rekomendasi minuman yang mungkin bisa teman-teman coba di rumah ya, apalagi untuk yang suka dengan olahan minuman dari susu.

Makasih banyak ya udah mampir dan mampir juga ya di resep minuman saya lainnya...

6 comments:

  1. Miss kalau yg g suka manis gimana ya?kayaknya ais sirap seger banget ya buat menyambut Ramadhan. Bener ya udh ga perlu pakai gula lagi secara sirup udh manis trus skm nya juga manis. Ahh pengen nyoba jadinya, tapi beli sirup dulu sekalian banyak buat stok buka puasa haha..ntar nyobain resep nitalanaf one by one wkwk

    ReplyDelete
  2. iya kukira malah es doger soalnya warnanya pink
    aku kok lebih suka cocopandan ya daripada rose suka baunya aja sih

    ini bisa dicoba buat buka puasa nanti

    ReplyDelete
  3. Pengen coba yg dalgona milo deh, hehe..
    Makasih resepnya mba Nita. Salam kenal :D

    ReplyDelete
  4. Eeh kirain orang Malaysia main ke Bandung, trus nyicipin es sirup dr Bandung. Lalu dibuat deh di Malaysia, langsung tenar. Ternyata salah yaaa.. hahaha.. rupanya Bandung artinya campuran. Yayaya.. org Indonesia dah kegeeran aja ya. Kayaknya ade kalau buat maunyabpakai marja cocopandan aja deh, lebih enak drpd marjan rose. Pernah nyoba buat sirup begini juga. Tapi skrg kan ada marjan susu yg rose juga. Itu juga enak, ta dan lebih murah harganya.

    ReplyDelete
  5. Aku jadi pengen langsung coba bikin air sirap bandung malaysia nya :D

    ReplyDelete
  6. bikin ais sirapnya simpelbanget, mauuu

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P