Resep Pudding Ubi Ungu

Cara memasak pudding dengan campuran ubi ungu dan santan. Rekomendasi cemilan manis dan takjil Ramadan untuk keluarga.


Resep pudding ubi ungu
Pudding Ubi Ungu

Apa kabar, teman-teman?


Sebelumnya, udah lama juga sih, hehe... Saya pernah share cara memasak Pudding Nutrijell Vanilla Ubi Ungu. Lalu sekarang, saya mau berbagi resep Pudding Ubi Ungu, yang menggunakan bubuk agar-agar macam Swallow Globe atau sejenisnya ya.


Emang bedanya apaan, Nit? Cuman beda di bubuk agar-agar dengan jelly-nya doang kan? Haha... Owww tentunya enggak dong.


Kalau pada Pudding Nutrijell Vanilla Ubi Ungu, ini pudding-nya ada rasa vanilla-nya juga, selain ubi ungunya. Nah kalau yang menggunakan bubuk agar-agar ini, juga punya rasa gurih yang berasal dari santan. Jadi Pudding Ubi Ungu ini pake campuran santan juga ya. Nanti di bawah saya share ya, takaran santannya biar rasanya nggak mendominasi, tapi pudding-nya jadi gurih manis.


Lalu untuk tips memilih ubi ungu yang bagus, saya juga udah share di post Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu. Capcuss langsung ke sana aja yaaa...


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya:

 

Cara membuat pudding ubi ungu
Cara membuat Pudding Ubi Ungu


Cara membuat Pudding Ubi Ungu, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


1 bungkus bubuk agar-agar (Swallow Globe atau sejenisnya)

150 gram ubi ungu (berat setelah dikupas dan matang ya)

200 ml santan (+_ 1 gelas sedang / kaki 10)

 

600 ml air

8 – 10 sdm gula pasir

 

Note: Kalau teman-teman mau pake santan instant, bisa pake yang kemasan segitiga kecil 65 ml deh rasanya, trus sisanya tambah air aja.

 


Lalu ini ya cara memasak Pudding Ubi Ungu:


Bersihkan kulit ubi ungu dengan sabuk cuci piring. Jangan pake sabunnya ya, hehe... Kalau teman-teman pingin kulitnya dikupas dulu baru direbus atau dikukus juga bisa.


Rebus atau kukus ubi ungu selama 30 – 45 menit. Kupas kulitnya, lalu haluskan. Bisa juga dengan blender kalau mau halus banget.  


Campurkan bubuk agar-agar, ubi ungu, santan, air, dan gula 8 sdm dulu aja ya. Aduk merata.


Nyalakan kompor, didihkan sembari sering diaduk. Gunakan api sedang aja ya.


Cobain dulu ya rasa manisnya, mana tau perlu ditambah gula lagi.


Tuang ke dalam loyang atau cetakan. Kalau mau didinginkan di dalam kulkas, tunggu sampe panasnya hilang dulu ya.

 

Cara memasak pudding ubi ungu
Cara memasak Pudding Ubi Ungu

Karena pake ubi, jadi ya lumayan bikin kenyang juga sih, hehe... Biasanya kalau Ramadan kan pada malas makan nasi, makanya saya sering bikin takjil yang ada karbonya juga. Ubinya sesuai takaran ini aja ya, atau lebih dikit juga nggak apa-apa. Jangan kebanyakan, nanti pudding-nya keras.


Karena ubi ungu memang manis, jadi ya rasa pudding-nya ini manis dan ada gurihnya juga dari santan.


Oke, ini dia Resep Pudding Ubi Ungu. Moga bisa jadi rekomendasi bagi teman-teman  penyuka pudding maupun cemilan manis. Bisa juga untuk rekomendasi takjil Ramadan. Makasih banyak ya udah mampir...

2 comments:

  1. Udah lama banget aku ga bikin pudding Nutrijel :) Ini ternyata gampang ya cara masaknya. Bahan2nya juga tinggal beli di warung tetangga hehehe. Ubi ungu agak jarang, kudu pesen kayaknya. Pas nih siap2 buat puasa ramadan berbuka dengan yang manis. btw, lucu bener piring ayamnya.

    ReplyDelete
  2. Cateeeeeet 😍😍😍😍. Beneeer mba, aku juga kalo buka puasa itu LBH suka bukaan yg ada karbonya. Jadi ga kalap kalo makan malam. Udah keburu kenyang 😄.

    Udah kebayang ini enak sih. Ntr mau cari deh ubi ungu di pasar 😁

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P