Ayam Pop Frozen - Tips Mengemas, Menyimpan, dan Menghangatkan

Cara mengemas Ayam Pop frozen biar aman dan nggak rusak, serta cara memanaskannya ketika dikeluarkan dari chiller atau freezer. Rekomendasi frozen food kuliner Minang atau masakan Padang untuk stok masakan sahur, berjualan masakan beku, maupun hampers Ramadan dan Hari Raya.

 

Ayam pop frozen
Ayam pop frozen

Apa kabar, teman-teman?


Walaupun cuma digoreng asal aja, dan tampilannya pun putih pucat kurang menggoda selera, tapi perpaduan rasa air kelapa, rempah, serta dedaunan yang digunakan, menjadikan ayam pop berasa gurih agak-agak manis. Makanya, bagi para pecinta kuliner Minang atau masakan Padang, ayam pop juga masuk rekomendasi makanan favorit, yeayyy...


Sebenernya Ayam Pop memang nggak termasuk dalam kuliner asli Minang. Masakan ini berawal dari salah satu menu di sebuah restoran di Bukittinggi, Sumatera Barat. Lama kelamaan restoran Minang lainnya pun juga ikut berjualan, walau di restoran tertentu aja sih.


Ayam Pop biasanya menjadi incaran anak-anak, karena memang rasanya yang nggak pedas ya. Masakan Padang kan umumnya pedas-pedas. Tapi untuk orang dewasa atau yang penyuka pedas, Ayam Pop memang disajikan lengkap dengan sambalado merah. Disantapnya pun juga dengan daun singkong rebus, yang menjadi sayur khasnya masakan Padang.


Makin ke sini, tren frozen food atau mengemas masakan siap santap secara beku, makin bervariasi. Ayam pop juga bisa menjadi salah satu pilihan masakan yang dibekukan. Karena memang nggak menggunakan santan, jadi lebih aman untuk disimpan dalam beberapa hari.


Begitupun kalau harus kirim-kirim lewat jasa ojol sameday, jadi nggak khawatir cepat basi seandainya nyampenya lama.


Dulu sewaktu berjualan frozen food kuliner Minang, Ayam Pop juga menjadi salah satu menu yang saya jual. Dikirim untuk area Jakarta dan sekitarnya. Jadi pernah juga saya ngirim ke Depok dan Bekasi menggunakan jasa ojol sameday.


Jadi kalau teman-teman mau nanya, apa bisa dikirim keluar kota? Saya belum tau, karena memang belum pernah nyoba.


Memasak Ayam Pop untuk langsung disantap atau dibekukan, sebenernya sih kurang lebih sama. Tapi ya tetaplah ada bedanya, terutama cara packing dan menghangatkannya ya. Berikut ini saya berbagi tipsnya, sewaktu jualan kuliner Minang frozen food dulu...


Ayam pop frozen
Cara mengemas ayam pop frozen

Tips mengemas, menyimpan, dan menghangatkan Ayam Pop untuk frozen food:

 

Masak Hingga Benar-Benar Matang


Kalau masak untuk disantap langsung aja, harus yang benar-benar matang, biar ayamnya empuk dan kuahnya pun meresap. Apalagi kalau untuk dibekukan, biar peluang basi atau masakan rusak itu terbilang enggak ada.


Berapa lama waktu yang diperlukan dalam memasak Ayam Pop? Saya udah nulis sekalian di resepnya ya. Nanti di bawah saya share link-nya.

 


Masukkan Minyak ke dalam Kemasan


Ini terutama kalau teman-teman mau berjualan frozen food atau buat hampers. Kita kan maunya, mereka udah tinggal manasin aja. Nggak perlu siapin minyak lagi. Makanya, ketika packing, juga sekalian dimasukkin minyak gorengnya.


Biasanya saya packing itu per-setengah ekor yang dipotong 4. Jadi minyak sayur yang saya masukkan itu 8 sdm.

 


Gunakan Vacuum Sealer


Kalau cuma untuk stok masakan aja, teman-teman bisa gunakan wadah yang tertutup rapat. Lalu kalau untuk berjualan frozen food atau hampers, bisa gunakan plastik vacuum aja dan di-pressed biar lebih awet.


Untuk vacuum sealer, plastik vacuum, dan sejenisnya, saya udah share di -) Sharing Bisnis Rendang Frozen ya.

 


Buat Per-Setengah Ekor


Dulu saya kalau jualan Ayam Pop frozen, menggunakan kemasan setengah ekor. Kalaupun pembelinya minta 1 ekor, ini dibuat 2 plastik, karena memang plastik yang saya beli itu ukuran setengah kilo.


Dengan packing yang lebih sedikit, jadi yang dikeluarkan dari freezer atau chiller pun sesuai yang mau dimakan aja.


Begitupun dengan sambalnya, saya bagi 2 juga. Plastik vacuum-nya digunting, lalu direkatkan lagi pake vacuum sealer.

 


Simpan di dalam Chiller atau Freezer


Kalau memang teman-teman punya chiller, tentu ini akan lebih bagus disimpan di dalam chiller. Tapi kalau memang nggak ada, ya simpan di freezer aja, dan pastikan freezer-nya punya suhu yang stabil ya. Kadang ada kan, freezer yang bunga esnya udah banyak, eh jadinya nggak dingin. Nanti masakannya kalau nggak beku, jadi nggak tahan lama.


 

Cara Menghangatkan Ayam Pop Frozen


Untuk menghangatkan ayam pop yang beku, gunakan wajan anti lengket. Panaskan Ayam Pop dengan api agak pelan aja, biar panasnya benar-benar meresap. Takutnya dalamnya itu masih beku atau dingin kan.


Jangan terlalu sering diaduk ya, terutama pas masih agak beku, nanti hancur. Makanya pake wajan anti lengket aja biar nggak hangus.


Pas dikeluarkan dari chiller atau freezer, diamkan dalam suhu ruang dulu ya, biar nggak beku amat.


Karena pake minyak gini, jadi baiknya dipanaskan dengan api kompor aja. Cuma kalau emang kepepet, ya nggak apa-apa sih pake microwave juga.

 


Berapa Lama Ayam Pop Frozen Bisa Disimpan?


Saya nggak merekomendasikan dalam waktu yang lama, macam rendang ya. Karena proses masak dan bumbunya pun beda. Ya setidaknya kurang dari seminggu oke lah.

 


Tipsnya udah, lalu sekarang tinggal menyiapkan untuk masak Ayam Pop-nya ya. Untuk resep dan tips memasak Ayam Pop yang empuk dan bumbunya meresap, serta sambalnya yang pedas agak manis, silakan mampir ke sini ya -) Resep Ayam Pop

 

Oke, ini dia tips mengemas, menyimpan, dan menghangatkan Ayam Pop frozen. Moga bermanfaat bagi teman-teman untuk stok masakan beku, berjualan frozen food masakan Padang, maupun hampers Ramadan dan Hari Raya. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P