Resep Sayur Godog Udang untuk Sayur Ketupat

Cara memasak sayur godog labu siam dengan campuran udang. Rekomendasi sayur ketupat lebaran.


Apa kabar, teman-teman?

Saya masih ingat betul, saat SD dulu tiap kali bel istirahat tiba, salah satu makanan kenyang yang saya beli selain nasi uduk adalah ketupat sayur. Lontong sayur tepatnya, karena dibikinnya memang menggunakan plastik. Dengan kuah gulai yang berisi entah pepaya atau labu siam – saat itu mana tau saya spesifik tentang masakan, haha...


Sebelum ngasih kerupuk, si bapak pun nanya, “Mau pakai tahu?”

Tentu semua disesuaikan dengan uang jajan, karena kalau nambah tahu, artinya nambah lagi harganya.

Selanjutnya tinggal dikasih kerupuk oranye, kemudian si bapak lanjut nanya, “Pakai sambal, nggak?”

Selesai, lontong sayur dengan rasa gurih manis itu buat saya enak banget. Kalau ditambah sambal, rasanya pun bertambah dengan ada rasa pedasnya.

Lama-lama saya pun tau, kalau sayur lontong yang enak itu namanya sayur godog. Bisa dengan pepaya muda maupun labu siam. Karena kami memang orang Minang, jadi tiap kali lebaran, sayur ketupat yang almarhumah nenek bikin itu kadang sayur nangka pakai cincang, sayur buncis kuah kuning, atau sayur pakis.

Selain makan di jajanan sekolahan, tetangga pun juga ada yang jual lontong sayur godog ini. Lontong Betawi kami menyebutnya. Lalu pas almarhumah nenek udah nggak ada dan tradisi masak sayur ketupat itu diteruskan ke tante, jadilah kami meminta bikin sayur betawi aja alias sayur godog. Walau sayur ketupat khas Minang tetap kami masak untuk tukar-tukar.

Tante memang lebih terbiasa untuk memasak sayur godog dengan irisan labu siam, karena terkadang kalau beli pepaya muda suka pahit. Labu siam yang dicampurkan dengan pete – yang buat dia katanya harus banget biar enak, haha...

Hingga akhirnya pas saya udah senang masak-masak – senang ya, bukan jago masak, haha... – sayur godog inilah salah satu sayur ketupat yang saya bikin. Kali ini sayur godognya saya tambahkan dengan udang, biar kuahnya pun lebih maknyuss. Berlebaran dengan menu udang pastinya juga sama menyenangkan.

Di foto ini memang nggak menggunakan pete, jadi teman-teman bisa tambahkan 1 papan pete yang dikupas kulitnya lalu dibelah dua. Lalu kalau difoto ini juga kuahnya kelihatan kuning banget, ini karena memang nggak dikasih cabe merah sama sekali, biar anaknya adek yang masih balita bisa ikut makan. Untuk rasa yang lebih pedas, bisa ditambahkan 1 sdt cabe giling atau kurang lebih 5 cabe merah yang dihaluskan.

Cara membuat sayur godog udang, ini dia yang perlu disiapkan:

1 buah labu siam yang besar, kupas kulitnya lalu iris tipis memanjang
250 gram udang, bersihkan
1 butir kelapa parut

800 – 1000 ml air ( 4 – 5 gelas sedang)
1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
1 batang serai, geprek

3 lembar daun salam, sobek
1 sdt cabe giling / +_ 5 cabe merah yang dihaluskan
1 sdt gula
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 siung kemiri, gongseng

½ ruas ibu jari kunyit, gongseng
½ sdt lada
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak sayur godog udang:

Bagi air menjadi 3 lalu peras santan. Jadi santannya 3x peras ya. Atau bisa juga bagi 4 biar lebih gampang peras santannya.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus beserta lengkuas, serai, daun salam, dan cabe. Tumis hingga harum.

Masukkan santan, lalu didihkan sembari sering diaduk.

Masukkan udang dan labu siam, masak hingga labu siamnya empuk. Gunakan api pelan aja biar bumbunya lebih meresap, santannya juga matang, dan kuahnya nggak cepat habis.


Untuk penyajiannya bisa ditambahkan bawang goreng dan juga kerupuk. Mungkin sambal goreng tambahan ya. Sayur ketupatnya udah matang, lalu gimana dengan ketupat atau lontongnya?

Kalau saya beli ketupat instant mini merk Adabi aja. Cara memasaknya bisa teman-teman mampir di link ini ya: Cara Memasak Ketupat InstantMini Adabi dengan Magiccom

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang ingin memasak sayur ketupat.

Mampir juga ya di resep olahan udang masakan saya lainnya.  

6 comments:

  1. sayur nangka ini kalo di tempatku namanya sayur tewel, mungkin bahasa jawa nama tewel ini, taunya itu. baru kalo ada orang yang ngerti, kita baru sebutin sayur nangka

    udangnya bikinnn ngilerrr

    ReplyDelete
  2. enak banget ada udangnya.. ini sayur Godog cocok buat lebaran banget..

    ReplyDelete
  3. simpel dan gampang banget membuat nya, thanks mba

    ReplyDelete
  4. Kok jd ga sabar lebaran ya baca iniii :p. Laper ih mba, apalagi liat udangnya .. lgs kebayang sayur pakis udang dimakan Ama lontong :D.

    Krn aku org Sumatra, biasanya temen untuk lontong yg biasa dibikin mama juga mirip2 gini. Tp dibuat pedes supaya mantep :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu demen banget makan udang. Udang dimasak apa aja pasti enak, yang penting matang ya hehehe. Dicampur sama sayur godog kayak gini maknyus deh :) Apalagi sambalnya super hot wow.... nambah!

      Delete
  5. Aku masak sayur godok duluuu pas lenbaran beberapa tahun lalu. Tahun ini aku beli aja sama tetangga sebelah. Kayaknya lelah kudu masak sendiri karena memang mesti telaten ya. Kapan2 aku coba resep Miss Nita deh mudah2an terealisasi hihihi :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P