Resep Udang Balado Kentang Masakan Padang

Cara memasak udang goreng balado merah, dengan campuran kentang. Rekomendasi masakan padang olahan udang dan kentang.

 

Resep udang balado padang
Resep Udang Balado Padang Campur Kentang


Apa kabar, teman-teman?


Sambal goreng merah dan sambal goreng hijau. Biasanya begini kami – orang Minang menyebutnya, untuk membedakan dengan sambalado merah dan hijau. Kalau sambal goreng, tentunya sambal tersebut digoreng hingga matang. Sedangkan sambalado, bisa direbus atau dikukus aja.


Kalau sambalado, biasanya disantap dengan lalapan daun singkong dan sejenisnya. Sedangkan sambal goreng lebih dijadikan untuk campuran lauk, maupun disajikan utuh aja sebagai pelengkap menu. Siapa teman-teman yang kalau makan, harus ada sambal goreng merahnya? 


Kalau teman-teman mau memasak salambaldo hijau, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Sambalado Hijau Anti Langu


Sambal goreng ini yang juga disebut sambal balado. Mungkin karena berasal dari lado ya, yang kalau dalam bahasa Minang artinya cabe. Kali ini, saya mau berbagi cara memasak udang goreng, yang dicampurkan dengan sambal balado merah. Biar lebih banyak, kita campurkan juga aja dengan potongan kentang yang juga digoreng.


Menu yang sebenernya jauh lebih gampang ketimbang memasak gulai, yang bumbu rempahnya cukup banyak. Tapi, terkadang ada aja teman-teman yang nanya, “Nit, kok sambal balado yang gue masak, nggak mirip dengan yang di nasi padang ya?”


Biasanya, ini yang membedakan antara sambal goreng atau sambal balado kayak yang dijual di kedai nasi padang.


Udang Balado Kentang Padang
Cara Membuat Udang Balado Padang Campur Kentang

Tips Memasak Sambal Balado Masakan Padang:


Nggak Pakai Gula


Memang udah menjadi ciri khas kuliner minang secara turun temurun, kalau masakannya itu nggak menggunakan gula. Termasuk juga saat memasak sambal balado.

 


Tambahkan Jeruk Nipis atau Cuka


Saat menggiling sambal, atau pas menggorengnya juga bisa, tambahkan 2 ruas jeruk nipis atau 1 sdt cuka. Jadi sambal baladonya ini ada sedikit rasa asamnya, yang tujuannya untuk penggurih juga sih.


Saya lebih sering menggunakan jeruk nipis ketimbang cuka. Oh ya, kalau cuka kan asamnya suka beda-beda ya. Jadi misal cuka yang teman-teman gunakan itu cuka biang, pake ½ sdt aja ya. Jangan sampe sambalnya jadi asam.

 


Gunakan Cabe Merah Lebih Banyak


Kalau di Jakarta, saya pun juga menggunakan cabe merah yang dicampur dengan rawit merah, karena cabe merah di Jakarta memang kurang pedas. Tapi tetap cabe merahnya harus lebih banyak. Karena kalau rawit merahnya yang banyak, rasanya bisa jadi beda.

 


Masak Hingga Matang


Biar sambal baladonya enak, tentu harus dimasak hingga matang. Gunakan api pelan menuju sedang aja, lalu masak sambal kurang lebih 10 menit, hingga warnanya agak oranye dan ada wangi sambal matangnya. Kalau masih mentah kan biasanya bau langu ya.


Sambal yang dimasak hingga matang, rasanya pun juga jadi gurih dan nggak pedas menyengat.  

 


Nggak Pakai Tomat


Sambal goreng biasanya nggak pake tomat, kecuali kalau untuk masak ikan goreng ya. Sambal goreng yang nggak pake tomat, juga jadi nggak cepat basi.


Memang kalau menggunakan tomat, sambalnya jadi terlihat banyak ya. Tapi kalau goreng udang atau dendeng, biasanya sambalnya nggak pake tomat. 


Untuk resep dendeng batokok balado merah, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Dendeng Masiak - Dendeng Batokok Balado Kering 

 

Oke, itu dia tips memasak sambal balado merah khas Minang. Kalau untuk sambal goreng hijau juga sama aja kok. Kalau menggunakan cabe hijau yang gendut-gendut itu, masaknya agak lama ya, biar nggak langu. Apinya agak pelan aja, biar nggak hangus.


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 

Resep Udang Balado Kentang
Cara Memasak Udang Balado Padang Campur Kentang

Cara membuat udang balado kentang masakan padang, ini dia bahan-bahan yang mesti disiapkan:

250 gram udang

3 buah kentang ukuran sedang

Sedikit garam untuk mengaduk udang dan kentang

 

Secukupnya minyak goreng

½ sdt garam

½ sdt penyedap

 


Giling jangan halus banget:

15 - 20 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

5 siung bawang merah

2 ruas jeruk nipis / 1 sdt cuka (kalau cuka biang, pake ½ sdt aja ya)

 


Lalu ini ya cara memasak udang balado kentang khas Minang:


Bersihkan udang, lalu aduk dengan sedikit garam.


Kupas kentang, lalu potong 4 atau 8, kemudian aduk dengan sedikit garam.


Panaskan minyak, goreng kentang dengan api sedang, hingga kuning keemasan. Angkat, tiriskan.


Lanjut goreng udang dengan api sedang, hingga kuning keemasan. Angkat, tiriskan.


Kurangi minyaknya ya, pake secukupnya aja untuk goreng sambal. Minyak bekas kentang dan udang ini nggak hitam, jadi lanjutkan untuk goreng sambal aja.


Goreng gilingan sambal, garam, dan penyedap, dengan api pelan menuju sedang. Kurang lebih 10 menit. Hingga warna sambalnya merah agak oranye, dan wanginya pun menguar. Kalau belum matang biasanya masih bau langu yang menguar.


Pelankan api, atau dimatikan juga nggak apa-apa. Campurkan goreng udang dan kentang, kemudian aduk merata.

 


Kalau mungkin ini terlalu banyak, misal masaknya pagi, sorenya jangan lupa dipanaskan ya. Karena kentang ini juga kurang awet. Untuk memanaskan, bisa menggunakan api pelan banget dan kasih sedikit air aja.


Lalu ini untuk rekomendasi sayurannya, biar mampir ke link ini aja ya -) Resep Tumis Kol Wortel Saus Tiram


Oke, ini dia resep udang balado campur kentang khas Minang. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama penyuka masakan padang. Makasih banyak ya udah mampir...

25 comments:

  1. Pokoknya ya, sejak tinggal di Riau.. Hampir seminggu 3x maksi di wardang ahahaha. Terus sejak itu doyan masak ala ala padang, termasuk ini ni.... Favorit banget...

    ReplyDelete
  2. aku suka kentang yang dibumbu merah merah kayak gini mbak, biasanya yang sambal goreng ati kentang itu
    kalau dibumbu balado plus ditambah udang kayaknya belum pernah bikin
    aku liat gini aja udah ngerasa enak, pengennn hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya kalau sambel goreng ati, saya biasa bikin sambelan Betawi yg pake daun salam, sereh, lengkuas, jahe. Enak juga ini :D

      Delete
  3. Terakhir dibawakan temen dr Padang. Karena udang di *darek* mahal sekali. Padahal ini masakan kesukaan dr dulu kalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teman juga bilang, katanya di daerah darek, udang cukup mahal ya...

      Delete
  4. Ini makanan fav ku mbaaa 😍😍. Apalagi kalo mama udah pake udang besar2 , beuuugh rebutan yg ada hahahaha.

    Aku belum pernah masak sendiri sih, soalnya asisten belum pas kalo masak sambalado. Coba ah, ntr mau tes pake resep mba Nita. Waktu itu aku KSH resep dari tempat lain, tapi ga mau pake udang, takut gagal kan rugi 🤣. Ternyata beneran blm pas rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mungkin sama kayak di sini, udangnya pun sedang dan besar2. Apalagi mama juga masaknya gak jauh beda sih, taste sumatera kan, haha... Nanti mba asisten coba suruh pake takaran ini mba :D

      Delete
  5. Tipsnya itu..jadi bikin aku tahu, oke deh tanpa gula, cabe merahnya banyakin...dst dll, pokoknya kalau mau masak udang balado kentang padang harus intip resep ini lagi.
    Dan itu penampakannya, nasi yang difoto bisa kuhabiskan buat jadi teman:)

    ReplyDelete
  6. membayangkan makanan merah nan sedap seperti ini pasti menjadi musuh utama si nasi panas. Bisa nambah berkali kali dong. Rasa pedas, gurih yang berpadu dalam satu suapan pasti membuat hati gembira!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena bahagia itu salah satunya ya makan, haha...

      Delete
  7. Wah makasih banyak tips pake jeruk nipis/cukanya, sy baru tahu penambahan itu bisa menambah gurih masakan. Oh ya yg masak pake gula biasanya orng jawa atau sunda hahha, soalnya mama sy orng jawa masak apapun gulain dikit termasuk bikin sambal hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya selain masakan padang juga pake gula, untuk penggurih :D

      Delete
  8. Aku ama suami niih kalo makan gak bisa ketinggalan ama sambal-sambalan. Rasanya ada yang kurang kalo makan gak pake sambal. Btw, makasih resepnya mba.. Bisa nih dicontek.

    ReplyDelete
  9. Wih ini pasti pedasnya mantap ya. Buat pecinta pedas langsung ngiler nih, ketemu nasi anget dijamin nambah-nambah deh makannya
    Btw aku baru tahu masak sambal ditambah kucuran jeruk nipis. Kapan-kapan coba ah

    ReplyDelete
  10. Tipsnya mantap banget... Ternyata jangan pakai gula dan tomat ya... Kapan-kapan coba praktikin ah...

    ReplyDelete
  11. Kebetulan di rumah lagi ada stok udang dan kentang, mau cobain juga ah masak ini di rumah, makasiiih banyak resepnya mbak nita, kelihatan enak banget deh bikin ngilerrr

    ReplyDelete
  12. Oooh gituuuu..AKu kalau balado masaknya pakai gula sedikiiit, ga pakai jeruk nipis atau cuka hihihi. Kapan2 dicoba masak balado udang ala Padang ini deh, Nit :D Kesukaan Rafa dan Fakhri nih udang dan kentang dipedesin balado. Cabai merah emang mesti dibanyakin ya, rawit juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake rawit ketok makin mantep yak, hehe... Kalo di sini cabe merahnya udah pedes :D

      Delete
  13. Aku lumayan sering bikin balado udang kentang, enak banget rasanya nggak ada lawan pokoknya.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P