Resep Bakwan Kentang Sosis Tanpa Bumbu Ulek

Cara membuat kentang dan sosis yang digoreng tepung ala bakwan.

Cara memasak bakwan kentang sosis tanpa bumbu ulek
Bakwan Kentang Sosis 

Apa kabar, teman-teman?

Bakwan merupakan salah satu gorengan yang paling saya suka banget. Terlebih kalau pas bulan puasa, rasanya dalam sebulan itu takjil paling banyak ya goreng bakwan, hehe... Mulai dari bakwan toge nan legendaris, begitupun dengan bakwan jagung. Kalau bakwan udang rasanya hampir nggak pernah saya bikin, karena mihil, haha... Jadi mending buat lauk aja daripada buat cemilan.

Lalu ceritanya, karena rumpi-rumpi hore dengan Mba Febri tentang cemilan favorit anak-anaknya, obrolan terus berlanjut tentang cara bikin hottang yang masih gagal. Karena memang belum pernah bikin hottang manual, haha... Jadinya saya bilang, besok ah gue coba bikin.

Udah semangat 2020 mau bikin hottang, elalahhh... ngaduk terigunya ternyata masih agak encer, jadilah itu tepung nggak bisa nempel dengan sosisnya, hahah... Baiklah ntar pankapan dicoba lagi bikin hottangnya.

Karena udah jadi adonan terigu, ya udah sosisnya tinggal diiris-iris aja, lantas mending saya bikin aja bakwan kentang sosis, haha... Bakwan yang cukup simple cara bikinnya, karena udah nggak perlu pakai bumbu ulek maupun bumbu iris lagi. Bahannya juga cuma kentang dan sosis aja, plus adonan tepung.

Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

Cara membuat bakwan kentang dan sosis tanpa bumbu ulek:

500 gram kentang (+_ 2 yang besar), potong dadu
3 buah sosis, belah 2, iris
5 sdm tepung bumbu serbaguna

3 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
+_ ½ gelas air

Secukupnya minyak goreng
1 sdm margarin

Lalu ini ya cara memasak bakwan kentang dan sosis tanpa bumbu ulek:

Campurkan tepung bumbu serbaguna, tepung terigu, dan tepung maizena dalam sebuah mangkok. Lalu tuang air sedikit demi sedikit hingga tepungnya mengental.

Masukkan kentang dan sosis, lalu aduk merata.

Cobain dulu ya kalau memang masih perlu ditambah garam. Ada beberapa tepung bumbu yang gurih dan garamnya udah pas, walau ditambah sedikit tepung lainnya.

Panaskan minyak goreng dan margarin, lalu goreng adonan dalam api sedang, hingga kuning keemasan.

Cara memasak bakwan kentang sosis tanpa bumbu ulek
Bakwan Kentang Sosis
Tepungnya memang nggak perlu banyak-banyak, karena untuk nempelin kentang dan sosisnya aja. Kalau teman-teman mungkin mau nyari rekomendasi tepung bumbu serbaguna, ada di postingan sebelumnya ya...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep gorengan saya lainnya...

4 comments:

  1. Wah, unik jadinya ya mbak, pasti enak, anak-anak bakal gk brenti nyemil nih, sama kayak ibuknya, haha..

    ReplyDelete
  2. Baca resep ini di hari pertama puasa bikin ngiler. Wkwkwkwk..
    Jadi pengen bikin buat bukaan ntar.

    ReplyDelete
  3. Oooooh pake tepung maizena juga ya? Aku kok selama ini ga ya? Cuma tepung Segitiga biru buat adonannya wkwkwkwk :D Trus memang aku ga pernah ulek2 bumbu, gerah sih ga halus2. Selama ini cuma iris tirip2 aja semuanya lalu dicampur ke adonan. Eh, cabe rawit orens dan daun bawang kudu buanyaaak :D

    ReplyDelete
  4. Aiiisshhhhh cucccok ini utk bikin bukaaan :D. Aku cobaaaa ntr mba. Weekend besok pas LG ga ngantor. Anak2 suka bgt Ama sosis, tp akunya aja suka bosen kalo cuma di grill doang. Mau coba dijadiin bakwan juga ah ;)

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P