Resep Dendeng Lambok – Dendeng Batokok Balado Basah

Cara memasak dendeng lambok yang empuk. Dendeng batokok goreng basah, dengan sambal balado merah. Rekomendasi masakan padang olahan daging sapi.

 


Apa kabar, teman-teman?


Selain rendang, potongan daging sapi tanpa lemak, biasanya juga dijadikan dendeng. Bedanya, kalau dendeng memang potongannya lebih pipih. Bahkan dendeng khas Minang tampilannya lebih tipis dan melebar. Orang Minang menyebutnya dengan dendeng batokok, alias dendeng yang ditokok atau dipukul hingga pipih.


Oh ya, kalau teman-teman mau memasak rendang khas Minang, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Rendang Hitam Padang Pariaman


Dendeng batokok ada 2 macam, yaitu dendeng masiak dan dendeng lambok. Dendeng masiak merupakan dendeng kering. Daging yang udah dipipihkan, kemudian digoreng dalam api pelan hingga kering, kehitaman, dan garing.


Lalu dendeng lambok merupakan sebaliknya, yaitu dendeng basah. Lambok dalam bahasa Minang artinya “lembab”. Dendeng lambok ini mengingatkan saya akan masakan ayam pop, yaitu daging yang digoreng asal. Jadi tampilannya ya macam daging rebus aja, cuma ada rasa minyak karena digoreng sebentar.


Mungkin teman-teman mau masak ayam pop juga, bisa dilihat cara memasaknya pada link ini ya -) Resep Ayam Pop


Saya sendiri baru belakangan ini tau, kalau ada dendeng lambok. Karena dulu yang almarhumah nenek ajarkan, dendeng itu ya dimasak hingga kering, kehitaman, dan garing.  Dulu ini buat saya masakan yang cukup sulit, haha... Karena daging dendeng itu kan warnanya hitam, jadi saru dengan warna daging hangus, hahah...


Memasak dendeng lambok, memang untuk bahan-bahan dan cara memasaknya terbilang sama. Cuma kalau dendeng lambok nggak perlu digoreng sampe kering.


Dendeng Masiak - kompornya boleh dikasih sama Cosmos :P 

Pada post ini, saya nggak share lagi cara merebus dan memotong daging dendeng, biar empuk dan nggak hancur. Teman-teman bisa langsung mampir ke post sebelumnya aja ya. Boleh klik link ini aja -) Resep Dendeng Masiak – Dendeng Batokok Balado Kering


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 


Cara membuat dendeng lambok, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:


300 – 500 gram daging sapi (daging untuk rendang)

Secukupnya air untuk rebusan pertama

Setengah gelas air untuk rebusan kedua, gelas sedang

3 sdm air asam jawa

Secukupnya minyak goreng


 

Giling halus untuk rebusan daging:


4 siung bawang putih

½ sdt lada

¼ sdt garam

¼ sdt Royco


 

Giling agak kasar untuk sambal:


20 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

5 siung bawang merah

2 ruas jeruk nipis

½ sdt garam

½ sdt penyedap


 

Lalu ini cara membuat dendeng lambok:


Cuci daging sapi hingga bersih. Mohon maaf, saya terbiasa untuk mencuci daging sapi sebelum dimasak ya. Untuk teman-teman yang beda,  follow your own choice ya, hehe...


Letakkan daging pada panci, kasih secukupnya air, lalu rebus hingga kurang lebih 30 menit. Angkat.


Iris daging tipis-tipis. Akan lebih gampang kalau irisnya serong, biar tipis dan melebar.


Siapkan ulekan, letakkan satu persatu irisan daging, lalu tokok atau getok hingga makin tipis dan melebar.


Air sisa rebusannya disaring dulu aja biar bening, lalu masukkan irisan daging, bumbu, dan setengah gelas air. Rebus kembali dengan api pelan hingga dagingnya empuk. Cobain ya air rebusannya, mungkin garamnya kurang.


Matikan kompor, masukkan air asam jawa. Aduk pelan hingga merata. Diamkan sebentar ya biar air asam jawanya meresap.


Panaskan minyak, lalu goreng daging dengan api sedang, kurang lebih 10 menit. Jadi dagingnya nggak sampe berkulit ya. Angkat, tiriskan.

 


Lanjut kita masak sambal balado ya:


Panaskan minyak, bisa gunakan minyak yang baru, atau sisa goreng daging yang udah disaring.


Masukkan bahan sambal, masak dengan api sedang hingga matang. Ini kurang lebih 10 menit.

 


Ini pedasnya cukup berasa. Kalau cabe merah di Sumbar pedasnya udah berasa, jadi kami memasak itu nggak perlu ditambahkan cabe rawit merah, hehe... Kalau di Jakarta, masak sambal balado, saya selalu menambahkan sedikit cabe rawit merah yang digetok kasar aja, atau dihaluskan juga kalau mau yang lebih pedas.


Oke, ini dia resep dendeng lambok yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya, terutama penyuka kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir...

1 comment:

  1. Masakan perdendengan ini haha emang favorit banget ya di Minang. Aku juga suka terutama dendengnya. Pakai nasi panas, minumnya teh tawar hangat duuuh udah bahagia banget. Ternyata pakai jeruk nipis juga penyedap rasa ya supaya rasanya makin hhhmm maknyuzzz!

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P