Puasa di Rumah Aja, Ini Dia Beberapa Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

Menjalani puasa di rumah aja, tentunya harus ada kegiatan untuk menghabiskan waktu hingga buka puasa tiba. Berikut ini beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan, untuk melewati moment puasa di rumah aja. #BPNRamadan2022

Puasa di rumah aja
Menjalankan puasa di rumah aja

Apa kabar, teman-teman?


Dulu kalau udah memasuki Ramadan, murid saya pun juga pada libur sekolah. Jadi belajar dengan saya pun, orang tuanya meminta untuk libur dulu aja. Kalaupun tetap belajar, biar nggak lupa sama sekali, itu nggak full juga. Namanya juga les privat, jadi biasanya itu waktunya selang seling.


Makanya selama Ramadan, saya memang lebih banyak puasa di rumah aja. Kok Nita nggak kelayapan, misalnya ke mall, gitu? Haha... saya kalau udah puasa, apalagi pas awal-awal, itu mulai dari mual sampe sakit kepala karena asam lambung, bikin saya enakan di rumah aja.


Bahkan untuk tren bukber pun, bisa dibilang nggak pernah saya ikuti. Kecuali untuk acara penting, misalnya event blogger atau segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Just meet up, wait... until lebaran, hahah...


Trus emangnya Nita nggak bosen, kalau melewatkan puasa di rumah aja? Alhamdulillah makin ke sini, hidup saya makin fleksibel. Ketika harus keluar rumah dan berada di dalam rumah aja, keduanya ya sama serunya.


Tentu kita harus punya kegiatan, apalagi menjalani hobi yang bisa dilakukan di dalam rumah. Biar makin betah berpuasa di rumah aja.


Ini dia beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan selama berpuasa di rumah aja:
 


Beribadah

Source: fayda.co.id

Sebenernya kalau untuk ibadah memang dilakukan setiap hari ya, bukan cuma di bulan Ramadan aja. Tapi konon katanya, beribadah selama bulan Ramadan itu, pahalanya akan Allah lipatgandakan. Amien, ya Rabb. Moga ibadah kita termasuk yang berlipat ganda ya.


Ibadah yang bisa dilakukan itu selain sholat, ya mengaji. Ada teman-teman yang hingga moment lebaran, mengajinya bisa khatam. Mereka atur selama 3 pekan untuk mencicil, karena let say 1 pekannya untuk libur month period atau ada hal lain.


Keren ya, saya belum bisa konsisten kayak teman-teman begitu.



Berdoa

Source: nasihatsahabat.com

Konon katanya juga, selama di bulan Ramadan ini, segala doa-doa terbaik kita akan Allah kabulkan. Tentunya kalau memang akan membawa kebaikan bagi diri kita.


Jadi selain setelah sholat, kita juga bisa menyediakan waktu khusus untuk berdoa. Menyampaikan semua keinginan hidup secara rinci. Mana tau Allah kabulkan, kalau memang itu yang terbaik.


Doakan pula orang-orang terdekat kita, biar mereka diberikan kesehatan dan bahagia selalu.

 


Memasak


Kalau ada yang bilang, Ramadan itu ibadahnya yang difokuskan, bukan menu buka puasa dan sahurnya. Tapi kalau saya bilang, setelah beribadah, tentu nggak ada salahnya kan kita membahagiakan diri dan keluarga, dengan memasak menu buka puasa dan sahur kesukaan keluarga.


Makanan dan minuman yang bergizi seimbang, yang segar, yang praktis, bukankah ini juga bagian dari menikmati puasa di rumah aja. Apalagi kalau di rumah itu ada anak-anak yang baru belajar puasa. Dengan menyiapkan makanan dan minuman favorit mereka, bisa jadi semacam hadiah dan dukungan biar besoknya semangat puasa lagi.


Salah satu menu buka puasa praktis yang sering saya buat adalah Pasta Ais Sirap Bandung. Teman-teman bisa mampir ya, untuk tengok-tengok cara membuatnya.

 


Belajar Memasak


Pudding ubi ungu
Memasak takjil untuk berbuka puasa


Memasak yang itu-itu terus, tentunya bikin bosan. Makanya kita perlu variasi masakan. Cuma terkadang, idenya belum ada. Atau idenya ada, tapi cara masaknya belum bisa.


Sekarang ini banyak sekali orang-orang yang share cara memasak, baik lewat blog, youtube, maupun semua social media. Tinggal kita search aja deh, resep yang mau kita coba.


 

Menonton


Menonton film atau series yang cukup panjang, bisa bikin tau-tau udah mau buka puasa aja, hehe... Tentunya kita udah membagi waktu dengan kegiatan lainnya, biar agenda nontonnya jadi makin asyik.

 


Membaca Buku

Membaca buku
Membaca buku

Selain menonton, membaca buku juga salah satu kegiatan yang asyik untuk melewatkan puasa di rumah aja. Apalagi buku yang bertema Islam. Moga menjadi pahala juga, karena kita udah menghabiskan waktu dengan belajar agama.


Buku-buku fiksi serta nonfiksi lainnya juga asyik untuk mengisi waktu, sekaligus menambah wawasan juga kan.

 


Dengerin Musik


Sekarang ini bahkan di tiktok pun kita udah bisa dengerin musik ya. Kalau saya lebih terbiasa dengerin musik di youtube sih, karena unlimited kuota juga, hahah...


Apalagi kalau yang diputar itu tentang sholawat, kita jadi bisa ber-sholawat juga kan.


Lagu-lagu yang bikin rileks pun juga nggak ada salahnya kita dengarkan, sembari rebahan yang tau-tau ketiduran, hahah...

 


Beberes Rumah


Lah, Nit. Udah tau lagi puasa. Masa iya beberes rumah, bikin haus aja!


Ya beberes rumahnya nggak usah angkat yang berat-berat, hahah... Misal elap-elap lemari, atau merapikan tumpukan rak piring, ini kan rasanya nggak berat amat, dan bisa dicicil pula ngerjainnya.

 


Tidur Siang


Konon katanya, kalau tidur siang selama puasa itu mendatangkan kebaikan, ketimbang kita melakukan hal-hal yang kurang baik, selama mata terbuka.


Jadi ketika jam tidur malam kita terpotong untuk tahajud, untuk sahur, tentu nggak ada salahnya untuk tidur siang dulu. Biar nanti pas tarawih pun nggak ngantuk.



Menjalani Hobi Lainnya


Teman-teman tentu punya beragam hobi. Jadi mengisi waktu puasa di rumah aja, juga bisa dengan menjalani hobi atau kegiatan yang kita suka.


Kalau hobinya maen game online? Haha... Ya nggak apa-apa kan, namanya juga untuk rehat dan pengisi waktu.

 


Oke, ini dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, ketika menjalani puasa di rumah aja. Mungkin ada juga tambahan lainnya yang teman-teman lakukan. Moga menjadi manfaat bagi kita semua ya. Makasih banyak ya udah mampir...

2 comments:

  1. Puasa dengan cuaca panas pastinya malas mau keluar rumah deh. Udah paling bener sih lakukan beragam kegiatan ini aja,kak. Kusuka baca buku dan dengarin musik, pas banget deh tips dari kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di sini pun sesekali aja hujan, biasanya pun malam. Enak di rumah aja memang :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P