Resep Gulai Otak Padang

Cara memasak gulai otak sapi masakan Padang. Rekomendasi kuliner Minang dari olahan otak sapi, yang dimasak dengan santan, rempah, serta dedaunan lainnya.


Gulai Otak
Gulai Otak Khas Padang

Apa kabar, teman-teman?


“Uda ada otak?”


Saya sendiri lupa, ini iklan apa ya dulu, haha... Tentang seseorang yang datang ke restoran Padang, kemudian meminta disuguhkan gulai otak khas Minang.


Gulai otak, yang kalau orang Minang menyebutnya gulai utak – sebutan otak dalam bahasa Minang. Adapula yang bilangnya gulai banak (dibacanya: bana') – yang artinya “benak” dalam bahasa Minang, istilah lain dari otak.


Gulai otak memang nggak selalu dijual di semua kedai nasi Padang. Biasanya di restoran Padang, atau kedai nasi Padang tertentu aja.


Gulai otak masakan Padang biasanya memang dari olahan otak sapi. Ternyata dari yang saya baca, otak sapi juga merupakan salah satu sumber protein dan penghasil DHA juga. Dalam 4 ons otak sapi, terdapat 12,3 gram protein. Tentunya protein diperlukan untuk menjaga otot dan sel tubuh kita.


Lalu, dalam 4 ons otak sapi juga, terdapat 1 gram DHA, salah satu jenis asam lemak omega-3. Gunanya untuk menurunkan risiko penyakit jantung, serta mendorong fungsi otak biar selalu sehat.


Udah gitu, otak sapi juga mengandung selenium dan tembaga, yang bermanfaat sebagai antioksidan. Jaman sekarang kita perlu banget kan ya, menjaga kesehatan dari radikal bebas.


Otak sapi juga mengandung vitamin B-5, untuk mendukung kerja metabolisme tubuh, membantu mengubah makanan menjadi energi, serta berperan dalam produksi hormon.


Ada juga vitamin B-12 yang terkandung dalam otak sapi. Ini gunanya untuk menjaga kesehatan sistem saraf, dan mendukung perkembangan sel darah merah baru.


Tapi jangan lupa juga, yang namanya jeroan tentu kadar kolesterolnya tinggi. Dalam 1 porsi gulai otak, terdapat 3.401 miligram kolesterol.


Kemudian, otak sapi yang terkena virus sapi gila, ini bisa menimbulkan risiko kesehatan, yang bahkan bisa menyebabkan kematian.


Jadi, otak sapi tetap ada manfaatnya bagi kesehatan, tapi jangan lupa untuk membatasi porsi makannya. Udah gitu, masaklah otak sapi dengan benar-benar matang, biar nggak ada virus yang tertinggal.


Oke, itu dia manfaat serta waspada menyantap otak sapi. Sekarang saya mau berbagi tips ya, untuk memasak gulai otak yang nggak amis, serta nggak hancur pula.

 


Tips Memasak Gulai Otak Khas Padang:

 

Rendam otak sapi dengan air dingin


Otak sapi cukup banyak juga darah yang menempel. Jadi sebelum dimasak, rendam otak sapi dengan air keran, kurang lebih 1 jam. Kalau memang darahnya udah banyak keluar, bisa ditukar airnya. Terakhir, bilas dengan air mengalir.


Oh ya, proses perendaman ini juga bisa bikin otak sapi jadi lebih kenyal. Jadi pas dimasak juga nggak gampang hancur.

 


Jangan potong terlalu kecil


Otak sapi ini ketika dimasak, akan kisut atau menjadi lebih kecil. Jadi ketika memotong, jangan langsung kecil-kecil. Kalau yang saya masak ini, 1 otak sapi ini dipotong 2 kiri kanan, lalu masing-masing potong 4. Jadi total kiri kanan ini ada 8 potong, kemudian bagian bawahnya jadi 2 potong. Total ada 10 potong ya.

 


Gunakan bawang putih yang cukup


Jeroan memang kadar amisnya lebih tinggi ya. Penggunaan bawang putih yang cukup, serta lada, ini bisa untuk menghilangkan rasa amis pada otak sapi. Takaran bawang putih dan lada untuk gulai otak, nanti ada di bawah ya...

 


Perhatikan cara mengaduknya


Otak sapi ini kan lembek, jadi ya gampang hancur juga kalau mengaduknya kurang tepat. Mengaduknya ini cukup sodet mengorek bagian bawah kuali aja. Bukan diaduk macam kita bikin nasi goreng ya. Nanti bisa hancur. Video cara mengaduknya saya post di tiktok @nitalanaf ya. Sekalian follow dong, haha...


Ini makanya, santan itu mesti mendidih banget, sebelum otak sapi dimasukkan. Jadi walaupun mengaduknya sesekali, santannya udah nggak gumpal lagi.

 


Oke, itu dia tips memasak gulai otak, biar nggak amis dan nggak hancur. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 

Gulai Otak
Gulai Otak Khas Minang

Cara membuat gulai otak masakan Padang, ini dia yang perlu disiapkan:


Otak sapi, potong 8

1 liter santan dari 1 butir kelapa

2 sdm cabe giling

20 buah cabe rawit hijau, giling kasar

 


1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

1 lembar daun kunyit, sobek

8 lembar daun jeruk, buang tulang tengahnya

1 batang serai, geprek

 


1 sdt garam

½ sdt penyedap

1 buah asam kandis

 


Bumbu gilingnya:


8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

½ ruas ibu jari jahe

 


½ ruas ibu jari kunyit

½ sdt lada

1 sdt ketumbar

 


Lalu ini ya cara memasak gulai otak khas Minang:


Campurkan santan, bumbu giling, cabe giling, cabe rawit, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk, serai, garam, dan penyedap. Didihkan sembari sering diaduk, biar santannya nggak menggumpal. Gunakan api sedang aja untuk mendidihkan.


Kalau udah mendidih, masukkan otak. Masak dengan api pelan aja.


Aduk sesekali. Perhatikan cara mengaduknya, cukup korek bawah kuali aja. Jangan diaduk macam bikin nasi goreng, nanti jadi hancur.


Dari otaknya dimasukkan, matangnya kurang lebih 45 menit.


5 Menit menjelang matang, masukkan asam kandis.


Cobain dulu ya rasa garamnya. Biasanya cabe giling beli itu, udah asin juga. Jadi garamnya masukkin 1 sdt dulu aja.

 


Selain gulai otak sapi, gulai hati sapi juga nggak kalah maknyusnya, apalagi dicampur dengan potongan nanas. Mari mampir ke -) Resep Gulai Hati Sapi Campur Nanas


Oke, ini dia resep gulai otak masakan Padang yang saya buat. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya, terutama penyuka gulai khas Minang. Makasih banyak ya udah mampir...

8 comments:

  1. aku belum pernah makan otak sapi hehe
    dan gulai yang biasanya aku tahu kalau di Jawa terlalu banyak lemak gitu, jadi aku kurang suka
    bahkan gulai kambing yang biasa dijual di warung sate kambing, juga belum pernah beli
    yang gulai otak padang apa juga terlalu berminyak banget mbak kuahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berlemak atau banyak minyak itu mungkin karena bumbunya ditumis. Kalau gulai Minang, bumbunya gak ditumis :D

      Delete
  2. Mantaaaab.. Ini di nih yg ade tunggu2. Ternyata kudu di rendem dulu otaknya. Mau coba ah. Cari otak sapinya dulu.

    ReplyDelete
  3. Ini makanan favorit suamiku, tapi aku ga mau sentuh samasekali mbaaaa 不不不不不.

    Geli aja soalnya. Aku pernah coba rasa otak. Tapi jujur ga suka teksturnya, ga suka rasanya. Bisa jadi aku udah kebayang gambar otak duluan, jadi ga sanggub nelannya 不不.

    Tapi kalo suami super suka dia. Aku Batasin tapi, jgn terlalu banyak

    ReplyDelete
  4. Ternyata otak mengandung logam ya Uni. Hehehe tp aku pribadi kurang suka dengan otak. Agak geli aja, pdhl tekstusnya lembut dan enak ya?.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P