Resep Ikan Tuna Goreng Tepung

Cara memasak ikan goreng goreng tepung.

Ikan Tuna Goreng Tepung
Ikan Tuna Goreng Tepung

Apa kabar, teman-teman?


Kalau sebelumnya saya udah berbagi resep Perkedel Tahu Bayam, kali ini masih dari edisi gorengan ya, haha... Untuk melengkapi menunya yang lagi-lagi gorengan sih, tapi kali ini untuk protein hewaninya. Ikan Tuna Goreng Tepung, yang nggak kalah gampil cara memasaknya.


Resep ini juga dari recook di web-nya Royco Nutrimenu. Cuma kalau di resep sana menggunakan ikan kakap, ini saya pakai ikan tuna. Teman-teman bisa atur dengan ikan fillet kesukaan aja ya.


Walaupun harganya memang lebih mahal dibanding ikan tongkol, tapi ikan tuna memang digemari karena kadar proteinnya yang tinggi, begitupun dengan asam omega 3 nya. Biasanya ini incaran teman-teman untuk ngasih makan anak, untuk yang lagi program diet beneran, serta teman-teman yang makan dengan high protein.


Dalam 85 gram ikan tuna, terdapat 100 kalori. Tinggal cara pengolahannya deh yang mungkin menambah takaran kalorinya.

 


Manfaat Ikan Tuna


Ikan tuna memang terkenal dengan asam omega 3. Ini bagus banget untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menyehatkan mata, serta rekomendasi untuk menu diet.


Lalu vitamin C dan mineralnya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Ikan tuna juga bagus untuk menjaga kesehatan reproduksi. Buat teman-teman yang lagi program hamil mungkin ya, bisa lebih sering makan ikan tuna nih.


Begitupun untuk tumbuh kembang anak, ikan tuna juga bagus untuk dijadikan menu untuk anak-anak.


Sedangkan vitamin B kompleksnya baik untuk menambah energi, menjaga fungsi ginjal, serta memperlancar sirkulasi darah.


Di samping itu, ikan tuna juga bagus untuk mencegah kanker.


Wah banyak juga manfaatnya, mulai dari untuk anak-anak hingga orang dewasa.

 


Tips Memilih Ikan Tuna yang Segar


Walaupun manfaatnya cukup banyak, tentunya didapat dari ikan tuna yang segar. Teruntuk teman-teman yang juga macam saya, haha... yang kurang pintar amat untuk memilih ikan yang segar, yuk sama-sama kita baca tips memilih ikan tuna yang segar. Biar kita nggak rugi kan ya, karena kalau buat saya, ikan tuna ini cukup mahal.


Pastikan tempat kita membeli ikan tuna itu bersih dan bersuhu sejuk. Entah kita belinya di pasar, di warung sayur, abang penjual ikan, maupun supermarket. Hindari membeli ikan tuna yang udah dikerubungi lalat dan tempat jualannya juga kotor.


Ikan tuna yang bagus, dagingnya akan berwarna kemerahan segar. Hindari ikan tuna yang warnanya pucat atau kotor.


Selanjutnya adalah dengan agak menekan. Tekstur ikan tuna yang bagus itu kenyal dan lembab. Kalau tampilannya kering dan pas ditekan lembek, baiknya dihindari ya.


Ikan tuna yang segar itu aroma segar khas laut. Kalau yang udah jelek itu aromanya macam bau busuk dan anyir.


Lalu kalau mau membeli ikan tuna, baiknya hindari yang potongan. Karena biasanya yaaa... yang potongan itu ada yang dikasih pengawet. Memang nggak semua. Saya pun belinya potongan agak besar yang biasa sama si ibu penjualnya dipotong lebih kecil lagi. Yang terpenting kita udah cek dari tampilan, tekstur, dan aromanya.

 


Itu dia manfaat menyantap ikan tuna, serta gimana sih cara membeli ikan tuna yang segar. Selanjutnya yuk kita siapkan bahan-bahannya...


Ikan Tuna Goreng Tepung
Ikan Tuna Goreng Tepung

 

Cara membuat Ikan Tuna Goreng Tepung, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


200 gram fillet ikan tuna, potong persegi panjang

2 siung bawang putih

½ ruas ibu jari jahe

1 sdt air jeruk nipis / 3 ruas jeruk nipis utuh

Sedikit garam

 


200 gram tepung terigu

2 sdm tepung tapioka

½ sdt Royco Kaldu Ayam



2 butir telur

Secukupnya minyak goreng

 


Lalu ini ya cara memasak Ikan Tuna Goreng Tepung:


Haluskan bawang putih, jahe, (air) jeruk nipis, dan garam. Aduk dengan ikan, diamkan di kulkas kurang lebih 15 menit.


Selanjutkan kita siapkan tepung pelapisnya. Aduk merata tepung terigu, tepung tapioka, dan Royco.


Kocok telur, 1 dulu aja ya.


Masukkan satu persatu potongan ikan ke dalam telur, lalu ke adukan tepung, telur lagi, dan tepung lagi.


Panaskan minyak goreng, bisa juga dicampurkan dengan 1 sdm margarin biar lebih gurih.


Kalau minyaknya udah panas, masukkan adonan ikan tuna, lalu apinya agak pelan aja ya biar ikannya matang dan nggak cepat hangus.


Goreng hingga kuning keemasan.


Ikan Tuna Goreng Tepung
Ikan Tuna Goreng Tepung

 

Karena resepnya dari Royco, jadi saya pakainya Royco ya. Kalau teman-teman menggunakan penguat rasa dari brand lain atau brand non MSG, tinggal disesuaikan aja takarannya.


Untuk menggorengnya, kalau pakai telur jadi bisa ngembang kriuknya tapi nggak keras. Tepung tapiokanya juga bisa diganti dengan maizena aja, kalau pas lagi nggak ada.


Oke, ini dia resep menu ikan tuna yang cukup simple bahan-bahan serta cara memasaknya. Bisa untuk dijadikan menu keluarga dengan cocolan saus maupun adukan sambal goreng.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Intip-intip juga ya resep olahan ikan saya yang lainnya...

 

Pendukung materi:

https://www.sehatq.com/artikel/cicipi-manfaat-ikan-tuna-salah-satunya-tingkatkan-daya-tahan-tubuh

http://blog.sayurbox.com/5-cara-memilih-ikan-tuna-yang-segar/

5 comments:

  1. kalau dirumah seringnya pakai tongkol mbak, dan tepungnya nggak bisa sebanyak itu, aku sendiri heran gimana caranya biar tepung terlihat gede gede

    ReplyDelete
  2. Oh gituuuu, kalo beli ikan tuna jangan yang potongan? Hmmm... kudu agak banyakan kalau gitu biar bisa kita potong sendiri di rumah. Aku belum pernah bikin tuna dimasak krispi gini, ternyata gampang ya setelah lihat resepnya. Anak2 bakalan suka nih kriuk2 pake saus pedas :)

    ReplyDelete
  3. Ikan tuna emang juara banget rasanya, termasuk iklan yang ekslusif juga jadi kalau makan harus dikit-dikit :-D

    ReplyDelete
  4. Nah kalo yg ini aku sering masak di rumah :D. Soalnya aku tipe yg ga doyan ikan yg msh ada tulang. Kalo jd fillet gini baru mau aku makan hahahaha. Makanya di rumah LBH sering masak ikan fillet drpd yg utuh. Tapi lagi2 di goreng sih. Jrg bikin pake resep lain :D.

    ReplyDelete
  5. Ooo pantes waktu itu mama ayu masak tuna kok tunanya ga enak. Bau anyir dan agak gimana gitu. Mgkn mama ayu beli yang dikasih pengawet itu kali yaa.. hmm noted deh besok2 jangan beli yg potongan.

    Btw ade kadang suka kasih royco juga tuh di marinated ikan tunanya.. xixixi.. biar makin sedep luar dalam jadi kalaupun masih sisa dan tepungnya habis, di goreng tanpa tepung juga masih enak.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P