7 Rekomendasi Kurma di Indonesia

Kurma merupakan salah satu makanan yang identik dengan menu berbuka puasa. Berikut ini beberapa jenis kurma yang dijual di Indonesia, untuk berbuka puasa saat berpuasa Ramadan, puasa Dzulhijah, puasa Arafah, maupun puasa sunah lainnya.


Kurma yang dijual di Indonesia
Kurma apa aja yang dijual di Indonesia?


Apa kabar, teman-teman?


Kurma memang identik dengan moment berpuasa. Biasanya kalau menjelang Ramadan, udah rame deh minimarket, supermarket, dan pasar tradisional yang menjual berbagai jenis kurma. Begitupun dengan toko-toko online.


Alhamdulillah makin ke sini, makin banyak aja ya jenis kurma yang dijual di Indonesia. Kita jadi bisa icip-icip berbagai jenis kurma, dengan rasa dan manfaat yang berbeda pula.


Sebelumnya saya udah menulis beberapa manfaat kurma untuk disantap, terutama saat berbuka puasa. Teman-teman bisa langsung mampir aja ya di -) Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa


Lalu, kurma apa aja sih yang bisa dibeli di Indonesia. Di bawah ini jenis kurma yang dijual di Indonesia, yang bisa teman-teman pilih ya...

 


7 Rekomendasi Kurma yang Bisa Dibeli di Indonesia

 

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa
Kurma Ajwa - Sumber: hidayatullah.com 

Kurma ajwa merupakan jenis kurma yang paling banyak diminati orang-orang Indonesia. Kurma ini juga terkenal sebagai kurma nabi, karena memang merupakan kurma favorit Rasulullah. 


Kurma ajwa berasal dari Madinah. Kurma ini berwarna kehitaman, rasanya nggak terlalu manis, serta lembut pas digigit. Mirip-mirip kismis.

 


Kurma Medjool


Kurma Medjool
Kurma Medjool - Sumber: sehatq.com

Kurma medjool juga ada di Indonesia. Kurma ini juga merupakan makanan untuk para raja dan bangsawan Arab Saudi.


Kurma medjool punya tampilan yang lebih besar, dagingnya tebal, dan berwarna gelap. Rasanya kayak makan karamel dan kenyal. 


Karena rasanya yang manis pula, pada negara minoritas muslim sekalipun, kurma medjool sering dijadikan bahan untuk membuat cemilan. Adapula yang menjadikannya sebagai pengganti gula. Makanya, banyak yang bilang juga kalau kurma ini merupakan kurma yang paling enak.

 


Kurma Sukari


Kurma Sukari
Kurma Sukari - Sumber: freepik

Kurma sukari juga termasuk jenis kurma yang populer di Indonesia. Kurma ini jenis kurma premium di Arab Saudi, yang merupakan kurma favorit kerajaan Arab Saudi. 


Kurma sukari termasuk jenis kurma basah, yang rasanya manis dan legit.


 

Kurma Lulu

Kurma Lulu
Kurma Lulu - Sumber: my-best.id

Kurma lulu merupakan jenis kurma dari Madinah. Kuma ini mirip dengan kurma nabi yang hitam pekat, tapi ukurannya lebih kecil. Selain itu, kurma lulu juga nggak ada garis-garis atau serat pada permukaannya.


Harga kurma lulu juga lebih murah dibandingkan dengan kurma nabi.

 


Kurma Mesir


Kurma Mesir
Kurma Mesir - Sumber: asianparent.com

Seperti namanya, kurma ini tentu berasal dari Mesir. Kurma Golden Valley merupakan salah satu dari variants kurma mesir.


Kurma mesir ini cukup besar, udah gitu rasanya juga manis dan empuk.


 

Kurma Khalas


Kurma Kalas
Kurma Kalas - Sumber: bangka.tribunnews.com

Kurma Khalas atau Kholas merupakan kurma yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Kurma kholas ini warnanya cokelat keemasan, dagingnya tebal, serta rasanya pun manis dan kayak dipanggang gitu...


Kurma Date Crown merupakan salah satu jenis kurma khalas ini.

 


Kurma Tunisia


Kurma Tunisia
Kurma Tunisia - Sumber: alamtani.com

Kurma tunisia tentunya berasal dari Tunisia, Afrika Utara. Warnanya cokelat cerah, dan kulitnya juga agak kering. Rasanya legit, renyah, dan nggak terlalu manis.


Kurma Palm Frutt merupakan salah satu dari variants kurma tunisia ini.

 


Oke, ini dia rekomendasi kurma yang bisa dibeli di Indonesia. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P