Resep Ayam Lado Mudo – Ayam Masak Cabe Hijau Masakan Padang

Lado mudo alias cabe hijau biasanya dijadikan masakan olahan bebek. Itiak lado mudo – yang merupakan masakan khas Koto Gadang, Sumatera Barat. Tapi bumbu lado mudo juga enak untuk dijadikan masakan olahan daging lainnya, termasuk juga ayam. Berikut ini cara memasak ayam lado mudo yang empuk, serta bumbunya meresap.


Ayam lado mudo
Ayam Lado Mudo

Apa kabar, teman-teman?


 Selain itiak lado mudo, ayam lado mudo juga merupakan masakan khas Koto Gadang, Sumatera Barat, yang cukup populer. Ayam lado mudo biasanya menjadi salah satu menu yang ada di kedai nasi kapau. Tinggal disantap dengan gulai kapau dan sambal merah, yang menjadi khasnya menu nasi kapau.


Oh ya, mungkin teman-teman ada yang belum tau, nasi kapau itu apa sih? Sama nggak sih dengan nasi padang biasa, atau apa bedanya nasi kapau dengan nasi padang biasa? Ulasannya bisa teman-teman lihat pada link ini ya -) Bedanya Nasi Kapau dengan Nasi Padang Biasa


Dibanding masak bebek yang perlu penanganan khusus, biar nggak amis, haha... Masak ayam tentu lebih gampang. Apalagi kalau pake ayam negeri, matengnya akan lebih cepat ketimbang ayam kampung. Cuma kalau ayam kampung, tentu dagingnya akan lebih gurih. Jadi teman-teman bisa sesuaikan aja ya, dengan jenis ayam favoritnya.


Ayam lado mudo bisa menjadi pilihan masakan, bagi teman-teman yang lagi mengurangi, atau nggak lagi menyantap makanan yang bersantan. Walau tetap menggunakan minyak ya, untuk menumis bumbunya.


Sesuai namanya, yang dicari dari ayam lado mudo tentu lado mudo - alias bumbu cabe ijo. Makin melimpah bumbunya, makin sedaplah makan kita, haha… Biar bumbunya banyak, cabe ijonya juga mesti agak banyak. Kalau dari yang saya lihat di youtube-nya Dapur Uni Et, beliau menggunakan 150 gram cabe ijo. Memang cabe ijo ini kan nggak terbilang pedas ya, jadi banyak pun juga nggak apa-apa.


Lalu untuk pedasnya, nanti dicampur dengan cabe rawit ijo. Kalau Amak Uni Et itu menggunakan 50 gram cabe rawit ijo. My God, ini bakalan pedes amat kalau buat saya, hahah... Saya pake setengahnya aja. Kalau teman-teman nggak begitu suka pedas, dikurangin aja cabe rawit ijonya ya...


Biar kuahnya makin wangi, tumis bumbu dan daun-daunannya sampe mateng, atau wanginya udah menguar ya. Kemudian tumis sambal ijonya, sampe keluar wanginya juga.


Biar bumbunya ini meresap ke daging ayamnya, masaknya gunakan api agak pelan aja ya, sampe +_ 1 jam. Kalau ayam kampung tentu lebih lama lagi. Biar kuahnya nggak cepat habis.


Kalau misalnya nanti ayamnya udah empuk, trus kuahnya masih kelihatan agak banyak, angkat aja dulu ayamnya, trus kentalkan kuahnya dengan api sedang. Kalau udah mengental kuahnya, bisa dicampurkan lagi ayamnya.


Yuk sekarang kita siapkan masak-masaknya ya… Oh ya, yang mau sekalian masak sayur kapau, bisa mampir ke link ini aja ya -) Resep Gulai Kapau


Ayam kuah cabe hijau
Cara membuat ayam lado mudo Koto Gadang


Cara membuat ayam lado mudo, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 ekor ayam, potong 8

500 ml air

1 bulatan bawang bombay, iris

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

 

3 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam

1 lembar daun kunyit, sobek

1 batang sereh, geprek

 

Sedikit kayu manis

1 sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

Secukupnya minyak goreng

 


Bumbu giling sambal hijau:

150 – 200 gram cabe hijau keriting (pake yang keriting, biar nggak langu)

20 – 30 gram cabe rawit hijau

3 ruas jeruk nipis

 


Bumbu giling:

8 siung bawang merah

3 siung bawang putih

3 butir kemiri

½ ruas ibu jari jahe

 

½ ruas ibu jari kunyit

¼ bulatan biji pala

5 butir cengkeh

½ sdt lada

 

1 sdt ketumbar

2 buah bunga lawang

3 butir kapulaga


 

Lalu ini ya cara memasak ayam lado mudo:


Panaskan minyak, lalu tumis bumbu giling, lengkuas, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, sereh, dan kayu manis. Tumis sampe wanginya menguar.


Masukkan gilingan sambal ijo, irisan bawang bombay, garam, dan kaldu bubuk. Tumis lagi sampe wangi.


Masukkan ayam, kemudian aduk hingga merata. Kurang lebih 10 menit ya.


Masukkan air. Kalau kurang nanti bisa ditambah lagi.


Masak ayam dengan api agak pelan hingga +_ 1 jam. Karena ini potong 8, biasanya saya kalau memasak ayam potongan paha ini 45 menit, kemudian potongan dada 1 jam. Biar ayamnya empuk dan bumbunya udah meresap banget.


Cobain dulu ya garamnya.   

 

Ayam lado mudo
Cara memasak ayam lado mudo Koto Gadang


Kalau pake cabe rawit ijo, pedasnya jadi lebih berasa. Ada rasa gurih agak manis dari bawang bombay. Plus asam segar dari jeruk nipis.


Kalau ayam ini kan minyak dari dagingnya nggak sebanyak kayak bebek. Jadi kuahnya cukup bening juga sih. Tumis bumbunya juga minyaknya secukupnya aja, biar kuahnya jadi nggak terlalu berminyak.


Yang mau memasak itiak lado mudo, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Itiak Lado Mudo Koto Gadang


Oke, ini dia resep ayam lado mudo, alias ayam masak cabe ijo khas Koto Gadang, Sumatera Barat Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama yang penyuka ayam dan kuliner Minang. Makasih banyak ya, udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P