Resep Telur Dadar Padang

Telur Dadar Padang merupakan salah satu masakan padang olahan telur, gabungan dari telur bebek dan telur ayam. Tampilannya yang tebal, rasanya yang agak pedas, serta ada irisan daun kunyit, menjadi khas dari telur dadar padang. Berikut ini cara memasak telur dadar padang yang padat dan telurnya pun berasa.

 

Cara membuat telur dadar padang
Cara membuat telur dadar padang

Apa kabar, teman-teman?


Telur dadar padang bisa dibilang salah satu menu favorit di kedai nasi padang. Biasanya, telur dadar padang dipilih sepaket dengan perkedel kentang. Mungkin ini juga menjadi favorit teman-teman ya, kalau lagi kulineran nasi padang.


Telur dadar padang punya tampilan yang tebal. Warnanya kuning agak kemerahan, karena pake cabe giling biar rasanya agak pedas. Selain itu kalau dimakan, akan berasa irisan daun kunyit. Iyess, daun kunyit merupakan salah satu yang menjadi khas dari telur dadar padang.


Karena adonannya yang tebal, mungkin ada teman-teman yang agak kesulitan pas membalik telur dadar. Walhasil jadi hancur deh, hehe... Telur dadar pun berubah jadi orak arik. Biar telur dadar buatan kita tetap padat dan cakep, nanti saya share tipsnya ya.


Telur dadar bisa tebal memang karena isiannya. Tapi saya nggak menambahkan isian kelapa parut, tahu, maupun nasi putih ya, biar telur dadarnya jadi tebal meninggi. Cukup tepung-tepung dan dedaunan aja.

 

Cara memasak telur dadar padang
Telur Dadar Padang


Tips Memasak Telur Dadar Padang Biar Padat dan Tebal


Memasak telur dadar memang terbilang gampang. Tapi nyatanya ada juga yang sering gagal membuatnya. Berikut ini beberapa tips dari saya, biar telur dadar padang buatan teman-teman tambah cakep ya...


 

Tambahkan Telur Bebek


Biar telur dadar padat, selain telur ayam, kita juga menambahkan 1 telur bebek. Tenang, jangan takut amis, hehe... Karena bumbu gilingnya kan pake bawang putih, jadi adonan telur dadarnya nggak amis.

 


Tambahkan Tepung Beras


Biar telur dadar yang kita buat jadi makin krispi, kita tambahkan tepung beras juga, selain tepung terigu.


 

Masak dengan Minyak Agak Banyak


Untuk telur dadar yang mengembang, serta kulitnya pun krispi, kita gunakan minyak yang agak banyak ya. Nanti sisa minyaknya bisa untuk memasak sambal balado kok.


 

Gunakan Baking Powder


Sebenernya ini nggak masuk resep klasik telur dadar padang ya. Tapi untuk adonan lebih mengembang, saya juga menambahkan baking powder.

 


Masak dengan Api Agak Pelan


Terkadang kita bikin telur dadar yang biasa aja, dalamnya suka nggak matang. Jadi biar telur dadar yang kita buat ini benar-benar matang, gunakan api agak pelan aja. Terutama pas udah dibalik ya. Biar nggak hangus, tapi ternyata dalamnya masih mentah.

 


Balik Menggunakan Saringan


Biar telur dadar yang kita buat nggak hancur saat membalik, gunakan saringan ya saat membaliknya. Teman-teman bisa lihat dalam video yang saya share di bawah ya.

 


Oke itu dia tips memasak telur dadar padang yang saya buat. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya:

 

Telur dadar padang
Cara memasak telur dadar padang

Cara membuat telur dadar padang, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1 butir telur bebek

2 butir telur ayam

1 sdt tepung beras

2 sdt tepung terigu

 

1 sdt baking powder

1 sdt cabe giling

3 siung bawang merah, iris

1 batang daun bawang, iris

 

1 batang daun seledri, iris

1 lembar daun kunyit yang kecil, iris halus

¼ sdt garam

¼ sdt kaldu bubuk

Secukupnya minyak goreng

 

Bumbu gilingnya:

2 siung bawang merah

2 siung bawang putih

½ ruas ibu jari kunyit

¼ sdt lada


 

Lalu ini ya cara memasak telur dadar padang:


Campurkan telur, lalu kocok merata.


Masukkan tepung beras, terigu, dan baking powder. Aduk hingga merata. Kalau susah, disaring aja ya.


Campurkan bumbu giling, cabe giling, daun bawang, seledri, daun kunyit, garam, dan kaldu bubuk. Aduk merata.


Panaskan minyak. Gunakan agak banyak ya, biar adonannya mengembang dan krispi.


Masukkan adonan, masak dengan api agak pelan aja ya.


Membaliknya gunakan saringan aja ya, kalau teman-teman agak kesulitan. Nggak perlu gunakan 2 pan besar kecil kok, hehe...


Masak lagi hingga kulitnya kuning kecoklatan.


Angkat dan tiriskan ya, biar minyaknya pada turun.

 


Jadinya bisa 4 potong. Resep ini memang saya buat untuk porsi sedikit. Yang difoto itu, saya pake takaran dabel.


Telur dadar padang ini enaknya disantap dengan sambalado hijau. Kalau teman-teman mau masak sambalado hijau, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Sambalado Hjau Anti Langu


Ini rekaman cara membuatnya ya...

 


Oke, ini dia resep telur dadar padang yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama penyuka kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P