Resep Bubur Singkong Pandan Santan

Cara memasak bubur manis dari olahan singkong, daun pandan, serta santan.

Bubur ganepo
Bubur Singkong Pandan Santan


Apa kabar, teman-teman?


Sewaktu googling tentang resep bubur ganepo, saya pun melihat gambar bubur manis dari olahan singkong juga, tapi berwarna hijau muda. Wah, ini tentunya dari pandan. Kalau buat saya, makanan yang menggunakan daun pandan sebagai pewarna, pastinya enak, haha... Makanya setelah bikin bubur ganepo yang warnanya kecoklatan, lanjut saya bikin bubur singkong pandan santan ini.


Oh ya, kalau memang bubur singkong pandan ini juga disebut bubur ganepo, yang merupakan kuliner khas dari Kalimantan Timur, boleh saya dikasih tau ya. Biar bertambah lagi pemahaman saya tentang kuliner di Indonesia ini.


Cara memasak bubur singkong pandan santan ini, bisa dibilang mirip dengan bubur ganepo yang sebelumnya udah saya buat. Cuma bedanya, ini menggunakan air daun pandan yang nggak perlu direbus dulu.


Oh ya, teman-teman, alangkah baiknya untuk membaca post saya tentang bubur ganepo dulu ya, karena di post yang sana, saya cukup detail tentang tips memasak bubur ganepo ini.

 

Bubur ganepo
Bubur Singkong Pandan Santan

Cara Membuat Bubur Singkong Pandan Santan:


600 gram singkong

2 lembar daun pandan, sobek

300 ml air

Seujung sdt pasta pandan

 

700 ml santan cair

300 gram gula

½ sdt garam

 2 lembar daun pandan, sobek


 

Bahan untuk santan:


700 ml santan kental

1 sdt garam

2 lembar daun pandan, sobek

 


Lalu ini ya Cara Memasak Bubur Singkong Pandan Santan:


Blender daun pandan dengan air hingga halus, lalu saring.


Kupas singkong, lalu cuci hingga bersih, potong-potong, buang tulang tengahnya.


Masukkan ke dalam tabung blender, campurkan dengan santan cair. Blender hingga halus.


Campurkan ke dalam panci: air daun pandan, blenderan singkong, sisa santan cair, gula, garam, dan daun pandan. Aduk merata.


Lihat warnanya, kalau masih kurang hijau cerah, tambahkan sedikit aja pasta pandan, lalu aduk merata.


Nyalakan kompor, masak bubur singkong dengan api pelan aja, hingga meletup. Sering-sering diaduk ya biar nggak lengket atau hangus bawahnya. Cobain dulu ya rasa manisnya, entah mungkin perlu ditambah gula lagi.


Selanjutnya kita masak santannya ya... Campurkan santan kental, garam, dan daun pandan. Masak hingga mendidih sembari diaduk.


Sajikan bubur singkong pandan dengan kuah santan.


Bubur ganepo
Bubur Singkong Pandan Santan

Karena menggunakan air daun pandan, tentunya bubur singkongnya jadi wangi daun pandan. Pasta pandan juga bikin aroma pandannya jadi bertambah, selain untuk penguat warna. Kalau cuma daun pandan aja juga bisa, tapi daun pandannya mesti banyak. Makanya saya pakai pasta pandan aja.


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi sarapan maupun cemilan sore, teman-teman, dari bahan-bahan yang cukup terjangkau, dan simple pula cara memasaknya...

1 comment:

  1. Aku belum pernah nyobain bubur ganepo. Bubur singkong pandan santan ini juga belum hihihihi :D Pernah dulu ngemil singkong berkuah santan tapi dipotong biasa :) Cara buatnya mudah juga ya. Jadi wangi pandan nih dan warna hijaunya alami, aman disantap, enak :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P