Tempat Ngabuburit Asik untuk Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Ngabuburit dalam bahasa Indonesia, bisa diartikan sebagai kegiatan pengisi waktu hingga saat buka puasa tiba. Ngabuburit bisa dilakukan di dalam maupun di luar rumah. Berikut ini rekomendasi tempat ngabuburit asik versi saya, untuk menunggu waktu berbuka puasa. #BPNRamadan2022

Masjid Al Hakim Padang
Tempat ngabuburit asik, bermanfaat, dan insya Allah mendatangkan pahala


Apa kabar, teman-teman?


Ngabuburit, kata atau istilah yang berasal dari bahasa Sunda. Lama kelamaan, istilah ini seakan menjadi nasional ya, haha... Setidaknya banyak orang yang menggunakan istilah tersebut.


Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, ngabuburit bisa dikatakan sebagai kegiatan untuk mengisi waktu, hingga tiba waktu berbuka puasa.


Dalam bahasa Minang, kami juga punya istilah Malengah Puaso, yang artinya kegiatan untuk melengahkan atau mengalihkan rasa haus dan lapar, karena berpuasa.


Kegiatan ngabuburit ini bisa dilakukan di luar rumah, maupun di dalam rumah aja. Apalagi sekarang ini kondisi pandemi bisa dibilang agak longgar ya. Kita udah boleh diizinkan untuk melakukan ngabuburit di luar rumah. Tetap dengan aturan-aturan tertentu, biar Covid ini nggak meninggi lagi.


Kalau saya memang bukan orang yang melakukan ngabuburit di luar rumah. Bekerja di waktu puasa udah cukup bikin saya letih. Lagipula kalau hari kerja, kami terbiasa buka puasa di tempat kerja. Lalu kalaupun libur, saya lebih memilih untuk banyak berleyeh-leyeh di rumah aja.

 


Tips Ngabuburit Asik Selama Pandemi


Masjid Al Hakim Padang
Masjid Al Hakim Padang

Walaupun kita udah diizinkan tipis-tipis untuk melakukan ngabuburit di luar rumah, tapi tetaplah ada aturan yang mesti tetap kita perhatikan.


Ini dia beberapa tips melakukan ngabuburit asik selama pandemi:

 


Pilih Tempat yang Nggak Jauh dari Rumah


Ngabuburit biasanya dilakukan untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa, lalu kembali pulang untuk buka puasa di rumah.


Jadi ketika akan keluar rumah, tentu kita udah memprediksi berapa menit sebelum bedug, kita harus udah nyampe di rumah.


Makanya kalau bisa, pilihlah tempat ngabuburit yang enggak jauh dari rumah, plus jalan bolak baliknya pun enggak macet. Jadi jangan sampe, karena macet, kita jadi nggak bisa berbuka puasa dengan nyaman, karena masih di jalan.

 


Pilih Lokasi yang Kita Bisa Berbuka Puasa di Sana


Yang kita harapkan memang bisa kembali ke rumah beberapa menit sebelum berbuka puasa. Tapi namanya kondisi jalan dan sebagainya, kadang bikin kita jadi terpaksa berbuka puasa di luar rumah juga.


Makanya daripada was-was, mending pilih aja lokasi tempat ngabuburit yang bikin kita jadi bisa sekalian berbuka puasa di sana juga. Setidaknya untuk minum dan menikmati cemilan pengganjal perut aja, kita tetap nyaman.

 


Pilih Lokasi yang Kita Bisa Sholat Maghrib


Ini kelanjutan dari berbuka puasa di luar rumah rumah ya. Jadi ketika kita ngabuburit dan ternyata, mending berbuka puasa dulu baru pulang, jadi sekalian aja kita sholat Maghrib dulu. Biar pulang pun nggak terburu-buru karena belum sholat.


Jadi pilih juga lokasi ngabuburit yang kita bisa sholat Maghrib dengan nyaman ya.

 


Yang Memungkinkan Kita untuk Jaga Jarak


Karena sekarang ini masih pandemi, jadi sebisa mungkin pilihlah lokasi ngabuburit yang bikin kita tetap bisa jaga jarak. Jauh dari kerumunan orang-orang yang bikin Covid bisa kembali naik. Lalu jangan lupa, tetap kita pakai masker ya.

 


Pilihlah Ngabuburit yang Ada Manfaatnya


Saya tau, bagi sebagian orang, ngabuburit merupakan agenda pelepas lelah sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Tapi kalau ngabuburit yang kita lakukan ada manfaatnya, apalagi mendatangkan pahala, tentunya ini akan lebih baik kan.


Bukankah Ramadan itu sebaiknya diisi dengan mengumpulkan amal ibadah sebanyak-banyaknya. Termasuk saat ngabuburit tiba.

 


Itu dia tips dalam menjalankan ngabuburit untuk pengisi waktu detik-detik akhir berpuasa. Berikut ini rekomendasi tempat ngabuburit asik dan bermanfaat, untuk menunggu waktu berbuka puasa:   

 


Tempat Ngabuburit Terbaik Versi Saya:


Masjid Al Hakim Padang
Masjid Al Hakim

Masjid atau Musholla

 

Selain memang tempat ibadah kita, bagi saya ada banyak sekali keuntungan untuk melakukan ngabuburit di masjid atau musholla.


Di dalam masjid atau musholla, kita membaca Al-Qur’an bersama-sama. Walau bukan tadarus, tapi dengan sama-sama memegang Al-Qur’an dan membacanya, tentu bisa bikin makin semangat kan.


Menjelang berbuka puasa, seringkali di masjid atau musholla diadakan pengajian. Tentu menyenangkan kalau kita juga ikut menyimak materi yang diberikan oleh Ustadz atau Ustadzah.


Terkadang di dalam masjid atau musholla juga, disediakan buku-buku Islami yang bisa menambah wawasan kita. Tentu menyenangkan juga kalau kita menghabiskan waktu ngabuburit, dengan membaca buku-buku atau majalah yang bernuansa Islam.


Selama bulan Ramadan, biasanya masjid atau musholla akan dipenuhi dengan hidangan berbuka puasa, kiriman dari jamaah atau orang-orang sekitar. Tentunya ini akan memudahkan kita, jadi nggak perlu lagi memikirkan takjil untuk berbuka puasa.


Wah tapi kasihan dong, Nit, kalau orang yang jualan takjil jadi nggak ada yang beli? Ya tetap dibeli aja, buat makan malam dan cemilan selanjutnya kan bisa.


Atau bisa juga kita membawa takjil untuk tambah-tambah menu takjil yang ada, kemudian menyantapnya bersama-sama.


Dengan melakukan ngabuburit dan berbuka puasa di masjid atau musholla, kita juga jadi bisa sholat Maghrib dengan nyaman. Beda halnya dengan di tempat-tempat lain, yang kadang kita harus berjalan kaki dulu menuju masjid atau musholla-nya, kemudian antrinya ampun-ampun.


Dengan melakukan ngabuburit di masjid atau musholla, bukankah ini bagian dari syiar kita untuk menghidupkan tempat ibadah kita, dengan kegiatan yang bermanfaat.


Kita juga bisa berpindah-pindah masjid atau mushola di sekitar rumah, kemudian mengabadikannya di akun social media. Niatkan untuk syiar ya. Mana tau ada teman-teman kita yang belum tau, ada masjid atau musholla tersebut.

 


Di Rumah Aja


Ngabuburit di rumah aja, bukan berarti enggak seru. Toh saya bertahun-tahun melakukan ngabuburit di rumah doang, hepi-hepi aja, hahahahhh...


Ada beberapa keuntungannya pula kalau kita melakukan ngabuburit di rumah aja. Kita jadi nggak terjebak macet, atau terburu-buru pulang untuk berbuka puasa.


Kemudian kita juga bisa sholat Maghrib dengan nyaman. Serta bisa istirahat sejenak, sembari menunggu waktu tarawih tiba.


Pada post sebelumnya, saya udah menulis tentang Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Selama Berpuasa di Rumah Aja. Teman-teman boleh mampir juga yaaaa...

 


Oke, ini dia rekomendasi tempat ngabuburit asik versi saya, yang bermanfaat serta nggak meninggalkan makna Ramadan dan berpuasa kita ya.


Kalaupun teman-teman terbiasa dengan ngabuburit di mall, di resto, di taman, dan tempat-tempat lainnya, tentu nggak kalah menyenangkan juga. Apalagi diisi dengan silaturahmi atau sekalian reuni dengan teman-teman lama. Tinggal diselang seling aja kan bisa.


Moga bermanfaat bagi kita semua . Makasih banyak ya udah mampir...

2 comments:

  1. wuaaah, mudik akhir feb kemarin baru kesampaian liat masjid al hakim sambil lewat pake grab, semoga mudik lebaran besok kesampaian berkunjung....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah orang sini juga ya, Kak. Moga bisa jumpa pas nanti pulang kampung ya :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P