Begini Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing Kurban Idul Adha

Dapat daging kurban? Berikut ini cara membedakan daging sapi dan daging kambing, sebelum menyimpan atau mengolah daging kurban saat Idul Adha.


Daging sapi dan daging kambing
Cara membedakan daging kambing dan daging sapi


Apa kabar, teman-teman?


Dalam satu kantongan daging kurban yang dibagikan, terkadang suka dicampur antara daging sapi dan kambing. Sebelum memasak atau menyimpannya dalam freezer, tentu sebaiknya kita pisahkan kedua daging ini dulu ya.


“Emang kenapa harus dipisahin segala sih, Nit? Kan sama-sama daging yang halal kok.”


Hemm... emang bener sih, sama-sama daging yang teksturnya pun mirip. Tapi ini dia beberapa alasan, kenapa sebaiknya daging sapi dan kambing itu nggak dimasak berbarengan.

 


Kenapa Daging Sapi dan Kambing Sebaiknya Dimasak Terpisah?

 


Takaran Bumbunya Berbeda


Daging kambing terkenal akan bau prengusnya yang melebihi daging sapi. Jadi untuk memasak daging kambing biar baunya ini hilang, digunakan takaran bumbu yang lebih banyak juga, terutama bawang putih.

 


Waktu Memasaknya Berbeda


Seratnya yang lebih tebal, bikin daging kambing juga jadi lebih lama empuknya. Kalau misalnya dimasak berbarengan dengan daging sapi, empuknya jadi nggak sama kan.

 


Kondisi Kesehatan Tertentu


Ada orang-orang yang karena kondisi kesehatan tertentu, mereka nggak dibolehkan lagi menyantap daging kambing. Kalau udah jadi masakan, apalagi dengan takaran bumbu yang pas, terkadang sulit juga untuk membedakan daging sapi dan daging kambing.

 


Tidak Suka


Namanya juga selera, ada orang-orang yang memang enggak suka menyantap daging kambing. Mau jadi masakan dengan bumbu yang enak sekalipun, aroma khas daging kambing itu yang bikin mereka enggak suka. Makanya daripada masakan diacak-acak, bahkan dimuntahkan, lebih baik kita masak terpisah aja kan.

 


Itu dia beberapa alasan, kenapa memasak daging sapi dan kambing sebaiknya dilakukan secara terpisah. Buat saya dan mungkin teman-teman juga, ada yang masih bingung membedakan daging sapi dan kambing, ini dia beberapa tips cara membedakan keduanya.

 


5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing Kurban Idul Adha
 


Tekstur


Ketika membuka kantongan daging kurban, kita lihat tekstur dari onggokan daging tersebut. Daging kambing punya tekstur yang lebih kasar dibanding daging sapi.


Daging kambing juga punya serat yang lebih tebal dibandingkan dengan daging sapi. Makanya daging kambing empuknya lebih lama ketimbang daging sapi. Sementara daging sapi punya serat yang lebih kecil dan renggang.


Setelah itu kita tekan dagingnya. Kalau daging kambing akan terasa lebih lunak ketimbang daging sapi. Daging sapi juga akan terasa lebih kenyal.

 


Garis Putih


Pada daging sapi, akan terlihat garis putih yang merupakan lemak. Nah kalau pada daging kambing, garis putih ini enggak ada.

 


Warna


Daging kambing punya warna yang lebih merah dan terang. Kalau misalnya didiamkan di suhu ruang aja nih, daging kambing bakalan berubah warna jadi merah pucat keunguan.


Sementara daging sapi warnanya merah pucat. Kalau dibiarkan dalam suhu ruang, nanti akan berubah warna jadi kecoklatan menggelap.

 


Aroma


Daging kambing memang terkenal akan baunya yang lebih prengus ketimbang daging sapi. Kalau takaran bumbunya kurang, atau cara memasaknya yang kurang tepat, biasanya akan tetap berasa baunya nih.

 


Rasa


Nah kalau ini setelah dimasak. Jangan daging mentah dimakan ya, hahah... Daging kambing akan terasa lebih gurih ketimbang daging sapi. Tapi kalau cara memasaknya tepat ya.

 


Kalau udah dipisahkan, tinggal kita simpan di dalam kulkas atau freezer. Gimana caranya menyimpan daging kurban di kulkas atau freezer, biar tetap segar saat dimasak? Teman-teman bisa mampir langsung aja ya ke -) Cara menyimpan daging kurban Idul Adha biar tetap segar 


Bagi teman-teman yang belum ada ide masakan Idul Adha dari daging sapi kurban, bisa mampir ke sini aja ya -) 5 Rekomendasi Masakan Padang Olahan Daging Sapi Kurban Idul Adha


Oke, ini dia tips membedakan daging sapi dan daging kambing, biar kita nggak bingung lagi kalau nanti dapat daging kurban pas Idul Adha. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...


Pendukung materi:

https://hot.liputan6.com/read/4318885/4-cara-membedakan-daging-sapi-dan-daging-kambing-jangan-sampai-salah

6 comments:

  1. bener kak, kadang aku bingung membedakannya. terima kasih atas infonya yaaa

    ReplyDelete
  2. Aku lihat dari garis putihnya itu mbak sama warnanya. Tapi juga masih suka ragu sih. Kalau daging kambing lebih keras pas datang. Bener apa ga, main feeling juga hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling mudah emang dari baunya itu ya, haha... Daging kambing kan emang baunya biasa berlebih ya.

      Delete
  3. keduanya beda banget ya mbak, kalo aku biasanya kelihatan dari aromanya. Apalagi yang masih fresh, dagig kambing sudah tercium aroma khasnya

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P