7 Rekomendasi Kurma di Indonesia untuk Puasa Dzulhijah dan Arafah

Puasa Dzulhijah hingga puncaknya pada puasa Arafah, merupakan salah satu cara menyambut hari raya Idul Adha. Berikut ini beberapa jenis kurma yang dijual di Indonesia, untuk berbuka puasa sunah Dzulhijah dan Arafah.

 


Apa kabar, teman-teman?


Bulan Dzulhijah merupakan salah satu bulan yang “al-asyhur al-hurum”, atau masuk ke dalam beberapa bulan yang mulia. Di antara bulan mulia lainnya juga ada bulan Dzulqa’dah, Muharram, dan Rajab.


Kenapa bulan Dzulhijah disebut sebagai salah satu bulan yang mulia, karena pada bulan ini pula, umat Islam di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijah.


Ada beberapa ibadah yang bisa kita lakukan pada bulan Dzulhijah. Salah satunya adalah berpuasa sunah Dzulhijah, yang bisa dilakukan mulai tanggal 1 Dzulhijah, hingga puncaknya pada puasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijah.


Dari artikel yang saya baca, Rasulullah terbiasa berpuasa sunah Dzulhijah dan Arafah, mulai dari sebelum kaum muslimin melakukan ibadah haji yang pertama kalinya pada tahun 9 H.


Puasa Arafah merupakan puncaknya dari puasa sunah Dzulhijah. Allah pun menjanjikan bagi umat-Nya yang berpuasa Arafah, akan dihapuskan dosa-dosanya selama setahun yang lalu, berikut juga dosa setahun ke depan. Kecuali dosa sirik ya.


Masya Allah, moga kita dimampukan untuk berpuasa Arafah ya, apalagi kalau lengkap 10 hari berpuasa Dzulhijah-nya.

 


Mengkonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa


Kurma memang identik dengan moment berpuasa. Biasanya kalau menjelang Ramadan, udah rame deh minimarket, supermarket, dan pasar tradisional yang menjual berbagai jenis kurma. Begitupun dengan toko-toko online.


Alhamdulillah makin ke sini, makin banyak aja ya jenis kurma yang dijual di Indonesia. Kita jadi bisa icip-icip berbagai jenis kurma, dengan rasa dan manfaat yang berbeda pula.


Sebelumnya saya udah menulis beberapa manfaat kurma untuk disantap, terutama saat berbuka puasa. Teman-teman bisa langsung mampir aja ya di -) Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa


Lalu, kurma apa aja sih yang bisa dibeli di Indonesia. Di bawah ini jenis kurma yang dijual di Indonesia, yang bisa teman-teman pilih ya...

 


7 Rekomendasi Kurma yang Dijual di Indonesia

 

Kurma Ajwa

Sumber: hidayatullah.com 

Kurma ajwa merupakan jenis kurma yang paling banyak diminati orang-orang Indonesia. Kurma ini juga terkenal sebagai kurma nabi, karena memang merupakan kurma favorit Rasulullah. 


Kurma ajwa berasal dari Madinah. Kurma ini berwarna kehitaman, rasanya nggak terlalu manis, serta lembut pas digigit. Mirip-mirip kismis.


Rekomendasi belanja kurma ajwa, teman-teman bisa klik link ini ya -) Kurma Ajwa 

 


Kurma Medjool


Sumber: sehatq.com

Kurma medjool juga ada di Indonesia. Kurma ini juga merupakan makanan untuk para raja dan bangsawan Arab Saudi.


Kurma medjool punya tampilan yang lebih besar, dagingnya tebal, dan berwarna gelap. Rasanya kayak makan karamel dan kenyal. 


Karena rasanya yang manis pula, pada negara minoritas muslim sekalipun, kurma medjool sering dijadikan bahan untuk membuat cemilan. Adapula yang menjadikannya sebagai pengganti gula. Makanya, banyak yang bilang juga kalau kurma ini merupakan kurma yang paling enak.


Rekomendasi belanja kurma medjool, langsung klik link ini aja ya -) Kurma Medjool

 


Kurma Sukari


Sumber: freepik

Kurma sukari juga termasuk jenis kurma yang populer di Indonesia. Kurma ini merupakan jenis kurma premium di Arab Saudi, yang merupakan kurma favorit kerajaan Arab Saudi. 


Kurma sukari termasuk jenis kurma basah, yang rasanya manis dan legit.


Rekomendasi belanja kurma sukari, bisa mampir ke link ini ya -) Kurma Sukari


 

Kurma Lulu

Sumber: my-best.id

Kurma lulu merupakan jenis kurma dari Madinah. Kuma lulu ini mirip dengan kurma nabi yang hitam pekat, tapi ukurannya lebih kecil. Selain itu, kurma lulu juga nggak ada garis-garis atau serat pada permukaannya.


Harga kurma lulu juga lebih murah dibandingkan dengan kurma nabi.


Rekomendasi belanja kurma lulu, capcuss ke link ini aja ya -) Kurma Lulu

 


Kurma Mesir


Sumber: asianparent.com

Seperti namanya, kurma ini tentu berasal dari Mesir. Kurma Golden Valley merupakan salah satu dari variants kurma mesir.


Kurma mesir ini cukup besar, udah gitu rasanya juga manis dan empuk.


Rekomendasi belanja kurma mesir, bisa mampir ke link ini aja ya -) Kurma Golden Valley


 

Kurma Khalas


Sumber: bangka.tribunnews.com

Kurma Khalas atau Kholas merupakan kurma yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara. Kurma kholas ini warnanya cokelat keemasan, dagingnya tebal, serta rasanya pun manis dan kayak dipanggang gitu...


Kurma Date Crown merupakan salah satu jenis kurma khalas ini.


Rekomendasi belanja kurma khalas, bisa langsung ke link ini aja ya -) Kurma Date Crown

 


Kurma Tunisia


Sumber: alamtani.com

Kurma tunisia tentunya berasal dari Tunisia, Afrika Utara. Warnanya cokelat cerah, dan kulitnya juga agak kering. Rasanya legit, renyah, dan nggak terlalu manis.


Kurma Palm Frutt merupakan salah satu dari variants kurma tunisia ini.


Rekomendasi belanja kurma tunisia, bisa lihat ke link ini ya -)  Kurma Palm Frutt

 


Oke, ini dia rekomendasi kurma yang bisa dibeli di Indonesia. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...

5 comments:

  1. Aku suka kurma, biasanya makan kurma biasa..aku nggak begitu paham ya jenis kurma. Tapi dari sekian banyak jenis kurma suka banget sama kurma sukari, lembut banget mbak. dicocol pake creamcheese enak banget ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukari saya suka karena gak gitu manis :D

      Delete
    2. Sukari malah justru paling manis diantara semua kurma, ta. Ajwa dah tuh juaranya.

      Delete
  2. Baru tau ada kurma lulu. Yang bijinya hitam agak keras itu kah? Jadi mau beli deh.. Kepoin ah di shopee

    ReplyDelete
  3. Aku tuh jujur ga suka kurma mba Nita 😅. Makanya pas umroh dulu aja, peserta lain borong kurma sampe berdus2, aku cuma beli secukupnya buat mama meetua yg nitip 🤣. Aku nya ga makan. Ntahlah, aku ga terlalu suka teksturnya yg blenyek atau rasa yg aneh.

    Tapiiiiiiii aku suka kalo kurmanya dijadiin minuman, atau tambahan di kue. Pokoknya kalo udh diolah, jadi suka.

    Dan bbrp bulan lalu, aku beli kurma muda, yg masih kries2, itu jauuuuh LBH enak sih, apalagi dimakan beku. Ga mengeras, hanya teksturnya JD mirip apel. So kalo disuruh milih, aku prefer beli kurma muda utk cemilan

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P