5 Kegiatan yang Bermanfaat Saat Bulan Puasa

Selain berpuasa dan sholat tarawih, tentu ada kegiatan lainnya yang bermanfaat dan insya Allah mendatangkan pahala selama Ramadan. Ini dia 5 kegiatan yang bermanfaat untuk dilakukan di bulan puasa. #BPNRamadan2022

Apa kabar, teman-teman?


Ramadan yang cuma datang selama sebulan dalam setahun, tentu nggak pingin kita lewati begitu aja. Apalagi, bulan Ramadan merupakan moment bertaburnya pahala dan segala kebaikan, untuk umat yang Allah kehendaki. Begitupun dengan segala keinginan yang kita miliki. Pada bulan inilah Allah akan mengabulkannya, selama memang terbaik untuk kita.


Jadi selain berpuasa dan sholat tarawih, alangkah menyenangkannya kalau bulan puasa ini kita lewati dengan kegiatan yang bermanfaat, membawa kebaikan untuk diri sendiri dan mungkin orang-orang terdekat, serta insya Allah bisa mendatangkan pahala.


Sebenernya 5 kegiatan yang akan saya share ini, juga udah pernah saya tulis dalam post Puasa di Rumah Aja. Tapi untuk yang post ini, saya fokuskan pada kegiatan yang insya Allah mendatangkan pahala ya.

 


Ini dia 5 kegiatan yang bermanfaat saat bulan puasa:

 


Mengaji


Source: fayda.co.id

Membaca Al-Qur’an, memahami artinya, serta menjalankan segala pesannya dalam kehidupan sehari-hari, tentu sangat besar pahalanya, insya Allah. Walau mungkin untuk menjalankannya butuh waktu yang perlahan-lahan, tapi setidaknya kita udah punya niat untuk berubah jadi yang lebih baik, mudah-mudahan Allah bantu jalannya.


Dalam bulan Ramadan, konon katanya siapa yang membaca 1 huruf dalam Al-Qur’an, akan menjadi 1 kebaikan. Lalu dalam 1 kebaikan itu, akan berlipat menjadi 10 kebaikan.


Masya Allah... Moga Allah menerima segala kegiatan orang-orang yang membaca Al-Qur’an ya, terlebih lagi yang sampai khatam selama bulan Ramadan.

 


Berdoa


Source: nasihatsahabat.com

Setiap manusia rasanya punya doa-doa dan keinginan, yang entah dalam waktu dekat maupun planning jangka panjang. Jadi selalu kita diingatkan untuk meminta dan nggak boleh putus asa, andai doanya belum Allah kabulkan.


Lalu pada bulan Ramadan, konon katanya ada 3 waktu bagi kita untuk dijabahnya doa-doa terbaik kita. Yaitu:


Berdoa pada waktu sahur

Berdoa saat lagi berpuasa

Berdoa saat berbuka puasa

 


Saya jadi ingat, kala itu ada yang harus saya bayar di tanggal sekian, dan tanggal itu kurang dari seminggu lagi. Sementara uang saya belum cukup, karena segala invoice kerjaan pada belum jatuh tempo, haha...


Ketika sholat Isya, saya bilang sama Allah, cukup singkat, “Tolong saya, ya Allah...”


Saya nggak meminta, mudah-mudahan invoice yang ini, yang itu, cepat ditransfer ya. Enggak! Saya cuma minta Allah tolong saya aja, caranya suka-suka Allah aja...


Lalu pas sholat Shubuh, kembali saya ulang doa itu, “Tolong saya, ya Allah...”


Abis Shubuh saya tidur, karena kalau malam nggak banyak waktu tidur saya. Begitu terbangun, dengan mata yang masih sepet, saya buka WA,


“Ini ada sedikit bagi-bagi THR ya...”


Sedikit yang dia bilang, itu cukup banyak buat saya. Cuma rentang waktu dari Isya ke Shubuh aja kan di bulan Ramadan, Allah jawab doa saya.


Adapula doa-doa yang entah udah berapa kali Ramadan, belum Allah kabulkan. Ada pula yang pada akhirnya saya bilang, “Pantesan sama Allah nggak dikasih. Emang bukan yang baik...”


Yups, hidup ini sebenernya simple kok. Iyya ka na’budu, wa iyaa ka nasta’in...

 


Membaca Buku yang Bernuansa Islam


Setiap tahunnya, tentu kita pingin selalu memperkaya wawasan keislaman kita ya. Terlebih lagi untuk teman-teman yang udah jadi ayah dan ibu. Dengan terus menambah pemahaman Islam kita, tentu kita jadi bisa mengajarkan pada anak-anak ya.


Ada banyak sekali buku-buku yang bisa kita pelajari. Misalnya tentang cara mendidik anak sesuai ajaran Rasulullah. Makan yang sehat ala Rasulullah. Atau mungkin menjalani rumah tangga ala Rasulullah dan Siti Aisyah. Tentu bisa kita pilih sesuai dengan yang kita butuhkan.


Selain buku berbentuk fisik, saat ini e-book pun juga nggak kalah banyaknya. Yang bisa didapatkan dengan membeli maupun gratis.


Tapi yang terpenting, cari tau juga profil penulis serta penerbitnya ya. Apa ya, kita juga nggak pingin kan kalau mendapat pemahaman Islam dari aliran yang salah. Karena nggak dipungkiri, yang terselubung ini kan banyak.

 


Mendengarkan Ceramah


Selain lewat membaca, pemahaman Islam juga bisa kita dapatkan lewat mendengarkan ceramah. Kalau dulu tiap pagi, sembari kerja ini itu, saya senang dengerin ceramahnya Mamah Dedeh. Karena memang lebih ke seputar kehidupan sehari-hari.


Sekarang ini lewat youtube pun ada banyak pula ceramah dari Ustadz dan Ustadzah. Kadang saya juga suka dengerin ceramahnya Tuan Guru UAS. Karena UAS juga cara penyampaiannya itu santai dan suka bikin ketawa juga...


Sama dengan membaca buku, cari tau juga profil Ustadz maupun Ustadzah favorit kita ya...

 


Bekerja


Ada banyak sekali orang-orang yang tetap semangat menjalankan ibadah puasanya, walau harus bekerja yang mungkin letih sekali. Bahkan banyak juga jenis pekerjaan yang hingga H-1 lebaran pun masih tetap bekerja. Biasanya yang bekerja di bidang pelayanan jasa ya...


Konon katanya, bekerja untuk mencari rezeki yang halal, juga terhitung ibadah. Apalagi bekerja di bulan Ramadan ya.


“Yah kalo gue mah nggak kerja, Nit. Cuman ibu rumah tangga biasa.”


Ehhh... ketika ibu rumah tangga menjaga anak-anak, menyiapkan makan sahur dan berbuka untuk keluarga, mencuci pakaian biar suami bisa sholat tarawih dengan pakaian rapi, ini kan juga pekerjaan yang insya Allah mendatangkan pahala yang luar biasa.


Seiring dengan letihnya yang juga luar biasa kan, haha... Walau saya bukan ibu-ibu ya, tapi curhatan ibu-ibu kan pada kayak gitu, hahahah...

 


Oke, ini dia 5 kegiatan yang bermanfaat di bulan puasa, versi saya. Moga menjadi manfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P