Resep Itiak Lado Mudo – Bebek Kuah Cabe Hijau yang Empuk dan Anti Amis

Memasak bebek memang ada tipsnya, biar rasanya nggak amis, dan dagingnya pun nggak keras. Berikut ini cara memasak Itiak Lado Mudo – bebek yang dimasak dengan kuah cabe hijau dan rempah lainnya. Masakan olahan bebek yang merupakan kuliner khas Koto Gadang, Sumatera Barat.

 


Apa kabar, teman-teman?


Kala itu, seorang ketua komunitas blogger mengabarkan lewat kolom pesan social media, bersamaan dengan beberapa teman food blogger lainnya. Jadi ada sebuah restoran online Itiak Lado Mudo dari Bukittinggi, yang ingin meminta kami untuk mencicipi masakan mereka, sekaligus berbagi cerita lewat blog dan instagram kami.


Walaupun ini kuliner Minang, tapi saya nggak familiar dengan masakan ini. Oh ya, kalau di kampung kami, masakan olahan bebek memang kurang familiar. Jadilah saya mencari info tentang Itiak Lado Mudo ini, lewat google tentunya. Oww ternyata ini bebek yang dimasak dengan kuah cabe hijau dan rempah lainnya. Pake dedaunan juga, biar masakannya tambah maknyus. 


Dalam bahasa Minang, "itiak" ini merupakan sebutan untuk itik atau bebek. Jadi kalaupun menggunakan bahasa Indonesia, biasanya di sini lebih familiar dengan kata, "daging itik" atau "telur itik".


Karena memang penyuka masakan olahan bebek, tentunya saya suka banget dengan Itiak Lado Mudo yang kala itu memang asli dikirim dari Bukittinggi.


Oh ya, Itiak Lado Mudo juga merupakan salah satu rekomendasi kuliner, bagi teman-teman yang pingin berwisata kuliner ke Bukittinggi dan sekitarnya. Bisa terbilang, Itiak Lado Mudo ini lebih familiar dari Ayam Lado Mudo. Cuma baik bebek maupun ayam, tentu ada penggemarnya masing-masing ya, hehe...


Sampai akhirnya, tahun lalu saya sempat berjualan masakan Padang frozen lewat aplikasi online. Untuk nambah menu, terpikirlah saya untuk berjualan Itiak Lado Mudo juga.


Rasanya pertama kalinya saya tau channel youtube Dapur Uni Et, karena pingin nyoba masak Itiak Lado Mudo ini. Dari yang Amak Uni Et jelaskan, ternyata masaknya nggak sesusah yang saya kira, haha...


Daging bebek itu amis dan keras. Biasanya ini yang bikin orang jadi malas untuk masak bebek. Dari yang Amak Uni Et jelaskan, saya mau berbagi tipsnya ya, biar Itiak Lado Mudo yang kita masak itu anti amis dan anti keras, haha...

 


Tips Memasak Itiak Lado Mudo Biar Nggak Amis dan Empuk:

 


Marinasi Bebek Sebelum Direbus


Jadi setelah daging bebek dipotong, dibuang kulitnya, lalu dicuci hingga bersih, campurkan lada halus, garam, dan air jeruk nipis. Nanti takarannya saya tulis di bawah ya. Lalu marinasi atau diamkan sekitar 5 s/d 10 menit. Kemudian dicuci lagi. Ini cara untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek.


 

Buang Busa yang Keluar Ketika Direbus


Kemudian daging bebek direbus bareng dengan dedaunan. Nanti kan keluar busanya dikit-dikit, nah ini mesti dibuang, untuk ngilangin amis juga. Sampe air rebusannya kelihatan bening lagi.


 

Rebus dengan Dedaunan


Selain rempahnya yang cukup banyak, dedaunan yang digunakan juga yang bikin daging bebek jadi hilang amisnya. Makanya dedaunannya ini dimasukkan dari awal merebus.


 

Gunakan Air Panas Kalau Mau Menambah Air


Daging bebek yang empuk, tentu karena kita memasaknya dalam waktu yang cukup lama. Kalau Itiak Lado Mudo ini dimasaknya kurang lebih 2 jam. Gunakan api pelan aja biar airnya nggak cepat habis juga.


Nah kalau misalnya airnya itu habis dan teman-teman mau menambahkannya lagi, gunakan air panas ya. Karena kalau air dingin, nanti daging bebeknya keras lagi.

 


Oke, itu beberapa tips untuk memasak Itiak Lado Mudo yang empuk dan nggak amis. Jadi cara masaknya agak berbeda ya, dengan Ayam Lado Mudo. Bumbunya pun takarannya ada yang beda.


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya. Resepnya saya recook dari Amak youtuber kece, Dapur Uni Et, dengan takaran yang saya sesuaikan. Step memasaknya pun juga saya pelajari dari Amak Uni Et. Moga menjadi berkah untuk Amak Uni Et atas segala penjelasannya...

 

Ini karena untuk di-frozen, jadi masih agak berkuah ya...

Cara membuat Itiak Lado Mudo – Bebek Kuah Cabe Hijau, ini dia yang perlu disiapkan:


1 ekor bebek, buang kulitnya, potong 8

½ sdt lada bubuk

½ sdm garam

1 buah jeruk nipis, peras airnya


 

500 ml air

1 bulatan bawang bombay, iris

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

3 lembar daun jeruk


1 lembar daun kunyit

1 batang serai, geprek

3 lembar daun salam

Sedikit kayu manis


Secukupnya minyak goreng

1 sdt garam

½ sdt penyedap



Bumbu yang digiling:


150 - 200 gram cabe ijo

25 gram cabe rawit ijo

3 ruas jeruk nipis

 


Giling terpisah:


8 siung bawang merah

6 siung bawang putih

3 butir kemiri

½ ruas ibu jari jahe


 

½ ruas ibu jari kunyit

¼ bulatan pala 

5 butir cengkeh

½ sdt lada


1 sdt ketumbar 

2 buah bunga lawang

3 butir kapulaga 

 


Note: 


Kalau mau lebih banyak bumbu hijaunya, bisa pake cabe hijau sampe 200 gram ya. Lalu kalau mau yang lebih pedas, cabe rawit hijaunya bisa gunakan sampe 50 gram aja. 

 


Lalu ini ya cara memasak Itiak Lado Mudo – Bebek Kuah Cabe Hijau:


Cuci bersih daging bebek dan lepas kulitnya. Campurkan dengan lada bubuk, garam, dan air jeruk nipis. Aduk, kemudian diamkan hingga 5 – 10 menit. Kemudian cuci lagi. Ini untuk menghilangkan amisnya ya.


Masukkan daging bebek, air, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, serai, daun salam, dan kayu manis. Gunakan api pelan aja.


Kalau busanya muncul, dibuang ya. Ini juga biar amisnya hilang.


Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu.


Masukkan bumbu giling, garam, dan penyedap, lalu tumis hingga harum.


Masukkan gilingan cabe hijau, lalu tumis hingga harum.


Kalau rebusannya udah nggak keluar busanya lagi (kurang lebih setengah jam ya), masukkan tumisan bumbu ini ke dalam air rebusan.


Total masak mulai dari merebus itu kurang lebih 2 jam ya, gunakan api pelan aja. Kalau misalnya airnya kurang, tambahkan dengan air panas. Karena kalau pake air dingin, nanti daging bebeknya keras lagi.


Kalau misalnya daging bebeknya udah empuk dan kuahnya masih agak banyak, diangkat aja dulu potongan bebeknya, lalu agak keringkan kuahnya dengan api sedang aja.


Cobain dulu ya rasa garamnya.

 


Ini rasanya perpaduan dari gurih bumbu, wanginya dari dedaunan, kemudian ada rasa gurih agak manis dari daun salam dan kayu manis, plus seger-seger dari jeruk nipis. Karena pake cabe rawit, jadi pedesnya pun berasa.


Kalau bebek memang lebih berminyak ya ketimbang ayam. Jadi numis bumbunya juga minyaknya ngepas aja, biar masakannya nggak kelewat berminyak juga.


Oke, ini dia Resep Itiak Lado Mudo – bebek kuah cabe hijau khas Koto Gadang, Sumatera Barat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama penyuka kuliner Minang atau masakan Padang. Bisa juga untuk rekomendasi masakan sahur. Makasih banyak ya udah mampir.

2 comments:

  1. asyik nemu resepnya dulu pas tinggal di Padang sering beli aja tapi kepo dengan resepnya

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P